Home Uncategorized Cara Daftar Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan

1
252
Cara Daftar Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan
Cara Daftar Bantuan Langsung Tunai BPJS Ketenagakerjaan Sumber gambar: DrZuhdy.com

Pemerintah kembali melanjutkan program bantuan langsung tunai di tahun 2021 untuk setiap pekerja dengan mengikuti cara daftar bantuan langsung tunai BPJS ketenagakerjaan terlebih dahulu. Dengan program bantuan ini pemerintah berharap masyarakat Indonesia mampu terbantu dengan adanya bantuan stimulus dana di setiap bulannya akibat masalah di beberapa bulan belakangan ini.

Perlu Anda ketahui bahwasanya ada banyak bantuan dari pemerintah. Bilamana Anda memenuhi syarat maka bisa segera mendaftar. Berikut ini rincian beragam bantuan pemerintah pada link ini: Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai

Dengan adanya dana bantuan langsung tunai (BLT) di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia tersebut, diharap masyarakat dengan golongan gaji menengah ke bawah dapat menerima dana bantuan untuk kebutuhan sehari-hari. Dana diberikan setiap bulannya sesuai dengan peraturan ke setiap rekening penerima yang terdaftar di data penerima bantuan BLT.

Sebelum mengikuti cara daftar bantuan langsung tunai BPJS ketenagakerjaan, Anda harus sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Karena nantinya, nomor peserta anggota aktif akan digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar ke dalam data diri penerima dana bantuan dari pemerintah. Anda juga harus menyiapkan kartu tanda penduduk dan rekening aktif.

Langkah Pendaftaran Penerima Dana Bantuan Ketenagakerjaan

Untuk mendaftar dana bantuan ketenagakerjaan caranya cukup mudah, pertama Anda buka terlebih dahulu laman situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan di kemnaker.go.id lalu pilih menu daftar baru di bagian atas halaman awal situs tersebut. Lengkapi data diri yang diperlukan dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email aktif dan nama ibu ataupun bapak kandung.

Jangan lupa sertakan nomor telepon aktif dan password untuk nantinya digunakan sebagai verifikasi data. Setelah semua data diri terisi lanjutkan dengan langkah mendaftar selanjutnya dan tunggu pesan SMS kode verifikasi ke nomor telepon Anda. Nantinya kode tersebut digunakan untuk masuk ke halaman anggota kementerian ketenagakerjaan.

Setelah itu kunjungi profil dan lengkapi data diri yang sebelumnya masih kosong. Lalu lihat bagaimana data sudah termasuk dalam bagian penerima BLT subsidi atau belum di bagian pemberitahuan. Pesan yang akan muncul berupa pemberitahuan Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLT yang akan diusulkan sebagai penerima dana bantuan.

Bantuan Ketenagakerjaan Sangat Membantu Kebutuhan Pekerja

Pasalnya cara daftar bantuan langsung tunai BPJS ketenagakerjaan yang terdapat di situs kementerian ketenagakerjaan tersebut berasal dari lanjutan pendaftaran dari data anggota BPJS Ketenagakerjaan. Jadi untuk bisa mendapatkan dana bantuan Anda harus sudah terdaftar dahulu sebagai anggota resmi pekerja dengan BPJS Ketenagakerjaan yang valid.

Untuk mendaftarnya Anda bisa mengunjungi situs resminya di bpjsketenagakerjaan.go.id dengan langkah pendaftaran yang hampir sama. Untuk ketenagakerjaan Anda bisa memilih sebagai pendaftar individu karena sebenarnya terdapat empat pilihan di dalamnya. Empat pilihan tersebut di antaranya untuk perusahaan, pekerja migran, jasa konstruksi dan pekerja individu.

Dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan secara resmi, Anda bisa melihat informasi selanjutnya mengenai data salah satu bagian yang mendapat bantuan langsung dari pemerintah di situs Kementerian Ketenagakerjaan. Cara daftar bantuan langsung tunai BPJS ketenagakerjaan diharapkan mampu membantu masyarakat menghadapi masalah ekonomi saat ini. (tim penulis)

Baca informasi yang berkaitan: Cara Daftar Kartu Prakerja

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here