Jenis Penyakit Yang Dapat Terjadi Pada Lambung

Jenis Penyakit Yang Dapat Terjadi Pada Lambung
TIpe Penyakit Yang Bisa Timbul Pada Lambung

Apa saja jenis penyakit yang dapat terjadi pada lambung manusia? Ketahui dan pahami pada tulisan ini. Dengan begitu, Anda akan memahami bagaimana cara mencegah dan mengobatinya sedini mungkin.

Lambung adalah organ yang penting yang berfungsi sebagai pemecah makanan dan minuman. Makanan atau minuman yang tidak mendapatkan pengolahan yang baik oleh lambung akan menimbulkan kesulitan bagi organ setelahnya seperti usus halus dan besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung agar tidak terkena penyakit lambung itu sendiri atau penyakit pada organ lain yang berhubungan dengan lambung.

Lambung yang tidak sehat atau mengalami gangguan akan menimbulkan berbagai macam keluhan. Beberapa gejala yang cukup sering muncul antara lain: mual, muntah, nyeri pada ulu hati, kembung, nyeri perut sehabis konsumsi jenis makanan tertentu, hingga perdarahan pada organ dalam. Keadaan ini sudah pasti akan memberikan dampak berupa terganggunya aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan lambung agar tidak terkena beberapa penyakit lambung seperti di bawah ini.

6 Jenis Penyakit Yang Dapat Terjadi Pada Lambung

Berikut ini ada 6 jenis penyakit yang bisa muncul pada organ lambung beserta ulasan ringkasnya. Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

Gastritis

Gastritis adalah penyakit peradangan pada lambung yang disebabkan oleh asam lambung yang sifatnya dapat merusak lapisan pelindung dinding lambung bagian dalam. Dinding lambung pun akan rusak bilamana lapisan pelindung sudah jebol. Gejala yang timbul bila dinding lambung bagian dalam sudah rusak yaitu nyeri pada lambung, peradangan, pendarahan, hingga tukak lambung.

Gastritis atau peradangan lambung ini biasanya diakibatkan oleh konsumsi minuman yang beralkohol dan mengandung kafein secara berlebihan, kerap menderita stres (baik fisik maupun psikis), dan efek samping dari pemakaian obat-obatan (semisal obat antiiflamasi non-steroid atau obat steroid itu sendiri) yang tanpa resep dokter, penyakit infeksi, atau autoimun yang mengenai organ lambung.

Baca juga: Hubungan Antara Asam Lambung dan Kecemasan

Namun, gastritis terkadang tidak menunjukkan gejala atau hanya berupa keluhan ringan. Beberapa keluhan ringan seperti hanya mencetuskan perasaan seperti kembung, kenyang, nyeri ulu hati ringan, dan mual. Keluhan ini biasanya akan bertambah parah seiring dengan pola hidup dan makan yang buruk.

GERD (Gastroesophageal reflux disease)

GERD adalah penyakit refluks asam lambung. Ini adalah suatu keadaan yang mana isi lambung naik ke atas melewati esofagus (kerongkongan) dan bisa mencapai rongga mulut. Keadaan ini akan menimbulkan iritasi pada dinding esofagus dan nyeri pada ulu hati.

Pasien juga akan sering merasakan kembung, rasa asam pada rongga mulut, sensasi panas seperti terbakar pada rongga dada, cegukan, sendawa, batuk yang kering, sampai kesulitan untuk menelan makanan.

Berbagai hal yang dapat meningkatkan kemungkinan munculnya penyakit GERD ini adalah kebiasaan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol, kopi, teh, merokok, tidur atau berbaring sehabis makan, dan berat badan berlebihan (obesitas).

Penanganan yang lambat dan tidak tepat akan berkemungkinan menimbulkan komplikasi yang sifatnya serius. Beberapa diantara komplikasi penyakit GERD ini adalah peradangan, pendarahan, dan penyempitan pada saluran kerongkongan (esofagus). Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang mengiritasi kerongkongan sehingga menimbulkan peradangan dan jaringan parut. Kanker esofagus pun akan bisa muncul bila penatalaksanaan jaringan parut ini diabaikan.

