Obat Herbal Asam Lambung Naik Ke Dada? Coba Ini!

obat herbal asam lambung naik ke dada
Gambar daun peppermint

Informasi obat herbal asam lambung naik ke dada yang sering memunculkan sensasi panas dan terbakar di dada – DrZuhdy.com. Prinsip pengobatan penyakit asam lambung naik tetap yaitu perubahan gaya hidup, penggunaan obat-obatan, dan operasi. Namun, Anda dapat mengusahakan cara-cara tradisional sepanjang hal tersebut aman.

Pernahkah Anda merasakan gejala penyakit asam lambung? Yang paling sering adalah munculnya sensasi panas hingga rasa terbakar pada area dada yang dikenal dengan heartburn. Seringkali tanda seperti ini dianggap sebagai penyakit jantung yang membuat seseorang menjadi semakin khawatir.

Tanda heartburn ini diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Oleh karena sifat keasamannya yang tinggi mengakibatkan permukaan kerongkongan teriritasi dan mengalami peradangan. Perasaan nyeri dan terbakar akan muncul sebagai akibat hal ini.

Pilihan Obat Herbal Asam Lambung Naik Ke Dada

Secara medis metode pengobatan penyakit ini adalah dengan cara perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, pemakaian obat-obatan penetralisir dan pengurang produksi asam lambung, dan prosedur operasi. Biasanya ini dilakukan secara bertahap mulai dari derajat penyakit yang ringan hingga berat.

Namun, tahukah Anda bahwasanya ada rekomendasi pengobatan asam lambung naik dengan pemanfaatan tanaman herbal. Meskipun masih membutuhkan banyak penelitian dan studi lebih mendalam, tidak ada salahnya untuk dicoba dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kami tetap menyarankan untuk mencoba pengobatan ini pada penyakit yang berderajat ringan.

Adapun berbagai tumbuhan herbal yang dipercaya ampuh mengurang gejala dan keluhan asam lambung, antara lain:

Minyak Peppermint (Peppermint Oil)
Jenis minyak ini sering ditemukan dalam teh. Secara tradisional, minyak ini dipergunakan untuk meringankan:

• masuk angin,
  • nyeri kepala, dan
  • Gangguan saluran cerna, mual, dan masalah perut lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat perbaikan keluhan dan gejala pada pasien GERD bagi mereka yang mendapatkan minyak pepermint ini secara teratur. Namun, penting untuk diingat bahwasanya penggunaan minyak ini tidak boleh bersamaan dengan obat antasida karena akan meningkatkan risiko munculnya sensasi panas dan terbakar pada dada (heartburn).

Akar Jahe
Akar jahe secara tradisional kerap digunakan sebagai bahan pengobatan gejala mual-mual. Faktanya permen dan minuman jahe dianjurkan untuk pengobatan jangka pendek untuk gejala mual-mual pada penyakit morning sickness yang sering muncul di periode awal kehamilan. Selain itu, bahan-bahan jahe juga sering digunakan untuk berbagai penyakit saluran pencernaan termasuk heartburn. Hal ini dikarenakan jahe mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada esofagus atau kerongkongan.

Penting untuk dipahami bahwa pemakaian jahe sebagai obat herbal harus dalam batas kewajaran. Konsumsi jahe dalam jumlah yang banyak justru akan merangsang peningkatan pengeluaran asam lambung. Hal ini akan memperparah gejala yang timbul.

Beberapa Tanaman Herbal Lainnya
Di bawah ini berbagai daftar tanaman yang secara klinis menunjukkan sedikit manfaat dalam pengobatan penyakit GERD. Walaupun mempunyai bukti klinis, tetap membutuhkan penelitian lebih dalam untuk mengetahui tingkat keefektifan tanaman herbal ini.

• Jintan
  • Tanaman adas-adasan
  • Bunga chamomile Jerman
  • Akar licorice
  • Salep lemon
  • milk thistle
  • marshmallow
  • kunyit

Di negara-negara barat, olahan tanaman-tanaman di atas disediakan di berbagai toko makanan dan obat-obatan. Produk olahan seperti teh, minyak, atau pun kapsul dapat dengan mudah ditemukan.

Makanan Pantangan Asam Lambung

Seperti kata pepatah bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Oleh karena itu, selain mencoba pemakaian obat herbal asam lambung naik ke dada di atas, Anda juga disarankan untuk menghindari berbagai makanan dan produk olahan seperti dijelaskan di bawah ini, yaitu:

• saus tomat dan produk berbasis tomat lainnya
  • makanan tinggi lemak, seperti produk makanan cepat saji dan makanan berminyak
  • gorengan
  • jus buah jeruk
  • soda
  • kafein
  • cokelat
  • Bawang putih dan merah
  • daun mint
  • alkohol

Nah, itu tadi informasi tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit asam lambung. Semoga mendatangkan manfaat buat Anda.

Sumber: