Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas

0
170
Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas
Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas
Contoh Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas UKM untuk dokumen akreditasi puskesmas.
DAPATKAN DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS VERSI 5 BAB 2023 LENGKAP : FILE SK, PEDOMAN, PANDUAN, KAK, SOP, & TELUSUR YANG SUDAH TERSUSUN RAPI SETIAP EP (ELEMEN PENILAIAN), HUBUNGI WA : 081269397431

Contoh RPK Puskemas (Rencana Pelaksanaan Kegiatan)

BAB I PENDAHULUAN 
A. LATAR BELAKANG 
Puskesmas adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Puskesmas berfungsi sebagi penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat serta pusat pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat.
Upaya kesehatan yang diselenggarakan puskesmas sesuai dengan Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, adalah meliputi 1) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama terdiri dari upaya esensial dan pengembangan, serta 2) Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama.
Upaya kesehatan masyarakat esensial sebagaimana dimaksud meliputi:
a. Pelayanan promosi kesehatan;
b. Pelayanan kesehatan lingkungan;
c. Pelayanan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana;
d. Pelayanan gizi; dan
e. Pelayanan pencegahan dan pengendalian  penyakit.
Sedangkan upaya kesehatan masyarakat pengembangan merupakan upaya kesehatan masyarakat yang  kegiatannya memerlukan upaya yang sifatnya inovatif dan/atau bersifat ekstensifikasi dan intensifikasi pelayanan,  disesuaikan dengan prioritas masalah kesehatan, kekhususan wilayah kerja dan potensi sumber daya yang tersedia di masing-masing puskesmas.
Sedangkan upaya kesehatan perorangan meliputi rawat jalan, pelayanan gawat darurat, pelayanan satu hari, home care dan atau rawat inap berdasarkan kebutuhan pelayanan kesehatan.
Agar upaya kesehatan terselenggara dengan optimal, maka puskesmas harus melaksanakan manajemen dengan baik. Manajemen puskesmas terdiri dari perencanaan, pelaksanaaan dan pengendalian, serta pengawasan dan pertanggungjawaban.
Perencanaan tingkat puskesmas disusun untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di wilayah kerja puskesmas. Perencanaan disusun untuk kebutuhan satu tahun agar puskesmas dapat melaksanakan secara efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.
B. TUJUAN
Tersusunnya rencana pelaksanaan kegiatan (RPK) Puskesmas Tembelang tahun 2019.
C. MANFAAT
  • Perencanaan dapat memberikan acuan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan secara efektif dan efisien.
  • Perencanaan memudahkan pengawasan dan pertanggungjawaban.
  • Perencanaan dapat mempertimbangkan hambatan, dukungan dan potensi yang ada.
D. PENGERTIAN
Perencanaan adalah suatu proses yang urut yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara berhasil guna dan berdaya guna.
Perencanaan yang disusun ini adalah RPK tahun 2019.
E. RUANG LINGKUP
Perencanaan tingkat puskesmas disusun melalui 4 tahap yaitu :
  1. Tahap persiapan
  2. Tahap analisa situasi
  3. Tahap penyusunan RUK
  4. Tahap penyusunan RPK
F. VISI, MISI DAN TATA NILAI PUSKESMAS
Puskesmas Tembelang adalah salah satu Unit Pelayanan Teknis Daerah dimana Puskesmas Tembelang merupakan perpanjangan tangan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dalam upaya menjalankan kebijakan pembangunan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan Tembelang.
Agar puskesmas dapat bekerja dengan baik, searah dan sesuai dengan kebijakan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang maka Puskesmas Tembelang pada tahun 2019 memiliki visi dan misi baru yang menyesuaikan dengan visi misi Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.
VISI
Terwujudnya Kecamatan Tembelang Sehat
MISI 
  1. Mengoptimalkan penyelenggaraan upaya kesehatan.
  2. Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana Puskesmas sesuai standar.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  4. Meningkatkan mutu manajemen Puskesmas.
MOTTO
“Terdepan dalam Pelayanan”
TATA NILAI 
  • TER : Terstandar
  • DE  : Berdedikasi
  • PAN  :Terpantau

DAPATKAN DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS VERSI 5 BAB 2023 LENGKAP : FILE SK, PEDOMAN, PANDUAN, KAK, SOP, & TELUSUR YANG SUDAH TERSUSUN RAPI SETIAP EP (ELEMEN PENILAIAN), HUBUNGI WA : 081269397431

Nah, itu tadi Contoh Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas UKM untuk dokumen akreditasi puskesmas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Contoh Rencana Strategis Puskesmas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini