Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh Tiba Tiba Di Rumah

0
156
cara mengatasi asam lambung kambuh
Ilustrasi asam lambung naik

Saluran pencernaan membutuhkan asam lambung untuk proses pencernaan. Namun, ada suatu ketika jumlahnya terlalu banyak sehingga menimbulkan gangguan. Bagaimana bila terjadi tiba-tiba dan Anda sendiri di rumah? Yuk simak tips cara mengatasi asam lambung kambuh tiba tiba di rumah.

Asam lambung bisa naik ke bagian kerongkongan karena adanya gangguan katup kerongkongan bagian bawah. Keadaan ini disebut dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala yang dirasakan bila penyakit ini kambuh adalah dada terasa panas atau terbakar, nyeri pada ulu hati, mulut rasa pahit, atau perut dirasakan kurang nyaman.

Gangguan katup kerongkongan bagian bawah yang paling sering adalah kelemahan katup. Penyebab pasti kelemahan katup ini belum diketahui. Namun, ada beberapa keadaan yang meningkatkan risiko kambuhnya GERD pada seseorang, yaitu:

  • Keadaan medis tertentu, misalnya radang esofagus, radang lambung, dan lambatnya gerakan lambung (gastroparesis).
  • Kelainan pada organ lambung, misalnya gastroskisis atau hernia hiatus.
  • Berat badan obesitas.
  • Infeksi lambung oleh bakteri H. pylori.
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman mengandung alkohol.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya ibuprofen, aspirin, dan OAINS lainnya.
  • Makan makanan dan minuman tertentu, misalnya makanan mengandung lemak, terlalu pedas, berisi kafein, dan lain-lain.

Tips Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh Tiba Tiba

Lantas bagaimana bila penyakit ini kambuh? Yang penting tetap tenang karena kondisi yang stress dan dalam tekanan akan memperparah derajat penyakit.

Pengobatan penyakit asam lambung tiba tiba harus membutuhkan obat-obatan. Ada jenis obat-obatan yang diperjualbelikan bebas dimana penggunaannya tidak memerlukan aturan dari dokter. Bila Anda merasakan gejala dan tanda khas asam lambung naik seperti telah disebutkan di atas maka disarankan meminum obat ini.

Adapun obat tersebut antara lain antasida. Obat ini bekerja dengan cara menetralisir derajat keasaman di lambung. Dengan lebih netralnya derajat keasaman lambung maka tidak akan menimbulkan iritasi dan peradangan pada dinding lambung atau kerongkongan. Gejala seperti perasaan panas di dada dan tanda lainnya akan berkurang atau menghilang.

Obat ini tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Biasanya sediaan sirup berwarna putih sementara tablet umumnya berwarna hijau yang mudah dikunyah. Beberapa orang menyimpulkan bahwa penggunaan sirup lebih cepat meredakan gejala asam lambung naik ketimbang tablet.

Lakukan Perubahan Pola Hidup

Selain itu, Anda diharuskan memperbaiki pola hidup yang salam selama ini. Ini berguna untuk mencegah timbulnya kekambuhan dan mempercepat proses penyembuhan kekambuhan. Adapun hal-hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Menjaga pola dan jenis makanan
Anda harus menerapkan pola makan untuk penderita penyakit asam lambung. Adapun pola nya adalah makan dalam jumlah sedikit dengan frekuensi lebih sering. Hal ini berguna untuk menetralisir asam lambung yang diproduksi dengan mencampurkannya lebih sering dengan makanan. Usahakan sebaik mungkin mengontrol nafsu makan karena dengan mengendalikan keinginan makan maka akan terkendali juga produksi asam lambung.

Sewaktu kambuh Anda dianjurkan untuk menghindari jenis makanan yang memiliki banyak lemak, terlalu pedas, terlalu asam, mengandung alkohol, cokelat, dan kopi. Makanan jenis ini akan meningkatkan derajat keasaman dan merangsang produksi asam lambung. Disarankan untuk konsumsi tipe makanan berserat yang dapat menyerap asam lambung. Namun, jumlah jangan terlalu berlebihan karena akan menghasilkan gas yang banyak sebagai hasil frmentasi di usus.

Penerapan Pola Hidup Sehat
Hindari kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok. Selain itu usahakan selalu memanajemen stress sehingga tidak mengganggu kehidupan dan produksi asam lambung. Dapatkan kualitas tidur yang cukup dan baik karena akan bermanfaat dalam pengelolaan stres. Tidur lah dengan posisi kepala atau dada lebih tinggi dari lambung. Efek gravitasi akan mencegah bertambah parahnya penyakit asam lambung ini.

Hindari menggunakan pakaian yang ketat terutama yang menekan bagian lambung. Hal ini akan memudahkan terjadinya regurgitasi asam lambung. Pilihan olahraga pun harus bijak, hindarilah olahraga yang terlalu berlebihan menekan lambung, terlalu banyak lompat-lompat, atau olahraga yang dilakukan sesaat setelah makan.

Nah, itu tadi tips cara mengatasi asam lambung kambuh tiba tiba di rumah. Bila tidak ada perubahan setelah melakukan tips ini maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk terapi yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Obat herbal asam lambung naik ke dada

Sumber:
www.healthline.com
www.drzuhdy.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here