Bahaya Tidak BAB Seminggu

0
237
bahaya tidak BAB seminggu
Ilustrasi susah buang air besar

Bahaya tidak BAB seminggu dapat menimbulkan berbagai penyakit. Rasa tidak nyaman di perut dapat timbul karenanya. Buang air besar adalah aktivitas yang seharusnya terjadi secara rutin atau dalam frekuensi tertentu pada setiap orang. Selain penyakit, tidak bisa BAB dapat menimbulkan gangguan fungsi organ.

Susah buang air besar dapat terjadi karena berbagai faktor yang secara garis besar adalah akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Pada beberapa kasus, susah buang air besar diakibatkan karena stress, pengaruh obat-obatan, serta kebiasaan menunda buang air besar.

Berbagai penanganan dapat Anda lakukan baik secara alami maupun dengan cara lain untuk dapat mencegah atau bahkan mengobati penyakit yang terjadi karena sulit BAB selama berhari-hari. Pada intinya pola hidup sehat adalah hal terpenting yang bisa Anda lakukan.

Bahaya Tidak BAB Seminggu Menimbulkan Penyakit

Berbagai penyakit dapat ditimbulkan karena tidak bisa BAB. Wasir adalah salah satunya. Penyakit ini timbul pada saluran penghubung anus dan usus besar. Pembuluh darah vena pada area anus menjadi bengkak atau radang. Mengejan terlalu lama saat BAB dapat menjadikan wasir.

Mengejan yang terlalu lama dikarenakan feses susah keluar karena tertimbun akibat tidak bisa BAB selama berhari hari. Wasir dapat membuat BAB berdarah dan terasa sakit. Selain wasir, penyakit lain yang muncul adalah hernia di mana sisa makanan di perut tertimbun dan menjadi beban organ tubuh.

Hal tersebut karena berhari-hari tidak BAB dan sisa makanan sangat banyak di pencernaan. Hernia ditandai dengan benjolan di perut dan dapat mengeras. Berdasarkan penelitian dari Amerika Serikat, seseorang yang sulit BAB dapat terkena risiko gagal ginjal.

Bahaya tidak BAB seminggu tersebut menjadikan makanan yang tertimbun di pencernaan menjadi kotoran dan racun-racunnya tidak dapat keluar sehingga meracuni organ tubuh yang lain. Selanjutnya adalah gangguan jantung. Orang yang memiliki riwayat sakit jantung, berisiko tinggi terserang jantungnya karena BAB yang tidak lancar.

Mengejan yang terlalu keras saat BAB dapat berakibat fatal bagi jantungnya. Sulit BAB juga bisa menyebabkan radang usus karena kotoran yang mengendap di pencernaan membuat usus bengkak. Bahkan pada kondisi yang parah dapat berakibat timbulnya tumor dan kanker usus.

Bahaya Tidak Buang Air Besar Seminggu Dapat Dicegah dengan Hidup Sehat

Sebelum menderita akibat sulit BAB, Anda bisa melakukan pencegahan. Anda dapat mencoba untuk merendam tubuh Anda di air larutan garam inggris. Garam inggris atau garam epsom dapat menjadi magnesium sulfat jika dicampur air. Larutan garam tersebut bisa meresap ke tubuh dan mempermudah gerak usus pencernaan.

Untuk mencegah bahaya tidak BAB seminggu, Anda hanya perlu melarutkan 3 hingga 4 sendok makan garam epsom ke bak mandi yang telah di isi air hangat. Selain berendam, Anda juga bisa meminum air larutan garam. Cukup dengan mencampurkan 6 sendok teh garam epsom dengan 250 ml air putih.

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat salah satunya untuk membuat tinja menjadi lunak. Anda bisa mencampur segelas air susu atau air jeruk dengan satu sendok makan minyak zaitun. Minyak zaitun juga bisa dicampur dengan salad.

Cara ini tidak disarankan untuk wanita hamil dan juga anak-anak tanpa konsultasi ke dokter. Mengonsumsi banyak serat juga sangat berguna untuk memperlancar BAB. Dengan serat yang cukup, maka tinja dapat bergerak lebih cepat. Anda dapat memperoleh serat dari sayuran dan buah segar, roti, maupun gandum.

Mengonsumsi serat harus bertahap tidak boleh langsung banyak karena bisa menjadikan perut kembung. Terakhir, Anda bisa berolahraga secara rutin dan minum banyak air putih serta tidak menunda BAB. Minum air putih 8 gelas setiap hari bisa mencukupi cairan di tubuh dan memperlancar BAB.

Olahraga rutin misalnya berjalan kaki 15 – 30 menit per hari dapat menyehatkan pencernaan dan melancarkan BAB. Jangan lupa pula untuk tidak menunda waktu buang air besar Anda. Biasakan untuk BAB saat Anda memang sudah merasa harus melakukannya dan jangan menahannya.

Meskipun susah BAB dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, namun hal tersebut masih dapat Anda cegah dengan pola hidup sehat dan membiasakan diri untuk disiplin mengenai waktu BAB agar rutin. Anda juga bisa mengonsumsi obat tertentu untuk mengobati bahaya tidak BAB seminggu.

Sumber: penulis tamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here