5 Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang

0
144
Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang
Tutorial Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang

Drzuhdy.com Cara cepat menghilangkan sakit pinggang ini lumrah dicari bagi mereka yang merasa tidak nyaman karena pinggang yang sakit. Umumnya masyarakat akan mengonsumsi obat untuk meredakan rasa nyeri atau menggunakan koyo.

Sakit pinggang ini umumnya diderita oleh siapa saja. biasanya ditandai dengan rasa sakit dibagian bawah punggung atau di samping punggung. Penyebab sakit pinggang ini, seperti berat badan yang berlebihan, pertambahan usia, terlalu lama duduk, kehamilan.

Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang dengan Mudah

Gejala sakit punggung ini umumnya disertai dengan keluhan lainnya, biasanya mulai dari pinggang yang terasa kaku hingga sulit untuk digerakkan. Untuk masalah sakit pinggang yang ringan dapat Anda tangani dengan cara yang sederhana dan dapat Anda lakukan di rumah.

1. Olahraga yang Teratur

Cara cepat yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan rutin melakukan olahraga akan memperkuat otot dan juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh, salah satunya adalah pada bagian pinggang.

Dengan cara tersebut dapat meredakan gejala sakit pinggang dan juga dapat mencegah kambuh kembali. Namun, bila nyeri di pinggang tidak terasa berat, Anda dapat mencoba dengan melakukan olahraga yang ringan, seperti renang, yoga atau jalan santai.

2. Cobra Pose

Cobra Pose merupakan salah satu gerakan mengatasi sakit pinggang. Gerakan ini juga bisa memperkuat daerah tulang belakang dan bisa meringankan rasa sakit yang ada di sekitar punggung, seperti bagian dada, abdomen, dan bagian pundak pun akan turut serta diregangkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa melakukan gerakan ini selama 20 hingga 30 menit selama 4 hingga 5 kali. Bagaimana mudah bukan?

3. Kompres Panas dan Dingin

Cara cepat menghilangkan sakit pinggang yang selanjutnya adalah dengan mengompres dengan menggunakan air dingin atau atau air es setelah terjadi cedera. Hal ini dipercaya dapat meredakan nyeri dengan membuat area tersebut mati rasa dan bisa mencegah terjadinya pembengkakan.

Namun, jika sekitar 48 jam setelah timbulnya nyeri, maka Anda bisa mengoleskan bantalan pemanas atau botol air panas pada bagian nyeri. Tujuannya tidak lain adalah untuk membantu meredakan rasa sakit. Sensasi hangat yang diberikan dapat menahan dan juga bisa mengendurkan otot sakit.

4. Lakukan Peregangan

Dengan melakukan peregangan merupakan salah satu cara mengatasi sakit pinggang tanpa obat. Cara ini juga dipercaya dapat menguatkan punggung dan juga pinggang Anda. Peregangan yang paling efektif adalah melakukan bridging.

Cara melakukan peregangan ini Anda bisa membaringkan tubuh kemudian tekuklah lutut Anda. biarkan telapak kaki Anda menyentuh lantai. Kemudian kencangkan otot perut dan angkat perut dan pinggul selama 10 detik, lalu bernapas normal kembali. Lakukanlah gerakan ini sebanyak 8-12 kali.

5. Terapi Komplementer

Selain dengan beberapa cara di atas, Anda juga bisa menghilangkan rasa sakit pinggang dengan terapi komplementer. Cara untuk menghilangkan sakit pinggang ini dapat Anda lakukan dengan beberapa jenis terapi berikut ini.

  • Akupuntur yang mana memasukkan jarum steril yang sangat tipis ke titik yang tepat di tubuh. Tujuannya untuk melepaskan energi yang tersumbat.
  • Terapi gerakan, seperti tai chi dan juga yoga ini bisa membantu meregangkan dan juga memperkuat otot pinggang.
  • Manipulasi tulang belakang ini dapat memberikan tekanan langsung ke tubuh yang berfungsi untuk memperbaiki kesejajaran tulang belakang.
  • Pijat terapeutik berfungsi untuk mengendurkan otot-otot yang sakit.

Dengan melakukan beberapa cara di atas diharapkan bisa menyembuhkan sakit pinggang tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Namun, jika dengan cara cepat menghilangkan sakit pinggang di atas tidak berhasil Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. (SA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini