Buah Untuk Asam Lambung Dan Maag : Anjuran dan Pantangan

1
647
buah untuk asam lambung dan maag
Pisang dapat mengurangi gejala GERD

Penderita penyakit asam lambung (GERD) cukup banyak sehingga banyak yang tanya apa saja makanan yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan. Nah, khusus artikel ini kita akan membahas pilihan dan pantangan buah untuk asam lambung naik.

Pilihan Buah Untuk Asam Lambung dan Maag

Sebenarnya tidak buah khusus yang diperuntukkan untuk pengobatan penyakit GERD ini. Namun, buah memiliki beberapa kandungan yang baik untuk mengurangi derajat keasaman dan produksi dari cairan lambung. Apa saja jenis buahnya? Mari kita simak di bawah ini.

1. Pisang
Pisang adalah salah satu pilihan buah untuk penderita asam lambung. Mengapa aman? Oleh karena pisang lebih basa dari cairan lambung yaitu mempunyai pH sekitar 4,5 sampai 5,2. Konsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup akan mengurangi kadar keasaman di lambung sehingga meredakan gejala GERD.

Tekstur pisang adalah halus dan lembut. Tekstur seperti ini amat mudah untuk dicerna sehingga tidak membutuhkan lebih banyak produksi cairan lambung. Selain itu, sifatnya yang lengket akan melapisi permukaan dalam kerongkongan sewaktu proses menelan. Hal ini akan mengurangi derajat keasaman bila terjadi refluks ke kerongkongan.

Buah pisang dikenal memiliki kandungan yang serat tinggi. Komponen serat yang besar akan menyerap cairan isi lambung. Dengan begitu, gejala GERD akan jarang muncul. Namun, jangan teralu banyak juga mengonsumsi serat. Mengapa? Oleh karena, hal ini akan menimbulkan banyak gas di bagian usus karena proses fermentasi serat di usus.

Baca juga: Kandungan gizi buah pisang

2. Apel
Buah apel juga termasuk bagian buah yang aman untuk penderita maag. Apel juga memiliki serat yang baik untuk mengontrol derajat keasaman cairan lambung. Beberapa penderita GERD lebih nyaman memakan apel merah ketimbang apel hijau. Hal ini dimungkinkan karena apel hijau lebih asam ketimbang apel merah. Disarankan juga kepada Anda agar memakan apel yang sudah matang. Bila masih mentah atau masih mengandung getah akan mudah merangsang pengeluaran asam lambung.

Baca artikel terkait: Kandungan gizi buah apel

3. Melon
Buah ini mirip seperti pisang dalam hal derajat keasamannya. Sifatnya yang basa akan menetralisir cairan lambung. Buah ini juga banyak mengandung magnesium. Kita tahu bahwa unsur ini banyak digunakan sebagai bahan utama obat antasida.

4. Pepaya
Buah pepaya mengandung enzim yang dikenal dengan nama papain. Ini adalah enzim protease yang berperan dalam proses pencernaan protein menjadi asam amino. Oleh sebab itu, produksi asam lambung akan berkurang dengan bantuan enzim ini karena tidak perlu repot-repot lagi dalam mencerna protein kita makan.

5. Kelapa
Air kelapa tanpa campuran pemanis bisa menjadi pilihan bagus bagi penderita refluks asam. Minuman ini adalah sumber elektrolit yang bermanfaat seperti kalium. Elektrolit ini meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengendalikan refluks asam.

6. Semangka
Semangka juga tergolong buah yang mempunyai pH yang tinggi. Derajat keasamannya sekitar 6,1. Ini berarti semangka baik untuk mengontrol atau mengurangi lambung yang sedang asam-asamnya.

Pantangan Buah Untuk Asam Lambung Tinggi

1. Tomat
Buah ini tidak dianjurkan bagi mereka yang sering mengalami kekambuhan GERD. Buah ini mengandung asam sitrat dan asam malat yang keduanya akan merangsang peningkatan produksi asam lambung sehingga mudah untuk terjadi refluks. Buah ini tidak disarankan dikonsumsi baik dalam bentuk utuh ataupun jus bagi para penderita GERD kronis.

pantangan buah untuk asam lambung naik
Buah tomat dapat memicu refluks

2. Buah Buahan Citrus
Jenis buah seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, lemon, dan semacam lainnya adalah golongan citrus. Buah ini memiliki kemiripan rasa yaitu asam dan kecut. Buah ini dapat merangsang munculnya gejala penyakit GERD.

Berdasarkan penelitian yang dipublis di The Korean Journal of Gastroenterology pada tahun 2010, menunjukkan bahwa kira-kira 67% dari 382 orang mendapatkan gejala heartburn setelah konmsumsi buah golongan citrus ini.

Bagaimana Dengan Ibu Hamil?
Pilihan dan variasi buah untuk asam lambung bagi ibu hamil sebenarnya sama saja dengan di atas. Tidak ada rekomendasi dan pantangan khusus. Namun, bila Anda menderita penyakit-penyakit selama kehamilan misalnya anemia, tekanan darah tinggi, dan gangguan protein maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu tentang buah yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dengan dokter kandungan Anda.

Nah, itu tadi ulasan daftar jenis buah untuk asam lambung naik yang boleh dimakan dan yang sebaiknya dihindari. Anda harus benar-benar memantangkan buah untuk asam lambung kronis, dan diperbolehkan sesekali untuk penyakit GERD yang sifatnya ringan dan jarang kambuh. Apapun itu, tetap menjaga pola makan dan hidup yang sehat.

Sumber:
The 10 Worst Foods for Acid Reflux pada https://www.livestrong.com/slideshow/1011196-10-worst-foods-acid-reflux/
7 Foods to Help Your Acid Reflux pada https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition
Will Eating Apples Help If You Have Acid Reflux? pada https://www.healthline.com/health/digestive-health/apples-and-acid-reflux
Papaya Enzimes for Acid Reflux. pada https://www.livestrong.com/article/376685-papaya-enzyme-for-acid-reflux/
Diet Change For GERD pada https://aboutgerd.org/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd.html
The relationship between the popular beverages in Korea and reported postprandial heartburn pada https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20168057

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here