Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Menurut Penyebab dan Keamanan

0
95
obat sakit gigi untuk wanita hamil
Obat sakit gigi untuk wanita hamil. Sumber gambar: Engin Akyurt dari Pixabay Free License

Informasi pilihan obat sakit gigi untuk ibu hamil dari DrZuhdy.com. Minum obat sakit gigi ibu hamil tidak boleh dilakukan secara sembrono. Hal ini disebabkan oleh karena memperhatikan keadaan kehamilan dan janin di dalam kandungan. Penentuan pilihan obat sakit gigi untuk bumil harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasari timbulnya sakit gigi.

Jangan Sembarangan Minum Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Sakit gigi ketika hamil sudah barang tentu akan menyebabkan perasaan yang mengganggu dan kurang nyaman. Bila derajat sakitnya berat maka bisa menganggu aktivitas dan rutinitas harian. Oleh sebab itu, tidak jarang para ibu hamil (bumil) memilih untuk berobat guna meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

Seperti disebutkan di atas, Bumil harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan, minuman, dan obat-obatan yang sesuai dengan kondisi wanita yang sedang hamil dan janinnya.

Kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebagai langkah yang bijak sebelum memutuskan memakai obat-obatan kimiawi yang beredar di masyarakat. Dokter akan memberikan saran dan pengobatan serta perawatan gigi yang tidak berdampak pada kehamilan dan janin yang dikandung.

Penyebab Sakit Gigi Ketika Hamil

Beberapa faktor di bawah ini bisa menjadi penyebab sakit gigi saat hamil, antara lain:

1. Kebersihan Rongga Mulut dan Gigi Yang Buruk

Kebersihan rongga mulut dan gigi yang tidak baik adalah faktor paling sering yang menyebabkan nyeri gigi saat hamil. Kondisi higiene rongga mulut yang buruk akan menyebabkan kuman dan bakteri patogen mudah berkembang biak. Bila jumlah bakterinya banyak maka akan menyebabkan penyakit dan kerusakan gigi.

Walaupun kondisi kehamilan yang menimbulkan kesusahan (terutama ketika usia kehamilan tua), ibu hamil harus tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut. Rutin menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi akan menghindarkan kuman untuk dapat berkembangbiak di rongga mulut.

2. Kondisi Hormonal

Kenaikan hormon selama periode kehamilan juga turut andil dalam menyebabkan rasa nyeri pada gigi ketika dalam masa kehamilan. Perubahan hormonal ini akan meningkatkan risiko pembengkakan pada gusi serta plak dan karang gigi terbentuk.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Di samping itu, kenaikan kuantitas hormon ini akan memicu ibu hamil mengalami morning sickness yaitu gejala mual hingga muntah di pagi hari. Ketika muntah, asam lambung dapat naik ke rongga mulut. Dengan derajat keasaman yang tinggi maka gigi dapat mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan baik.

Gigi yang rusak (lapisan enamil gigi terkikis) akibat asam lambung akan menjadi lebih sensitif. Hal ini akan memudahkan saraf dalam gigi mendapatkan rangsangan sehingga mudah tercetus rasa ngilu. Selain itu, gigi yang lapisan enamelnya rusak akan lebih mudah mengalami kerusakan lebih lanjut hingga berlubang.

Simak juga: Kenapa Gigi Ngilu?

3. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Yang Manis

Penyebab timbulnya sakit gigi ketika hamil adalah sang bumil terlampau banyak mengonsumsi makanan yang manis. Dengan kandungan tinggi gula pada makanan yang manis maka akan lebih banyak asam terbentuk di rongga mulut. Zat asam akan merusak lapisan gigi dalam jangka panjang. Gigi yang rusak akan lebih sensitif terhadap ngilu atau bahkan nyeri.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Pilihan Obat Sakit Gigi Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa pilihan obat sakit gigi buat ibu hamil yang bisa menjadi rekomendasi. Namun, sebelum meminumnya, lebih baik dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena dokter akan mempertimbangkan penggunaan obat dengan kondisi ibu dan janin saat sebelum minum obat. Selain itu, tujuan konsultasi ini juga agar penggunaan obat sesuai dengan penyebab sakit gigi yang dialami bumil.

Adapun beberapa pilihan obat sakit gigi saat hamil yang aman, antara lain:

1. Obat Penghilang Nyeri

Untuk mengurangi rasa nyeri gigi yang dialami, dokter biasanya akan memberikan rekomendasi obat parasetamol. Obat ini termasuk kategori aman bagi ibu hamil.

Paracetamol pereda nyeri sebagai obat sakit gigi aman untuk ibu hamil
paracetamol pereda nyeri sebagai obat sakit gigi aman untuk ibu hamil

Obat-obat yang dikelompokkan sebagai anti nyeri seperti aspirin, ibuprofen, atau asam mefenamat sebaiknya dihindari. Obat-obat ini memiliki risiko untuk menimbulkan masalah dalam kehamilan.

2. Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik bisa digunakan dalam pengobatan sakit gigi ketika hamil. Obat ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi jumlah kuman atau bakteri yang merugikan di dalam rongga mulut.

Bilamana sakit gigi yang dirasakan cukup parah maka biasanya digunakan obat kumur antiseptik yang mengandung benzocaine. Zat ini dapat mengurangi rasa nyeri secara topikal dan lokal. Namun, pemakaian obat kumur ini tidak diperkenankan dalam jangka panjang dan pada ibu hamil trimester pertama.

Jangan pernah menggunakan obat kumur antiseptik tanpa resep dari dokter. Ada beberapa obat kumur yang memiliki kandungan alkohol. Bila menggunakan obat ini maka justru akan mencetuskan rasa nyeri yang lebih hebat.

3. Antibiotika

Antibiotika sudah pasti diresepkan oleh dokter bilamana sakit gigi yang dirasakan disebabkan oleh infeksi pada gigi atau rongga mulut. Penggunaan antibiotika tidak boleh sembarangan apalagi pada ibu yang sedang hamil. Kebanyakan antibiotika memiliki dampak terhadap kehamilan sehingga pemakaiannya harus berdasarkan resep dari dokter.

Bila diberikan antibiotika maka ibu hamil harus mengonsumsinya sampai habis walaupun rasa sakit yang dialami sudah hilang. Hal ini penting dilakukan guna mencegah infeksi berulang oleh kuman yang telah resisten.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Air garam sebagai obat sakit gigi pada ibu hamil
Air garam sebagai obat sakit gigi pada ibu hamil. sumber gambar: KatineArt dari Pixabay Free License

Air garam dapat berperan sebagai desinfektan alamiah. Keberadaanya di dalam mulut akan mengurangi pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab infeksi pada rongga mulut. Metode berkumur menggunakan air garam ini bisa menjadi obat sakit gigi alami untuk ibu hamil.

Selain itu, air garam juga akan membantu membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan, mengurangi peradangan gusi, dan mempercepat proses penyembukan luka. Bila dilakukan secara rutin tentunya akan mencegah penyakit rongga mulut dan kerusakan gigi.

Nah, itu tadi informasi tentang apa saja pilihan obat sakit gigi bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya para bumil.

Bila ingin mengetahui berbagai masalah kesehatan dalam masa kehamilan, silahkan baca di: Informasi Kehamilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here