makanan yang mengandung vitamin a b c d e k

0
83

Halo Sobat Drzuhdy.com! Vitamin merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin A, B, C, D, E, dan K. Setiap vitamin memiliki perannya masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas makanan yang mengandung vitamin A B C D E K. Yuk, simak selengkapnya!

Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin A:

  1. Wortel
  2. Wortel merupakan sumber vitamin A yang paling terkenal. Satu buah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 200% dari kebutuhan harian vitamin A kita.

  3. Pisang
  4. Pisang juga mengandung vitamin A. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 10% dari kebutuhan harian vitamin A kita.

  5. Mangga
  6. Mangga juga mengandung vitamin A. Satu buah mangga ukuran sedang mengandung sekitar 25% dari kebutuhan harian vitamin A kita.

Vitamin B

Vitamin B terdiri dari beberapa jenis, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin B:

  1. Telur
  2. Telur merupakan sumber vitamin B yang lengkap. Satu butir telur mengandung sekitar 20-25% dari kebutuhan harian vitamin B kita.

  3. Ikan
  4. Ikan juga mengandung vitamin B. Beberapa jenis ikan yang kaya akan vitamin B adalah salmon, tuna, dan sarden.

  5. Kacang-kacangan
  6. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang hijau juga mengandung vitamin B.

Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin C:

  1. Jeruk
  2. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling terkenal. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 90-100% dari kebutuhan harian vitamin C kita.

  3. Stroberi
  4. Stroberi juga mengandung vitamin C. Satu cangkir stroberi mengandung sekitar 150% dari kebutuhan harian vitamin C kita.

  5. Paprika merah
  6. Paprika merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah paprika merah ukuran sedang mengandung sekitar 170% dari kebutuhan harian vitamin C kita.

Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin D:

  1. Susu
  2. Susu mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Satu gelas susu ukuran sedang mengandung sekitar 20% dari kebutuhan harian vitamin D kita.

  3. Ikan salmon
  4. Ikan salmon juga mengandung vitamin D. Satu porsi ikan salmon ukuran sedang mengandung sekitar 100% dari kebutuhan harian vitamin D kita.

  5. Telur
  6. Telur juga mengandung vitamin D. Satu butir telur ukuran sedang mengandung sekitar 6% dari kebutuhan harian vitamin D kita.

Vitamin E

Vitamin E berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan melawan radikal bebas. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin E:

  1. Kacang-kacangan
  2. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mede, dan kacang hazelnut mengandung vitamin E yang cukup tinggi.

  3. Biji bunga matahari
  4. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin E. Satu ons biji bunga matahari mengandung sekitar 30% dari kebutuhan harian vitamin E kita.

  5. Minyak zaitun
  6. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 10% dari kebutuhan harian vitamin E kita.

Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam menjaga kesehatan pembekuan darah. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin K:

  1. Kubis
  2. Kubis merupakan sumber vitamin K yang cukup tinggi. Satu cangkir kubis mengandung sekitar 100% dari kebutuhan harian vitamin K kita.

  3. Kale
  4. Kale juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Satu cangkir kale mengandung sekitar 135% dari kebutuhan harian vitamin K kita.

  5. Bayam
  6. Bayam juga mengandung vitamin K. Satu cangkir bayam mengandung sekitar 50% dari kebutuhan harian vitamin K kita.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa makanan yang mengandung vitamin A B C D E K. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh kita dan menjaga kesehatan secara optimal. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan yang seimbang dan sehat ya, Sobat Drzuhdy.com!

PertanyaanJawaban
Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin A?Jika tubuh kekurangan vitamin A, maka dapat terjadi masalah pada mata dan kulit, serta melemahnya sistem kekebalan tubuh.
Bagaimana cara mendapatkan vitamin B12?Vitamin B12 banyak terdapat pada produk hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu. Namun, bagi yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan, dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 melalui suplemen atau makanan yang difortifikasi dengan vitamin B12.
Mengapa vitamin D penting bagi kesehatan tulang dan gigi?Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfor, yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Drzuhdy.com!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini