Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang Dengan Bantal Tinggi ?

0
95
Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang Dengan Bantal Tinggi ?
Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang Dengan Bantal Tinggi ?

Banyak yang bertanya bolehkah ibu hamil tidur terlentang dengan bantal tinggi? Penjelasan tentang hal tersebut memang belum diketahui oleh banyak orang, mengingat belum ada edukasi khusus yang diberikan kepada ibu hamil.

Ketika sedang mengandung, posisi tidur memang penting diperhatikan, karena posisi tidur yang salah tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil, tetapi bisa juga berbahaya pada kesehatan bayi dalam kandungan.

Tidur telentang merupakan salah satu posisi yang tidak dianjurkan pada ibu hamil, karena hal tersebut jelas membahayakan. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak artikel berikut agar tahu posisi tidur apa saja yang tidak disarankan bagi ibu hamil.

Baca Juga : Merk Bantal Hamil yang Bagus

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang dengan Bantal Tinggi?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tidur telentang tidak disarankan bagi ibu hamil. Apa lagi jika usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu, tidur telentang sangat dilarang. Bahkan jika Anda menggunakan bantal tinggi, tetap tidak diperbolehkan untuk ibu hamil.

Para ahli menyebutkan bahwa posisi tidur telentang dengan bantal tinggi dapat membaut aliran oksigen untuk ibu hamil jadi berkurang. Hal ini juga bisa menimbulkan risiko kematian pada bayi dalam kandungan. Posisi telentang tersebut juga dapat membuat punggung ibu hamil mendapat tekanan lebih berat, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Selain pertanyaan bolehkah ibu hamil tidur terlentang dengan bantal tinggi ada juga beberapa larangan pada ibu hamil terkait posisi tidur, diantaranya sebagai berikut.

Simak Juga : Review Bantal Ibu Hamil Omiland

1. Tidur Miring ke Kanan

Tidur dengan posisi miring ke kanan juga tidak disarankan pada ibu hamil, karena saat tubuh miring ke kanan, seluruh berat badan akan bertumpu pada bagian kanan. Hal ini bisa membuat tekanan pada organ hati jadinya berlebih.

Posisi tidur miring ke kanan yang terlalu sering dilakukan juga dapat membuat menghambat asupan nutrisi pada janin, sehingga posisi ini tidak disarankan.

Baca Juga : Review Mothercare Post Partum Pillow

2. Tidur dengan Posisi Kaki Lebih Tinggi

Jika sudah tahu penjelasan tentang bolehkah ibu hamil tidur terlentang dengan bantal tinggi Anda juga sebaiknya mengetahui bahwa posisi tidur dengan kondisi kaki lebih tinggi juga tidak disarankan pada ibu hamil. Hal ini karena posisi tersebut dapat membuat  ruang janin pada perut ibu semakin sempit.

Ketika ruangan janin semakin sempit, maka asupan oksigen yang didapatkan juga berkurang. Hal ini jelas berbahaya pada perkembangan bayi dalam kandungan.

Ibu hamil sebaiknya tidur dengan posisi yang dianjurkan oleh dokter, yakni menghadap ke atas dan juga menggunakan bantal khusus ibu hamil. Karena posisi tidur yang nyaman akan membuat kualitas tidur jadi lebih baik, dan juga membuat pertumbuhan bayi dalam kandungan semakin sehat.

Posisi tidur merupakan hal yang sangat penting, karena ketika ibu hamil kurang tidur, bisa berdampak buruk bagi kandungan. Setelah tahu tentang bolehkah ibu hamil tidur terlentang dengan bantal tinggi , Anda sebaiknya tidak melakukan larangan tersebut. (drzuhdy.com) (sa-red)