Home Info Kesehatan Hernia Cara Mengobati Hernia Secara Alami

Cara Mengobati Hernia Secara Alami

0
44
Cara Mengobati Hernia Secara Alami
Cara Mengobati Hernia Secara Alami. Sumber gambar: my.clevelandclinic.org

Pengobatan hernia tanpa prosedur operasi masih bisa diusahakan. Cara mengobati hernia secara alami dapat dijalankan bila hernia belum sampai kepada derajat yang berat. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalani pengobatan hernia tanpa operasi.

Memahami Apa Itu Hernia

Sebelum kita membahas apa saja pengobatannya, alangkah lebih baik kita memahami apa sebenarnya hernia itu. Hernia atau dikenal orang awam sebagai turun berok adalah tonjolan organ (khususnya usus) pada permukaan tubuh disebabkan kelemahan jaringan atau otot yang melindunginya. Hernia yang berat dapat menimbulkan susah buang air besar dan nyeri di lokasi terjadinya hernia. Pada kasus yang darurat biasanya dianjurkan untuk dilakukan prosedur operasi.

Sudah disebutkan di atas bahwasanya hernia muncul karena kelemahan jaringan atau otot. Kelemahan ini dipicu oleh berbagai macam faktor, semisal bawaan dari lahir, menderita batuk yang kronis (batuk lama), sering mengalami sembelit, kerap mengangkat benda-benda yang berat, hingga riwayat cedera jaringan atau otot area perut.

Jenis-Jenis Hernia

  1. Hernia inguinalis
    • Hernia ini muncul bilamana usus atau jaringan di dalam rongga perut menonjol ke area inguinal (selangkangan). Jenis ini kerap dialami oleh orang dewasa (terutama usia lanjut) dan anak. Kaum pria lebih sering terkena dibandingkan dengan para wanita.
  2. Hernia umbilikalis
    • Hernia ini timbul bilamana usus atau jaringan di dalam perut menonjol ke area sekitaran pusar. Hernia jenis ini sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Hernia ini bisa sembuh dengan sendirinya pada saat anak berumur 1 sampai 2 tahun. Hal ini seiring dengan pertumbuhan otot-otot dinding perut.
  3. Hernia hiatus
    • Hernia ini muncul ketika sebahagian lambung masuk dan menonjol ke rongga dada melewati diafragma. (Diafragma adalah otot yang membatasi rongga dada dan rongga perut). Hernia jenis ini kerap dialami oleh individu yang berumur lebih dari 50 tahun. Anak-anak yang mengalami hernia hiatus ini biasanya disebabkan oleh kelainan bawaaan.
  4. Hernia lainnya seperti hernia femoralis, insisional, epigastrik, spigelia, dan diafragma.

Tips Cara Mengobati Hernia Secara Alami

Nah, sesuai dengan judul kami akan bagikan apa saja tips perawatan hernia secara alami. Namun, kembali kami ingatkan bahwasanya tips ini boleh dilakukan pada hernia berderajat ringan dan telah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Adapun tips-tips adalah sebagai berikut.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Penerapan pola makan yang sehat dapat mengurangi perkembangan hernia menjadi ke arah yang lebi parah. Dianjurkan untuk menghindari makan dalam jumlah yang besar, menjaga berat badan ideal, dan jangan membungkuk atau berbaring setelah makan. Ketiga anjuran ini akan menurunkan tekanan pada rongga perut sehingga mengurangi beban kerja otot-otot pelindung usus sehingga kemungkinan kekambuhan hernia akan berkurang.

Jangan Terlalu Sering Mengejan

Pasien yang terlampau sering mengejan ketika proses BAB akan memperparah derajat hernia. Mengapa? Oleh karena aktivitas mengejan akan meningkatkan tekanan di dalam rongga perut sehingga memberikan beban yang lebi besar ke dinding rongga perut.

Oleh sebab itu, silahkan konsumsi air putih dan makanan berserat yang cukup untuk melancarkan proses buang air besar. Jangan tinggalkan buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian dalam setiap menu makan harian Anda. Jangan biasakan menahan-nahan buang air besar karena hal itu dapat memicu terkadinya konstipasi.

Baca juga: Bahaya Tidak BAB Seminggu

Berolahraga Jenis Tertentu Dengan Rutin

Olahraga bisa mengurangi berat badan menjadi lebih ideal sehingga mengurangi gejala hernia. Kegiatan olahraga juga akan membantu menguatkan otot-otot di sekitar lubang hernia.

Namun, perlu dipahami bahwasanya olahraga yang bersifat angkat berat atau meningkatkan tekanan pada rongga perut justru akan memperparah derajat hernia. Olahraga yang aman untuk pasien hernia adalah berenang, bersepeda, yoga, joging, dan jalan kaki.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Bilamana pasien memiliki hernia hiatus maka direkomendasikan untuk meminum obat-obatan untuk lambung. Beberapa diantaranya adalah antasida, penghambat reseptor H2, dan penghambat pompa proton. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi keluhan asam lambung naik yang sering muncul pada hernia jenis ini. Untuk contoh obat dan dosis obat silahkan berkonsultasi secara langsung dengan dokter.

Pada jenis hernia yang lain, pemberian obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) bisa dipertimbangkan untuk meredakan keluhan. Namun, akan sangat bijak bila menanyakannya ke dokter terlebih dahulu.

Mengelola Stres dan Emosi

Adakah hubungan antara stres/ emosi dengan kekambuhan hernia? Jawabannya ya. Mengapa? Stres yang tidak dikelola dengan baik atau tingkat emosi yang tidak terkontrol akan cenderung meningkatkan tekanan pada rongga perut. Sudah sama-sama kita ketahui bahwasanya tekanan yang tinggi ini akan mencetuskan kekambuhan hernia.

Memakai Celana Hernia

Pada kasus hernia inguinalis, pemakaian celana hernia bisa jadi pertimbangan. Celana hernia ini akan bertindak sebagai penopang tambahan sementara terhadap tekanan dinding perut. Hal ini bertujuan untuk memperparah derajat hernia.

Namun, perlu dipahami bahwasanya celana ini tidak menyembuhkan hernia. Banyak masyarakat awam yang salah kaprah mengenai tujuan pengobatan celana hernia. Pengobatan hernia yang definitif adalah prosedur operasi.

Nah, itu tadi 6 tips cara mengobati hernia secara alami yang bisa Anda lakukan pada kasus hernia derajat ringan dan telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

  • Sumber:
    • Öberg, S., Andresen, K., & Rosenberg, J. (2017). Etiology of Inguinal Hernias: A Comprehensive Review. Frontiers in Surgery. 4, pp. 52.
    • Cleveland Clinic (2018). Hernia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here