Beranda Asam Lambung Perbedaan Asam Lambung dan Maag

Perbedaan Asam Lambung dan Maag

0
139
apa perbedaan asam lambung dan maag
Apa saja perbedaan anatara penyakit asam lambung dan maag?

Apa saja perbedaan asam lambung dan maag itu? Walaupun asam lambung dan maag menunjukkan gejala dan keluhan yang sama, akan tetapi antara keduanya adalah suatu penyakit atau keadaan medis yang berbeda. Penyakit asam lambung adalah suatu keadaan medis yang mana cairan dan isi lambung mengalami refluks atau naik kembali ke kerongkongan (esofagus) atau bahkan sampai ke rongga mulut. Keadaan ini tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan berupa sensasi panas seperti terbakar (heartburn) pada ulu hati dan dada.

Sementara itu, penyakit maag adalah suatu kondisi yang mana ketebalan lapisan lendir pelindung dinding lambung yang menurun sehingga asam lambung mengiritasi dinding lambung tersebut. Penyakit ini biasanya memperlihatkan gejala khas berupa nyeri ulu hati. Bilamana tidak ada penatalaksanaan yang tepat dan cepat tentunya bisa menimbulkan komplikasi yang bersifat serius.

Baca juga: Apakah Sesak Nafas Karena Asam Lambung Sembuh Dengan Sendirinya?

Penyakit Asam Lambung Naik Vs Maag

Sakit maag timbul bilamana dinding lambung mengalami luka. Keluhan akan semakin bertambah parah karena keberadaan asam ambung. Jadi, penyebab maag yang paling utama bukanlah akibat asam lambung. Hal ini tentunya berbeda dengan penyakit asam lambung yang mana gejala kambung bila cairan isi lambung naik dan mengalami refluks keluar dari lambung. Memang kedua penyakit atau kondisi medis ini memperlihatkan gejala yang kebanyakan sama. Namun, Anda harus tahu bahwasanya ada juga perbedaan yang signifikan.

Penyakit maag seringkali memperlihatkan gejala seperti ini:

  • Rasa terbakar pada area pangkal usus (ulu hati), yaitu daerah antara bagian bawah tulang dada dan pusar.
  • Rasa tidak nyaman atau bahkan nyeri sehabis makan (2 atau 3 jam setelah makan).
  • Nyeri ulu hati hingga terbangun pada malam hari.
  • Nyeri perut berkurang setelah meminum obat maag.
  • Terdapat darah pada muntahan atau kotoran saat buang air besar.

Sementera itu, penyakit asam lambung naik umumnya ditunjukkan oleh keluhan rasa asam pada pangkal kerongkongan, batuk-batuk kering, nyeri pada tenggorokan, sulit menelan, mulas yang bisa semakin parah saat konsumsi makanan tertentu atau ketika dalam posisi berbaring atau membungkuk.

Kesimpulan Perbedaan Asam Lambung dan Maag

Jadi, kesimpulannya kedua penyakit tersebut adalah hal yang berbeda walaupun menunjukkan keluhan yang hampir sebagian besar sama. Kami sarankan untuk menemui dokter keluarga Anda untuk memandu menentukan penyakit yang sedang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Makanan Pereda Asam Lambung Naik

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here