Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Sehat

0
16
Vitamin Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Sehat
Vitamin Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Sehat

Saat ini ada berbagai macam vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat yang harus diketahui. Pasalnya, Ibu menyusui memerlukan sedikitnya 200 kalori per hari agar nutrisi bisa tercukupi untuk menghasilkan ASI yang berkualitas.

ASI yang berkualitas tinggi mampu melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit seperti infeksi bakteri, diare, dan virus. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang agar bayi tampak lebih gemuk.

Kenali Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Sehat

Setelah ibu melahirkan dianjurkan mengkonsumsi vitamin yang cukup. Hal ini berguna untuk membantu memenuhi nutrisi tubuh saat menyusui dan membuat bayi tampak tumbuh optimal.

Biasanya, vitamin yang bisa ibu dapatkan pada makanan seperti buah dan sayur. Bahkan, juga bisa melalui suplemen dan suntikan. Terdapat beberapa vitamin untuk ibu menyusui bayi yang bisa Anda ketahui. Berikut ini macam-macam yang bagus untuk ibu menyusui.

Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang berguna untuk ibu menyusui. Hal ini karena dapat mencegah penyakit tulang lunak dan memperkuat tulang penyebab pembengkokan.

Selain itu, juga bisa menjadi penghambat pertumbuhan tulang pada tubuh. Vitamin D juga bisa diperoleh dari kuning telur, makanan ikan, hati sapi dan susu.

Vitamin C

Vitamin yang digunakan untuk ibu menyusui berikutnya adalah vitamin C. Mengonsumsi vitamin C bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan bayi serta melancarkan ASI.

Untuk dosis harian vitamin C bagi ibu menyusui sekitar 120 mg per hari. Vitamin C dapat diperoleh dari mengkonsumsi tomat, jeruk, kiwi, kentang, strawberry serta suntikan vitamin C.

DHA

DHA merupakan salah satu senyawa omega-3 dan vitamin untuk ibu menyusui agar bayi sehat. DHA bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan tingkah laku, otak, serta kemampuan belajar bayi.

Apalagi biasanya ibu menyusui mengalami kekurangan DHA akibat transmisi vitamin kepada bayi melalui ASI. Oleh sebab itu, alangkah baiknya ibu mengkonsumsi kedelai, ikan, kacang-kacangan dan labu untuk meningkatkan DHA.

Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin selanjutnya untuk ibu menyusui. Vitamin B6 berfungsi sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh bayi, meningkatkan kesehatan mata, rambut, serta hati.

Selain itu, vitamin ini juga bisa mengurangi vasospasme puting ibu yakni penyempitan pembuluh darah. Jadi darah tidak bisa mencapai puting, bahkan menyebabkan lecet dan rasa nyeri.

Vitamin B6 bisa diperoleh dari bayam, susu, wortel, dan telur. Selain bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, Anda bisa pijat laktasi bisa memperlancar peredaran darah serta mengurangi nyeri saat menyusui.

Sementara itu, pijat bayi juga dibutuhkan untuk meningkatkan mood dan menambah nafsu makan bayi. Anda dapat langsung membeli buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk. (ditulis oleh SA untuk drzuhdy.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini