Home General Cara Memperoleh dan Cek Bantuan KIS

Cara Memperoleh dan Cek Bantuan KIS

0
600
Cara Memperoleh dan Cek Bantuan KIS
Cara Memperoleh dan Cek Bantuan KIS. Sumber Gambar: DrZuhdy.com

Cara memperoleh dan cek bantuan KIS yang akan dilakukan Kementerian sosial tidaklah sulit. Kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi halaman https://dtks.kemensos.go.id. Kabar menggembirakan bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) bahwa akan memperoleh bantuan sebesar Rp300.000 dari Kementerian Sosial.

Anda perlu tahu bahwasanya ada banyak jenis bantuan pemerintah. Silahkan pelajari dan bilamana memenuhi syarat langsung saja daftar. Ini link nya: Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai

Terdapat sebanyak sepuluh juta penerima bantuan sosial tunai (BST) yang berlangsung empat bulan. Yaitu dimulai dari bulan januari sampai april 2021. Hal ini dilakukan pemerintah dalam rangka membantu perekonomian rakyat akibat Covid-19. Bantuan ini diberikan khusus bagi rakyat kurang mampu.

Cara Memperoleh Bantuan KIS

Untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran, pemerintah mewajibkan untuk memasukan data diri dan keluarga pada dtks.kemensos.go.id. Selain itu ada syarat-syarat bagi masyarakat yang ingin memasukkan datanya. Berikut syarat bagi calon penerima bantuan sosial yang akan dilakukan pemerintah:

  1. Termasuk dalam keluarga kurang mampu atau rentah jatuh miskin.
  2. Tidak termasuk golongan Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polisi Republik Indonesia (POLRI).
  3. Terdampak pandemi Covid-19, atau pekerjaan hilang, atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Untuk bisa mendapatkan bantuan sosial data calon penerima harus tercatat pada direktori Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Seperti telah disebutkan di atas cara memperoleh dan cek bantuan KIS dapat dilakukan di https://dtks.kemensos.go.id. Untuk memasukan data yang diperlukan guna memperoleh bantuan tidak harus dilakukan sendiri, ada petugas yang telah dipersiapkan. Berikut prosedur input data di dtks.kemensos.go.id:

  1. Para peserta tidak harus menginputkan sendiri, tetapi didaftarkan oleh aparat pemerintah di mana Anda tinggal.
  2. Setelah itu, calon penerima akan menerima berkas mengenai tata cara pendaftaran calon penerima bantuan pada tempat yang telah ditentukan.
  3. Bawa berkas-berkas diperlukan ke tempat yang telah ditentukan sebelumnya.
  4. Terakhir pemrosesan data diilakukan oleh pihak-pihak terkait. Setelah diverifikasi, calon peserta telah resmi terdaftar.

Cara Cek Bantuan KIS

Untuk melakukan pengecekan apakah terdaftar sebagai calon penerima bantuan atau tidak caranya cukup mudah. Cukup dengan menggunakan ponsel pintar atau komputer Anda, berserta jaringan internet tentunya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ketikan https://dtks.kemensos.go.id pada browser Anda.
  2. Terdapat menu atau form pencairan penerima BST pada bagian paling atas.
  3. Pilih ID. Selanjutnya masukan data yang diperlukan sesuai ID yang dipilih.
  4. Masukan kata yang tertera pada box captcha ke kolom yang ditentukan.
  5. Klik “Cari”.

Pemerintah menganjurkan bahwa uang yang diberikan digunakan untuk keperluan penting. Presiden Jokowi mengatakan jika uang bantuan tidak boleh digunakan untuk membeli rokok. Jika nanti kedapatan warga yang tidak menghiraukan himbauan dari presiden maka pemerintah tidak segan menarik uang yang telah diberikan.

Bagi Anda yang memenuhi kriteria ditentukan oleh pemerintah segera saja lakukan pengecekan. Karena bantuan sosial ini memang diperuntukan bagi Anda. Jika masih merasa kebingungan dapat meminta bantuan tetangga atau kerabat dekat. Pemerintah telah berusaha memberikan layanan cara memperoleh dan cek bantuan KIS dengan cara yang mudah. (tim penulis)

Baca juga: Cara Daftar Bantuan BLT Ibu Rumah Tangga

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here