Cara Mengetahui Dokter Gadungan Palsu Di Sekitar Anda

0
210
cara mengetahui dokter gadungan palsu
Aplikasi cek dokter sebagai cara mengetahui dokter gadungan palsu


Tips cara mengetahui dokter gadungan palsu di lingkungan sekitar Anda dari Blog DrZuhdy.com. Kesehatan memang bukanlah segalanya, namun segala yang ada akan terasa kurang berarti bila tidak sehat. Banyak usaha yang diupayakan agar seseorang menjadi sehat seperti semula. Salah satu usaha tersebut adalah dengan berobat ke dokter medis.

Namun, akhir-akhir ini banyak sekali oknum yang mengaku sebagai dokter untuk kepentingan pribadi semata. Masyarakat harus jeli dan teliti karena hal ini bisa mendatangkan kerugian baik fisik, material, jiwa, dan moril.

Selain itu, adanya oknum dokter gadungan palsu ini dapat mencemarkan nama baik profesi dokter dan organisasinya. Tidak jarang masyarakat yang bersumbu pendek menghujat dan memaki tentang informasi malpraktik dokter, padahal belum tahu informasi yang sebenarnya.

Malpraktik dokter ada, tetapi malpraktik dukun tidak ada. Kenapa? (@Penulis)

Cara Mengetahui Dokter Gadungan Palsu Dengan Mudah

Beranjak dari hal tersebut, pada tulisan ini kami akan memberikan bagaimana tips agar tahu mana dokter yang palsu dan mana yang asli. Yuk simak tips nya di bawah ini.

Anda bisa mengetahui status seorang dokter yang sedang melakukan praktek dengan sangat mudah. Cara ini bisa dilakukan secara online melalui ponsel cerdas Anda. Cara ini memanfaatkan aplikasi cek dokter KKI yang telah disiapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Begini caranya!

Ketahui Status Dokter Dengan Aplikasi Cek Dokter KKI

  • Siapkan smartphone (atau laptop) Anda dan pastikan telah tersambung ke jaringan internet (telah online)
  • Buka aplikasi browser (semisal chrome, opera, mozilla firefox, atau browser bawaan ponsel Anda)
  • Masukkan dan kunjungi alamat ini: http://kki.go.id/cekdokter/form
  • Maka Anda akan masuk ke halaman seperti contoh di atas.
  • Silahkan masukkan nama dokter yang ingin Anda periksa (sebaiknya masukkan nama lengkap)
  • Masukkan juga kode verifikasi (kode captcha)
  • Lalu tekan tombol cari
  • Setelah itu Anda akan dihantarkan ke halaman yang berisi nama dokter yang bersesuaian dengan nama yang Anda masukkan.
  • Silahkan periksa satu persatu bilamana banyak nama yang muncul.
  • Informasi dokter yang bisa didapatkan adalah nama lengkap, tempat praktek, universitas asal, kualifikasi, nomor STR (surat tanda registrasi), dan masa berlaku STR tersebut.

Bagaimana Bila Tidak Ada Nama Dokter?

Bila tidak ditemukan hasil pencarian maka bisa ada 2 kemungkinan, yaitu Anda salah memasukkan nama atau memang dokter tersebut adalah dokter gadungan palsu. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa Anda memiliki nama dokter yang tepat. Anda dapat mengetahui dengan cara melihat plang praktik atau secara langsung bertanya kepada dokter tersebut.

BIsakah Dukun Dituntut Malpraktik? (@penulis)

Nah, bagaimana? Cukup mudah dipahami kan tips cara mengetahui dokter gadungan palsu ini? Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

  • Sumber:
    • Konsil Kedokteran Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here