Home Asam Lambung Heartburn Penyebab Heartburn (Mulas Atau Dada Terasa Panas Seperti Terbakar)

Penyebab Heartburn (Mulas Atau Dada Terasa Panas Seperti Terbakar)

0
561
penyebab heartburn dada terasa panas seperti terbakar
Simak apa saja penyebab heartburn - dada terasa panas seperti terbakar pada artikel ini

Apa saja penyebab heartburn? DrZuhdy.com. Pernahkah Anda mengenal istilah heartburn? Pernah Anda bertanya dada terasa panas seperti terbakar gejala penyakit apa? Heartburn artinya adalah sensasi panas pada dada terasa terbakar. Ini merupakan keluhan atau gejala yang secara umum berkaitan dengan penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Heartburn yang terjadi dengan frekuensi kurang dari 1 kali dalam seminggu belumlah menjadi pertanda penyakit. Jadi, tidak semua penyakit yang mengakibatkan heartburn adalah GERD. Untuk memahami hal tersebut, silahkan baca pada tautan ini: Heartburn biasa atau gejala asam lambung naik?

Penyebab Heartburn Yang Perlu Diketahui

Terkadang heartburn dianggap sebagai gejala serangan jantung. Padahal ini adalah dua penyakit yang berbeda. Untuk memahami hal tersebut maka silahkan baca pada tautan ini: Heartburn Adalah Gejala Mirip Serangan Jantung.

Nah, pada artikel ini kami akan mengulas lengkap tentang apa saja yang menyebabkan gejala heartburn atau mulas ini. Anda harus membaca keseluruhan faktor penyebab agar mudah memahami apa saja yang dapat mencetuskan kekambuhan mulas ini.

Back

1. Kelebihan Berat Badan dan Obesitas

heartburn dan gerd akibat kegemukan

Cairan asam lambung yang kembali naik ke kerongkongan bisa menyebabkan heartburn (mulas). Ini adalah gejala dari penyakit asam lambung (refluks gastroesofageal/ GERD). Penyakit ini terjadi bilamana sfingter esophagus (otot yang ditemukan di bagian bawah saluran kerongkongan) mengendur secara tidak normal atau melemah.

Sfingter esofagus bagian bawah (lower esophageal sphingter/ LES) berfungsi sebagai katup, membuka untuk memungkinkan makanan dan cairan masuk ke dalam lambung dan menutup untuk menjaga asam dan partikel lain mengalir kembali naik ke atas ke kerongkongan.

Mengapa Berat Badan Berlebih Menyebabkan Heartburn?

Saat Anda makan makanan berlemak, dalam posisi berbaring, membungkuk atau memiliki berat badan berlebih, tekanan pada otot sfingter bisa menyebabkan nya sedikit terbuka dan memungkinkan asam mengalir kembali ke kerongkongan Anda.

Penelitian telah mengungkapkan bahwasanya pasien yang kehilangan 5 sampai 10% dari kelebihan berat badan nya akan mengalami gejala heartburn yang lebih jarang. Sebuah studi melakukan analisis kepada 10.000 wanita, menemukan bahwasanya penambahan berat badan sebanyak 10 sampai 20 pon bisa menaikkan risiko gejala sakit maag 3 kali lipat. Kemudian terdapat 40% penurunan resiko heartburn saat berat badan diturunkan.

Namun, jangan salah paham dengan berpikiran bahwa menurunkan berat badan maka pasti gejala heartburn tidak lagi muncul. Terdapat banyak penyebab lainnya seperti yang dijelaskan di bawah ini. Bilamana Anda tetap merasakan heartburn walaupun telah memiliki berat badan ideal, maka berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Back

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here