Home Coronavirus Bantuan Pemerintah Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis

9
376
Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis
Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis. Gambar oleh: Firmbee dari Pixabay Free License

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperpanjang program bantuan kuota internet gratis 2021. Cukup banyak kuota internet yang dibagikan oleh karena masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan bantuan online diperpanjang. Hal ini lantaran wabah pandemi COVID-19 masih belum terkendali. Yuk simak tips bagaimana cara mendapatkan bantuan kuota internet gratis berikut ini.

Bantuan Kuota Internet Gratis

Pemerintah memberikan bantuan kuota ini dengan rincian perbedaan jumlah kuota setiap kelompok penerima. Adapun pembagian jumlah kuotanya, antara lain:

Besaran Kuota

Untuk kuota tahun 2021 ini akan berbeda dengan tahun 2020. Kuota lebih kecil dan lebih fleksibel pemakaiannya. Untuk rinciannya seperti berikut:

  • Peserta didik PAUD sebesar 7 GB perbulan
  • Peserta didik tingkat pendidikan dasar dan menengah sebesar 10 GB perbulan
  • Pendidikan PAUD dan tingkat pendidikan dasar dan menengah sebesar 12 GB perbulan
  • Mahasiswa dan doses sebesar 15 GB perbulan

Pemberian kuota internet gratis ini mulai dibagikan di Bulan Maret hingga Bulan Mei 2021. Bantuan akan diberi setiap tanggal 11 sampai 15 dalam bulan-bulan tersebut. Kuota memiliki masa berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Para Penerima Bantuan Internet Gratis

Siapa saja yang dapat memperoleh bantuan ini? Berapa rincian besar bantuan kuota ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwasanya setiap orang yang telah memperoleh bantuan ini pada periode Bulan November sampai Desember 2020 maka secara otomatis mendapatkannya kembali selama nomor yang dipergunakan masih sama dan aktif. Namun, bagi setiap orang yang sudah pernah menerima bantuan ini tetapi tidak menggunakannya sampai habis atau pemakaian kurang dari 1 GB maka secara otomatis tidak mendapatkannya kembali.

Syarat Penerima Bantuan

Kelompok yang berhak mendapatkan bantuan ini, antara lain:

  • Siswa PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah
    • Telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan mempunyai nomor smartphone yang masih aktif dengan atas nama diri sendiri, orangtua, orangtua, ataupun wali.
  • Pendidik PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah
    • Telah tercatat di data Dapodik dan juga mempunyai nomor handphone yang masih aktif
  • Mahasiswa
    • Terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) sebagai mahasiswa yang aktif ataupun sedang dalam masa studi gelar ganda. Selain itu, juga mempunyai nomor telepon yang masih aktif sertakartu rencana studi pada semester yang sedang dilalui.
  • Dosen
    • Terdaftar di PDDikti selaku dosen aktif dengan mempunyai nomor registrasi semisal Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), ataupun Nomor Urut Pendidik (NUP) dan mempunyai nomor telepon yang aktif.

Cara Memperoleh Bantuan Internet Gratis

Bagi Anda yang berhak memperoleh jenis bantuan ini, tetapi belum terdaftar silahkan simak tips bagaimana cara mendapatkannya di bawah ini. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang telah menerima pada periode November – Desember 2020, tetapi nomor ponsel tidak aktif lagi atau telah mengganti nomor. Berikut rincian caranya!

  • Calon penerima membuat laporan ke pimpinan satuan pendidikan untuk memperoleh bantuan kuota. Laporan dibuat sebelum Bulan April 2021.
  • Pimpinan atau dalam hal ini operator satuan pendidikan mengupload Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor baru (khusus pendaftar baru) ataupun nomor yang berubah (khusus penerima yang telah berganti nomor ponsel)
  • Bagi tingkat PAUD, pendidikan dasar dan menengah, silahkan upload ke LINK ini
  • Sementara itu, untuk tingkat pendidikan tinggi, silahkan unggah pada LINK ini.
  • Para penerima yang nomornya telah terdaftar baru akan menerima bantuan internet mulai Bulan April ini.

Nah, itu tadi informasi tentang tips bagaimana cara mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan dan pembelajaran jarak jauh dalam masa pandemi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Bantuan Pemerintah Rp 10 Juta Melalui Bank BRI

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here