Cara Mempercepat Haid Selesai Dalam 1 Hari

0
156
cara mempercepat haid selesai dalam 1 hari
cara mempercepat haid selesai dalam 1 hari

Beberapa wanita ingin agar proses menstruasinya berjalan dengan cepat. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai macam alasan seperti ingin ibadah haji atau umroh, ingin berlibur, atau merasa terganggu dalam melakukan segala aktivitas. Di tulisan ini kami akan berbagi tips bagaimana cara mempercepat haid selesai.

Haid atau Menstruasi

Haid atau menstruasi terjadi karena sel telur yang telah diproduksi oleh kandung telur tidak dibuahi oleh sel sperma. Sel telur ini secara normal akan dihasilkan setiap bulannya kecuali dalam masa kehamilan. Rahim selama proses pengeluaran sel telur juga akan mengalami penebalan sebagai tempat pertumbuhan sel telur yang sudah dibuahi.

Namun, bilamana sel telur tidak dibuahi dalam waktu tertentu maka rahim akan kembali menipis. Proses penipisan ini akan mengeluarkan darah. Inilah yang sering disebut dengan darah menstruasi.

Pada keadaan normal, siklus haid terjadi antara hari ke 21 sampai 35 dengan lama rata-rata 2 hingga 7 hari. Siklus ini akan semakin bertambah singkat dan teratur sesuai dengan pertambahan usia. Beberapa hal lain bisa memberikan dampak terhadap lamanya waktu mestruasi, semisal berat badan, jumlah hormon, ataupun kondisi stres.

Tips Cara Mempersingkat Waktu Haid

Lantas bagaimana bila ingin proses menstruasi ini berjalan cepat karena beberapa alasan yang telah disebutkan di atas? Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menyingkatkan lamanya siklus menstruasi.

1. Penggunaan Obat-Obatan

Obat yang sering dipakai untuk tujuan ini adalah KB hormonal baik sediaan pil ataupun suntikan. Kedua jenis KB ini bisa mengontrol siklus menstruasi seorang wanita. Selain itu, pemakaian KB ini juga akan mengurangi kram dan nyeri saat darah haid keluar.

Namun, penggunaannya harus berdasarkan dengan anjuran dan resep dokter. Hal ini dikarenakan pemakaian KB harus sesuai dengan kondisi tubuh pasien. Tidak boleh sembarangan dalam meminum obat KB yang dibeli di apotik untuk tujuan ini.

Selain penggunaan KB hormonal, jenis obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat lamanya haid. Contoh obat ini adalah aspirin dan ibuprofen. Oleh karena sifatnya OAINS juga sebagai anti nyeri maka penggunaan obat ini juga akan meringankan nyeri yang dirasakan ketika darah menstruasi keluar.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Fluktuasi berat badan akan memberikan pengaruh terhadap siklus menstruasi sehingga menjadikannya tidak konsisten. Wanita yang memiliki berat badan berlebih lebih cenderung mengalami perdarahan menstruasi yang lebih banyak dan nyeri haid yang lebih hebat dibandingkan dengan perempuan dengan berat badan normal. Sementara itu, perempuan yang memiliki berat badan kurang akan cenderung mengalami missed period (menstruasi tidak terjadi) atau siklus haid tidak teratur.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang dapat mengurangi perdarahan. Bila seorang wanita memiliki kadar vitamin C yang normal atau konsumsi dalam jumlah cukup maka risiko perdarahan lama pada proses menstruasi akan menurun.

Namun, beberapa penelitian menghubungkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kadar progesteron. Kadar progesteron yang meningkat tentu saja akan memperlama waktu meluruhnya dinding rahim sehingga memperpanjang waktu mens. Perlu penelitian lebih lanjut tentang berapa jumlah konsumsi vitamin C sehingga menyebabkan peningkatan progesteron yang menambah waktu menstruasi.

4. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Selain peningkatan derajat kesehatan tubuh olahraga juga akan memperpendek masa menstruasi.

Wanita yang rutin olahraga maka memiliki ambang batas letih yang lebih tinggi dari pada wanita normal. Otot-otot tubuh beradaptasi sehingga tidak mudah mengalami keletihan.

Secara tidak langsung olahraga rutin akan membantu meningkatkan mood. Bila menjalani aktivitas harian dengan mood yang baik tentunya akan sulit mengalami stres sehingga tidak akan menggangu proses menstruasi.

5. Menjauhi Stres

Stres dan kecemasan akan memberikan dampak terhadap siklus haid seorang wanita. Seorang yang jarang mengalami stres akan memiliki siklus haid yang teratur dan waktu menstruasi yang lebih cepat

Adakah Cara Mempercepat Haid Selesai Dalam 1 Hari ?

Seperti penjelasan sebelumnya bahwasanya haid berlangsung selama 2 sampai 7 hari. Tips mempercepatnya pun sudah dibagikan di atas. Namun, bilamana ingin mempersingkatnya menjadi 1 hari maka itu biasanya menggunakan obat-obatan hormonal. Silahkan hubungi dokter keluarga atau dokter kandungan di dekat lokasi Anda. Semoga bermanfaat.

  • Sumber:
    • Healthline.com (2019): Can I Make My Period End Faster?
    • Mehmet Suhha Bostancia, Merih Bayram, Zuhal Aktuna Keskil (2012): The Effects of Ascorbic Acid on the Estrogen/Progesteron Levels in the Isolated Rabbit Uterine Muscle

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here