Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda untuk Kesehatan

0
149
Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda

Saat ini banyak orang yang masih berusia muda mengalami hipertensi, kira-kira bagaimana cara menurunkan darah tinggi di usia muda wajib diketahui? Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang dewasa bahkan lansia ini juga saat ini rentan menyerang anak muda.

Salah satu penyebab semakin rentannya menyerang anak muda antara lain gaya hidup masyarakat yang tidak sehat. Tidak hanya itu, masih banyak lagi penyebab lainnya yang membuat anak muda mengalami hipertensi.

Seseorang dikatakan mengalami darah tinggi usia 17 tahun atau lebih ketika tekanan darahnya sudah melebih 140 mmHg. Berikut ini cara-cara untuk menurunkannya agar bisa menjaga tekanan darah kembali norma dan menjaga kesehatan dengan baik.

Penyebab Darah Tinggi pada Usia Muda

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang yang masih muda mengalami hipertensi atau darah tinggi. Berikut ini beberapa penyebab darah tinggi pada usia muda yang wajib diketahui untuk bisa mengurangi risikonya.

1. Stress

Stress dapat menyebabkan hormon-hormon dalam tubuh menjadi mengalami perubahan. Selain menimbulkan gejala darah tinggi, dalam kondisi stres juga akan menjadi potensi ancaman datangnya jenis penyakit lainnya.

2. Pola makan

Selanjutnya yang jadi penyebab lainnya dari munculnya hipertensi adalah pola makan yang buruk. Pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda, jangan terlalu banyak makan makanan berlemak, cepat saji, jeroan, dan gorengan.

3. Obesitas

Berat badan berlebih atau obesitas jadi penyebab dari darah tinggi selanjutnya yang harus diwaspadai. Obesitas yang dialami akan memunculkan resistensi insulin atau menolak insulin untuk bantu gula darah masuk dalam sel tubuh.

Sehingga akan menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh seperti gangguan pada pembuluh darah dan tertahannya natrium yang ada pada dalam tubuh manusia. Untuk itu, Anda sebaiknya memperhatikan ini.

Inilah Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda

Beberapa penyebab itu harus dihindari agar mengurangi risiko terkena hipertensi di usia muda. Tetapi jika sudah mengalaminya, ada beberapa tips untuk Anda agar bisa menurunkan darah tinggi pada usia muda.

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Setelah mengetahui obesitas jadi salah satu penyebab darah tinggi. Menjaga berat badan tetap ideal sangat baik untuk bisa menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah mengalami hipertensi dan masalah kesehatan lainnya.

2. Tidur yang cukup

Tidur dengan durasi waktu yang ideal akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, karena jika Anda mengalami kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga hipertensi bahkan stroke. Durasi tidur yang ideal adalah 7 sampai dengan 8 jam.

3. Pola makan yang sehat

Menerapkan pola makan yang sehat jadi salah satu cara untuk menurunkan darah tinggi yang sangat penting. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran segar dan menghindari makanan yang memiliki tinggi lemak.

Karena makanan yang memiliki tinggi lemak akan menyumbat pembuluh darah dan juga mempererat kerja jantung, semakin berat kerja jantung akan semakin meningkatkan tekanan darah dan Anda akan mengalami hipertensi.

4. Berolahraga

Aktivitas fisik akan membantu Anda menjaga pola hidup yang sehat dan berat badan tetap ideal. Orang dewasa akan disarankan untuk berolahraga setidaknya 2 jam sehari, sedangkan untuk usia muda yang mengalami hipertensi disarankan aktivitas fisik selama 1 jam sehari.

Keempat cara ini dapat membantu Anda menurunkan hipertensi dan mencegahnya untuk kambuh kembali. Karena jika tidak terkontrol dan membiarkannya, hipertensi akan berisiko menyebabkan penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, ginjal hingga stroke. (drzuhdy.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini