Home Info Kesehatan Herbal Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kunyit

Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kunyit

0
136
Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kunyit
Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kunyit. Gambar oleh: Steve Buissinne dari Pixabay Free License

Artikel kali ini akan membahas pertanyaan dari pembaca tentang bagaimana cara mengobati usus buntu dengan kunyit. Bagi Anda yang pernah mendengar tentang hal ini dan masih bingung maka silahkan membaca ulasan di bawah ini agar lebih jelas.

Pertanyaan

Salam Dok, saya ingin bertanya. Adik saya mengalami penyakit radang usus buntu kronis setelah didiagnosis dokter. Saat ini sedang minum obat antibiotika, tetapi dokter menyarankan untuk dilakukan operasi. Kata teman saya kunyit bisa dijadikan obat untuk penyakit radang usus buntu yang dialami oleh adik saya. Bagaimana kira-kira menurut dokter? Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban

Pertama sekali kami ucapkan terima kasih atas pertanyaan yang dilayangkan para pembaca ke redaksi kami. Kami akan menjawab pertanyaan sesuai dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak kalangan.

Manfaat Kunyit Bagi Masalah Saluran Pencernaan

Kunyit memang telah lama dipercaya memiliki sifat antiradang dan antiseptik yang dibutuhkan pada kasus peradangan usus buntu (dalam bahasa medis dikenal dengan istilah appendisitis). Namun, belum ada penelitian yang khusus menerangkan tentang kuatnya hubungan dan efek kegunaan penggunaan kunyit terhadap kesembuhan appendisitis.

Salah satu penelitian yang menunjukkan begitu bermanfaatnya tanaman kunyit terhadap masalah saluran pencernaan adalah penelitian yang berjudul Efficacy of turmeric in the treatment of digestive disorders: a systematic review and meta-analysis protocol yang dilakukan oleh Kednapa Thavorn dkk. Hasil penelitian ini dapat Anda cari di situs https://www.ncbi.nlm.nih.gov/ dengan langsung mengentri judul penelitian.

Dalam penelitian ini didapatkan bahwasanya beberapa masalah saluran pencernaan semisal dispepsia, ulkus peptikum, irritable bowel syndrome, dan irritable bowel disease menunjukkan respon yang positif dengan tampilan perbaikan klinis dan hasil pemeriksaan.

Dalam penelitian ini tidak dijelaskan secara khusus bagaimana dampak pengobatan menggunakan kunyit terhadap salah satu masalah pencernaan lainnya yaitu radang usus buntu. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, kami menyimpulkan bahwasanya kunyit memang memiliki implikasi klinis yang signifikan terhadap appendisitis. Kunyit dapat dijadikan obat alternatif yang aman, tidak mahal, dan penuh manfaat.

Namun, penggunaan dalam dunia kedokteran membutuhkan penelitian lanjutan yang berfokus kepada hal tersebut. Kami yakin bila telah menjadi obat herbal terstandar maka akan banyak diproduksi jenis obat-obatan yang mengandung kunyit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Biduran Selamanya

Langkah Pengobatan Usus Buntu Dengan Kunyit

Beranjak dari penjelasan di atas maka pengobatan radang usus buntu yang dialami oleh adik Anda maka bisa menjadikan kunyit sebagai terapi alternatif. Ingat, kami tekankan kembali sebagai obat alternatif.

Kami menganjurkan untuk mengikuti saran terapi dari dokter yang merawat pasien. Hal ini dikarenakan dokter yang merawat akan lebih mengerti tentang kondisi pasien seutuhnya. Berdasarkan pengobatan yang diberikan, kami menilai bahwa penyakit dalam kondisi meradang (tidak dalam keadaan tenang) sehingga pemakaian antibiotika adalah hal yang tepat untuk menormalkan peradangan. Anjuran prosedur operasi apendektomi dapat dipertimbangkan untuk menghindari kekambuhan peradangan.

Namun, walaupun begitu berikut ini kami bagikan bagaimana cara menyajikan kunyit sebagai obat untuk penyakit radang usus buntu. Berikut ini caranya:

  1. Ambil beberapa potong kunyit lalu kupas hingga bersih dari kulitnya.
  2. Cuci hingga bersih kunyit yang telah dikupas untuk menghilangkan kotoran dan tanah.
  3. Parut kunyit hingga halus
  4. Seduh parutan kunyit dengan air hangat (kira-kira setengah gelas)
  5. Peras seduhan lalu diamkan beberapa saat.
  6. Setelah didiamkan dan terbentuk endapan maka silahkan minum pada bagian atasnya saja.
  7. Anda dapat mencampurkannya juga dengan madu untuk menambah rasa
  8. Silahkan rutin meminum minuman ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Nah, itu tadi ulasan tentang bukti manfaat dan bagaimana cara mengobati usus buntu dengan kunyit yang sangat mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

Info bermanfaat lain: Kandungan Kimia Lidah Buaya Untuk Kesehatan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here