Home Info Kesehatan Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami

0
56
Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami
Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami. Gambar oleh: Natalia Ovcharenko dari Pixabay Free License

Bau mulut memang begitu mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri, terutama pada waktu berbicara dengan orang lain di kerumunan. Bila Anda mengalaminya maka silahkan coba tips cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami berikut ini. Anda dapat menerapkannya sebelum pergi ke dokter.

Dalam dunia kedokteran bau mulut disebut dengan halitosis. Ini adalah suatu keadaan yang bisa dialami oleh siapa pun tanpa terkecuali. Penyebab yang paling sering adalah jarangnya menggosok gigi dan higienitas gigi dan mulut yang tidak diperhatikan.

Penyebab Bau Mulut (Halitosis)

Jarang membersihkan rongga mulut dan gigi akan menyebabkan tumpukan sisa-sisa makanan terutama di sela-sela gigi. Sisa makanan ini akan mengalami pembusukan oleh bakteri di rongga mulut. Proses pembusukan ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Jika hal ini terus berlanjut maka bakteri-bakteri akan terus tumbuh dan berkembang. Lama kelamaan akan terbentuk plak gigi dan bau tidak sedap yang keluar dari rongga mulut semakin parah. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk rutin menggosok dan membersihkan gigi dan rongga mulut.

Penyebab lainnya timbul bau mulut adalah mulut kering karena kekurangan air liur. Hal ini cukup sering terjadi selama berpuasa. Air liur secara normal membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan benda asing di rongga mulut. Bilamana jumlah air liur sedikit maka proses pembersihan ini akan terganggu sehingga menimbulkan bau mulut.

Selain kedua penyebab di atas, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya bau mulut, antara lain:

  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi minuman mengandung alkohol
  • Konsumsi jenis makanan yang menimbulkan bau yang menyengat, semisal petai dan bawang
  • Ada infeksi pada rongga mulut atau sekitarnya seperti hidung, sinus, atau tenggorokan. Contoh penyakitnya adalah penyakit radang gusi, sinusitis, dan tonsilitis (radang amandel)
  • Penyakit asam lambung naik (GERD)
  • Gangguan ginjal dan fungsi hati
  • Penyakit kanker pada mulut

Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Menggunakan Bahan Alami

Untuk menyembuhkan bau mulut tentunya Anda harus rutin menggosok gigi dan membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Anda juga harus sering konsumsi air putih agar rongga mulut tidak mudah kering. Ketika berpuasa, cara menghilangkan bau mulut saat puasa dengan bahan alami bisa dilakukan dengan minum air putih yang cuku ketika berbuka. Namun, selain melakukan kedua hal ini, Anda bisa juga menggunakan baha-bahan alami berikut ini, antara lain:

Susu

Susu dapat mengurangi bau mulut khususnya sehabis Anda memakan makanan yang berbau menyengat semisal bawang. Berdasarkan penelitian yang berjudul “Effect of milk on the deodorization of malodorous breath after garlic ingestion” oleh Areerat Hansanugrum dan Sheryl A Barringer, bahwasanya susu mempunyai kandungan yang bisa mengurangi bau mulut sehabis konsumsi makanan berbau menyengat terkhusus bawang.

Selain susu, produk olahan lainnya semisal yogurt juga bisa mengurangi bau mulut. Hal ini lantaran yogurt mempunyai kandungan probiotik yang meningkatkan peran bakteri baik di rongga mulut dan mereduksi peran bakteri penyebab bau mulut.

Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang akan merangsang produksi air liur. Peningkatan air liur akan lebih mengintenskan pembersihan rongga mulut sehingga risiko timbulnya bau mulut menjadi menurun.

Selain itu, vitamin C juga akan mengurangi risiko terjadinya radang gusi dan sariawan. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwasanya, penyakit infeksi dan radang pada rongga mulut dan sekitarnya dapat menimbulkan bau mulut.

Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antioksidan. Hal ini tentunya akan mengurangi dan mencegah peradangan pada rongga mulut. Oleh sebab itu, tanaman ini cukup ampuh mengurangi bau mulut.

Silahkan padukan teh hijau dengan daun mint. Selain menambah cita rasa, paduan ini juga akan membuat bau mulut menghilang secara efektif.

Daun Sirih

Tumbuhan ini telah banyak digunakan sebagai obat herbal. Penggunaannya secara tradisional adalah dengan mengunyah. Daun sirih kaya akan fungsi anti peradangan dan antibakteri. Hal ini akan menjaga kesehatan mulut dan gigi termasuk menghilangkan bau mulut.

Akar Manis

Akar manis cukup dikenal sebagai obat herbal untuk menyembuhkan peradangan kulit, gatal-gatal, dan maag. Hal ini disebabkan akar manis memiliki kandungan senyawa yang berperan sebagai antibakteri. Penggunaannya secara dikumur-kumur, dikunyah, atau dihisap-hisap akan membantu menyembuhkan sariawan, mengurangi bau mulut, dan mencegah kerusakan gusi dan gigi.

Daun Saga

Sebuah riset memperlihatkan bahwasanya daun daga memiliki kandungan senyawa antibakteri. Senyawa ini diyakini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya bau mulut dna kerusakan gigi dan gusi. Oleh sebab itu, daun saga juga efektif mencegah penyakit sariawan.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami. Silahkan dicoba karena cara ini relatif aman. Bilamana tidak kunjung ada perbaikan maka disarankan kepada Anda untuk berkonsultasi kepada dokter. Siapa tahu Anda mengalami masalah yang bukan hanya sekedar higienitas yang buruk dan kekeringan pada rongga mulut, tetapi penyakit yang perlu tindak lanjut yang segera. Semoga bermanfaat.

  • Sumber:
    • Aylıkcı, B. & Çolak, H. (2013). Halitosis: From Diagnosis to Management. Journal of Natural Science, Biology and Medicine. 4(1), pp. 14-23.
    • Areerat Hansanugrum, Sheryl A Barringer. (2010). Effect of milk on the deodorization of malodorous breath after garlic ingestion
    • Morin, et al. (2015). Green Tea Extract and Its Major Constituent Epigallocatechin-3-Gallate Inhibit Growth and Halitosis-Related Properties of Solobacterium moorei. BMC Complementary and Alternative Medicine. 15, pp. 48.
    • Mohsen Hamidpour, et al. (2014)Chemistry, Pharmacology, and Medicinal Property of Sage (Salvia) to Prevent and Cure Illnesses such as Obesity, Diabetes, Depression, Dementia, Lupus, Autism, Heart Disease, and Cancer

Baca juga: proses pencernaan yang terjadi dalam lambung usus halus dan usus besar

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here