Tukak Lambung

Tukak lambung adalah suatu keadaan dimana terdapat luka pada dinding lambung yang mengakibatkan lapisan lambung mengalami pengikisan. Selain pada lambung, luka ini juga sering timbul pada bagian atas usus halus kecil.

Luka yang terjadi pada lapisan lambung akibat asam lambung yang berlebihan disebut apa?

Luka yang terjadi pada lapisan lambung akibat asam lambung yang berlebihan dikenal dengan nama ulkus. Ini berasal dari kata ulcer. Oleh sebab itu, penyakit ini sering disebut juga dengan ulkus gaster atau ulkus lambung.

Ada dua penyebab tersering timbulnya penyakit ulkus gaster ini. Kedua penyebab tersebut antara lain infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori dan pemakaian obat anti-inflamasi non-steroid dan bahkan steroid itu sendiri dalam periode waktu yang cukup lama.

Kanker Lambung

Kanker lambung adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel-sel kanker pada lapisan lambung. Sel kanker ini biasanya tumbuh secara perlahan dalam waktu tahunan. Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab pasti timbulnya penyakit kanker lambung ini. Namun, beberapa faktor dihubungkan dengannya yaitu: infeksi bakteri Helicobacter pylori, kebiasaan merokok, kegemukan dan obesitas, umur lebih dari 55 tahun, sering konsumsi daging merah, dan kebutuhan serat tidak terpenuhi.

Dispepsia

Dispepsia adalah suatu kumpulan gejala yang timbul sebagai akibat adanya gangguan atau penyakit pada bagian perut atas. Gejala yang paling sering dikeluhkan oleh pasien tukak lambung adalah sakit pada area ulu hati, bersendawa berlebihan, nafsu makan menurun, berat badan menurun, perut kembung atau terasa kurang nyaman khususnya sehabis makan yang banyak mengandung lemak, dan buang air besar berdarah.

Gejala dan keluhan yang dirasakan umumnya berupa mudah kenyang, kurang nyaman pada bagian perut, nyeri pada ulu hati sehabis makan, mual, muntah, atau perut terasa panas. Keadaan dispepsia ini berhubungan dengan penyakit gastritis, tukak lambung, dan kanker lambung. Namun, dispepsia bisa juga timbul bukan lantaran penyakit yang khas tersebut. Nah, keadaan ini sering dikenal dengan dispepsia fungsional.

Dispepsia ini biasanya mudah diterapi dengan menjalankan pola hidup dan makan yang sehat. Namun, bilamana sudah mengalami keluhan muntah darah, sulit menelan makanan, perut menjadi bengkak, dan berat badan yang turun tanpa tahu penyebabnya maka Anda direkomendasikan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Gastroparesis

Gastroparesis adalah suatu kondisi dimana terjadi perlambatan proses pencernaan makanan pada lambung. Keadaan ini terjadi akibat otot-otot lambung tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga fungsi fisiologis pencernaan menjadi terganggu.

Pada umumnya gastroparesis ini disebabkan oleh masalah pada persarafan lambung. Beberapa faktor risikonya yaitu: penderita penyakit diabetes mellitus, gangguan kelenjar tiroid, pernah menjalani prosedur operasi atau terapi radiasi pada saluran cerna, efek samping dari pemakaian obat-obatan tertentu (semisal golongan narkotik).

Penyakit ini bukan hanya akan mempengaruhi aktivitas harian, tetapi juga akan mengganggu proses pencernaan dan penyerapan zat gizi dari makanan. Oleh karena itu, pencegahan penyakit metabolik (diabetes) sedini mungkin dan pola hidup sehat adalah hal yang utama.

Nah, itu tadi 6 jenis penyakit yang dapat terjadi pada lambung manusia, khususnya yang memiliki risiko tinggi. Pencegahan sedini mungkin adalah pengobatan yang terbai. Semoga bermanfaat.