4 Cara Menghilangkan Mata Bintitan Dalam Sehari dan Aman

0
170
Cara Menghilangkan Mata Bintitan Dalam Sehari
Tutorial Cara Menghilangkan Mata Bintitan Dalam Sehari

Bagaimana cara menghilangkan mata bintitan dalam sehari? Bintitan merupakan muncul benjolan yang menyerupai bisul atau jerawat yang terdapat pada kelopak mata. Mata bintitan ini bisa memicu penyebaran infeksi bakteri.

Adanya bintitan pada kelopak mata tentu membuat aktivitas menjadi terganggu dan tidak nyaman. Apabila tidak diatasi dengan baik, mata bintitan ini bisa memicu kalazion atau penyebaran infeksi bakteri pada bagian tubuh yang lainnya sehingga harus segera diobati.

4 Cara Menghilangkan Mata Bintitan dalam Sehari

Bintitan atau yang bisa disebut dengan timbil ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri tersebut menghasilkan kelenjar minyak yang terdapat di kelopak mata. Berikut adalah cara mengobat bintitan di mata.

1. Kompres Kantong Teh Bekas

Cara untuk menghilangkan mata bintitan dalam sehari bisa dengan mengompres kantong teh bekas. Teh bekas yang mengandung tanin yang tinggi ini dipercaya sebagai agen anti inflamasi yang bisa membantu dalam mempercepat penyembuhan.

Kantong teh bekas ini juga dipercaya dapat mengurangi pembengkakan, dan juga terjadinya iritasi pada mata bintitan. Anda dapat mencoba menggunakan jenis teh hitam atau teh hijau yang juga bersifat antibakteri.

Sedangkan teh chamomile tersebut dapat memberikan efek yang menyenangkan dan juga bisa menyembuhkan kulit yang teriritasi. Namun, sebelum Ada mengaplikasikannya pada pastikan terlebih dahulu kantong teh celup bekas Anda dalam keadaan tidak terlalu panas.

2. Menggunakan Bawang Putih

Cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih merupakan cara tradisional. Cara inipun tergolong mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan memotong kecil-kecil, kemudian menumbuk bawang putih tersebut hingga mengeluarkan air.

Air hasil perasan bawang putih tersebut yang nantinya harus Anda oleskan pada bagian mata Anda yang mengalami bintitan. Jangan lupa untuk memastikan keadaan mata Anda tertutup ketika melakukan cara tersebut untuk menghindari masuknya ekstrak bawang putih ke dalam mata.

3. Kompres dengan Air Hangat

Cara menghilangkan mata bintitan dalam sehari yaitu dengan mengompres dengan menggunakan air hangat. Dengan melakukan cara ini bisa membantu cairan atau nanah yang terdapat dalam bintitan menjadi cepat keluar secara alami.

Cara mengobati bintitan dengan cara ini pun mudah, yaitu dengan menyiapkan air hangat dan handuk yang lembut ke dalam air hangat. kemudian peraslah handuk hingga airnya tidak menetes. Letakkan handuk hangat tersebut pada area mata yang mengalami bintitan dari 5 hingga 10 menit.

Ulangi cara ini sebanyak 2 hingga 4 kali dalam sehari. Meskipun bintitan seringnya hanya terjadi pada salah satu mata, namun jika kedua mata mengalami bintitan secara bersamaan, Anda bisa menggunakan handuk hangat yang berbeda untuk mengompresnya.

4. Menggunakan Air Garam

Selain dengan beberapa cara di atas, untuk mengobati mata bintitan ini pun dapat Anda lakukan dengan menggunakan air garam. Berikut adalah cara mengobati mata bintitan dengan air garam yang bisa Anda praktikkan.

Anda bisa melarutkan garam ke dalam air hangat kemudian aduklah hingga merata. Celupkanlah kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan letakkan pada mata yang bintitan seperti dengan cara mengompres.

Jika sudah langkah yang selanjutnya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit hingga 20 menit dan ulangi hingga bintitan tersebut mereda.

Bagaimana mudah bukan? Namun, jika cara menghilangkan mata bintitan dalam sehari tersebut tetap tidak juga sembuh maka Anda bisa mengonsumsi obat atau memeriksakan ke dokter kepercayaan Anda. (SA – Drzuhdy.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini