Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

ciri ciri penyakit asam lambung naik
Apa saja ciri ciri penyakit asam lambung naik itu?

Contoh ciri ciri penyakit asam lambung naik adalah perasaan terbakar pada bagian dada atau dikenal juga dengan heartburn. Dalam kasus lain sensasi terbakar ini tidak hanya dirasakan pada dada, tetapi juga mencapai leher dan bagian punggung.

Penyakit ini banyak terjadi pada orang-orang. Gejala yang muncul sebagai akibat mengalir kembali nya asam lambung ke area kerongkongan. Lapisan permukaan kerongkongan tidak sekuat lapisan permukaan lambung. Oleh karena derajat keasaman ini, maka terjadi iritasi pada lapisan kerongkongan yang mencetuskan perasaan nyeri dan terbakar.

Contoh Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

Perlu Anda pahami bahwa tidak semua orang mengalami gejala heartburn ini, akan tetapi ini merupakan gejala dan tanda yang utama. Tanda utama ciri asam lambung kumat lainnya adalah regurgitasi dan terasa asam pada area mulut.

Anda perlu memahami tanda dan gejala asam lambung naik lainya untuk lebih waspada dan mudah berkonsultasi dengan dokter bila Anda perlukan. Adapun gejala dan tandanya, yaitu:

• Suara Serak
    • Suara serak banyak penyebabnya. Salah satunya adalah yang berasal dari iritasi akibat asam lambung. Asam lambung yang mengalami refluks dapat mencapai tenggorokan hingga area pita suara. Iritasi pada pita suara dapat menyebabkan terganggu nya proses pembentukan dan pengeluaran suara. Seringkali gangguan pita suara ini menghasilkan suara serak.
  • Batuk Kering Bersifat Kronis
    • Batuk kering yang bersifat kronis selain akibat penyakit tuberkulosis paru juga dapat masuk pertimbangan sebagai kasus penyakit GERD. Batuk ini seringkali terjadi pada malam hari. Ini karena semakin melemahnya katup kerongkongan bagian bawah saat tidur sehingga tidak mampu menahan tekanan dari lambung. Asam lambung yang naik akan mengiritasi tenggorokan sehingga merangsang saraf batuk. Batuk yang ada tidak akan sembuh dengan hanya pengobatan batuk dan antibiotik. Hal ini karena faktor penyebabnya yaitu iritasi asam lambung tidak mendapat terapi.
  • Terasa ada benjolan pada tenggorokan
    • Benjolan pada tenggorokan ini akibat oleh reaksi peradangan akibat iritasi lapisan kerongkongan. Benjolan akan semakin parah seiring dengan semakin seringnya terjadi kekambuhan penyakit GERD.
  • Kenaikan produksi air liur
    • Peningkatan produksi air liur ini sebagai respon terhadap naiknya asam lambung ke bagian pangkal tenggorokan dan kerongkongan. Mulut akan berusaha untuk menetralkan suasana asam karena cairan lambung dengan cara menambah jumlah produksi air liur. Dengan bercampur nya air liur maka ada harapan asam lambung menjadi berkurang keasamannya.

Ciri Asam Lambung Kumat Berikutnya

• Turun atau Hilangnya Nafsu Makan
    • Gejala penyakit asam lambung naik yang nyata seringkali terasa setelah makan. Penderita akan merasakan heartburn atau nyeri ulu hati setelah makan. Tidak jarang hal ini akan membuat penderita malas untuk makan. Selain itu, tingginya asam lambung menyebabkan perut menjadi kembung dan terasa penuh. Keadaan ini membuat penderita sering merasakan kenyang.
  • Perut Kembung
    • Sudah ada penjelasan bagaimana mekanisme terjadinya perut kembung pada penyakit GERD ini.
  • Mual dan/ atau muntah
    • Terlalu tingginya asam lambung akan menyebabkan lambung terasa penuh dan kembung seperti pada penjelasan sebelumnya. Ini akan membuat penderita gampang merasakan mual atau bahkan hingga muntah terutama setelah makan.
  • Sering Sendawa
  • Bau mulut
  • Radang atau bahkan infeksi pada tenggorokan

Nah, itu tadi beberapa ciri ciri penyakit asam lambung naik yang perlu Anda ketahui dan pahami. Bila mengalami hal tersebut segeralah berobat ke dokter. Sang dokter yang akan menentukan apakah Anda murni mengalami penyakit GERD atau ada penyakit lain yang menyertai. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lengkap tentang penyakit ini silahkan baca pada tautan ini: Penyakit asam lambung.

Sumber: