Beranda Informasi Obat Omeprazole Omeprazole Adalah Antasida Yang Bekerja Dengan Cara Sama?

Omeprazole Adalah Antasida Yang Bekerja Dengan Cara Sama?

0
120
omeprazole adalah antasida yang bekerja dengan cara
Ilustrasi omeprazole dan antasida

Ada yang bertanya seperti ini, betulkah omeprazole adalah antasida yang bekerja dengan cara menekan produksi asam? Apakah Anda termasuk di dalamnya? Yuk kita bahas agar lebih paham.

Mengenal Antasida dan Omeprazole

Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka kita harus mengenal dan memahami terlebih dahulu tentang kedua obat ini. Kami akan menjelaskan secara ringkas tentang keduanya. Mari baca dengan seksama.

Antasida

Obat ini sering dikenal juga dengan antacid. Antasida adalah jenis obat yang dipakai untuk menetralisir kadar asam di rongga lambung. Memang sebenarnya asam rongga lambung adalah suatu hal yang normal. Hal ini bertujuan untuk mencerna makanan yang masuk dan membunuh semua bakteri, virus, atau parasit yang masuk.

Namun, bilamana rongga lambung terlalu asam maka keadaan ini justru berbahaya. Hal ini bisa menimbulkan iritasi dan peradangan pada dinding lambung yang menyebabkan timbulnya penyakit maag. Bila tidak ditangani dengan baik maka asam lambung yang tinggi ini juga akan menyebabkan penyakit asam lambung (GERD), tukak lambung, dan lain-lain.

Nah, antasida adalah obat yang bertugas untuk menurunkan kadar cairan asam lambung ini. Obat ini berfungsi seperti ini karena mengandung bahan-bahan seperti:

  • Aluminium hidroksida
  • Kalsium karbonat
  • Magnesium hidroksida
  • Magnecium karbonat
  • Magnesium trisiklat

Pada beberapa produk obat antasida, ada juga ditambahkan dengan bahan simetikon. Bukan tidak ada maksud beberapa pabrik obat menambahkan bahan ini. Simetichone berfungsi untuk meredakan gejala perut kembung akibat produksi gas yang terlampau berlebihan.

Bila kita lihat dari bahan penyusun antasida maka kita akan melihat senyawa yang bersifat basa. Senyawa basa ini memang akan bermanfaat sebagai penetralisir asam. Ringkasnya dalam aturan kimia yaitu asam ditambah basa maka garam hasilnya.

Omeprazole

Omeprazole adalah obat untuk sakit apa? Omeprazole adalah obat yang biasanya digunakan untuk penyakit maag, asam lambung (GERD), tukak lambung, dan gejala heartburn. Obatan ini memiliki indikasi yang sama dengan antasida, akan tetapi dengan cara kerja yang berbeda.

Baca juga: Penyebab heartburn

Obat ini termasuk kelompok penghambat pompa proton (proton pump inhibitor/ PPI). Obat ini berfungsi dengan cara berikatan ion H+ atau K+ di sel parietal lambung. Akibat ikatan ini maka pompa proton – yang dalam hal ini adalah enzim ATPase menjadi berubah sehingga proses sekresi asam lambung tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Info lengkap : Omeprazole Obat Apa?

Jadi, Apakah Omeprazole Adalah Antasida Yang Bekerja Dengan Cara Mengurangi Produksi Asam?

Dari penjelasan singkat di atas maka jawabannya adalah tidak. Omeprazole adalah obat golongan PPI dan bukanlah golongan senyawa basa layaknya antasida. Walaupun indikasi penggunaannya kepada penyakit yang hampir sama, akan tetapi kedua jenis obat ini sangat berbeda.

Omeprazole bekerja secara berbeda dengan antasida. Omeprazole bermanfaat mengurangi produksi asam sehingga pada akhirnya jumlah asam lambung menurun. Sementara itu, antasida berguna menetralisir asam lambung tapi tidak menurunkan produksinya. Oleh karena itu, pada waktu beberapa hari kemudian asam lambung dapat tinggi kembali.

Antasida sangat cocok digunakan ketika penyakit sedang kambuh. Hal ini dikarenakan efek penetralisir nya yang cepat. Sementara itu, omeprazole agak sedikit lebih lambat bekerja dibandingkan antasida, akan tetapi efeknya bertahan lebih lama. Oleh karena itu, seringkali dokter memadukan keduanya dalam manajemen pengobatan penyakit pada lambung.

Nah, itu tadi jawaban pertanyaan seputar omeprazole adalah antasida yang bekerja dengan cara menekan produksi asam lambung. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here