Home Info Kesehatan Kesehatan Kulit Tips Mengatasi Biduran dengan Cara Alami dan Memakai Obat

Tips Mengatasi Biduran dengan Cara Alami dan Memakai Obat

0
23
obat biduran
obat biduran - pixabay

Biduran merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering sekali dialami oleh banyak orang, mereka biasanya mengatasi hal tersebut dengan cara meminum obat biduran. Masalah yang terkadang dialami oleh kulit ini biasanya datangnya secara tiba-tiba, dan sering membuat kebingungan para penderitanya karena tidak tahu penyebabnya.

Masalah kulit ini sering sekali mengganggu karena akan membuat merasa tidak nyaman. Mengatasinya bisa menggunakan obat biduran alami yang sering ada di rumah maupun menghindari penyebab terjadinya alergi tersebut. Biasanya jika biduran ini terjadinya lebih kronis maka akan membutuhkan obat biduran paling ampuh yang umumnya akan diresepkan oleh para dokter supaya nantinya tidak akan mudah kambuh.

Cara Mengatasi Biduran yang Wajib Diketahui

Untuk mengatasi biduran ini, mungkin kebanyakan orang akan mencari incidal obat biduran di apotik untuk bisa meredakan reaksi alergi tersebut. Namun selain itu, tahukah kamu jika masih ada beberapa cara mengatasi biduran dengan menggunakan bahan alami maupun obat biduran.

1. Pakai kompres dingin

Ada cara paling mudah untuk mengatasi biduran yang masih dalam tahap ringan yang sangat mudah untuk dilakukan jika berada di rumah, yaitu hanya dengan melakukan kompres menggunakan air dingin. Kompres air dingin ini bisa lebih membantu dalam mengatasi iritasi pada kulit. Cara mengaplikasikannya juga lebih mudah dan praktis. Kami hanya harus menyiapkan es batu yang sudah dibungkus menggunakan handuk dan mengoleskannya pada area yang biduran.

2. Mandi memakai larutan yang bisa menghilangkan gatal di kulit

Ketika anak sedang mengalami biduran biasanya orang tua akan kebingungan untuk mencari obat biduran anak sirup di apotik. Namun jika biduran pada anak masih dalam tahapan ringan, maka bisa menghilangkannya secara alami dengan cara mandi menggunakan produk yang khusus untuk bisa menghilangkan rasa gatal tersebut.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan, misalnya saja oatmeal koloid beserta soda kue bisa dimanfaatkan untuk campuran air mandi yang bisa mengurangi rasa gatal. Sebelum menggunakan produk yang tertentu lebih baik lakukan pengujian terlebih dahulu pada kulit. Jika nantinya tidak ada reaksi alergi, maka aman untuk digunakan.

3. Memakai obat biduran yang alami

Apabila berbagai cara obat biduran anak tradisional di atas sudah dicoba tetapi masih tidak memberikan hasil yang baik, maka kamu bisa mencoba memberikan obat biduran alami. Misalnya saja bisa menggunakan krim yang memiliki kandungan witch hazel. Kandungan tanin yang ada dalam witch hazel bisa membantu dalam meredakan iritasi di kulit.

Lidah buaya ini bisa untuk digunakan sebagai obat biduran alami. Formula yang ada dalam lidah buaya ini bisa untuk bertindak sebagai agen anti peradangan yang bisa mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

4. Menjaga kondisi tubuh supaya tetap dingin

Obat biduran untuk ibu menyusui, mungkin akan lebih sulit untuk ditemukan tetapi ada cara alami yang bisa dilakukan yaitu menjaga kondisi tubuh supaya tetap dingin. Jika tubuh yang panas dan mengalami kegerahan yang berlebihan justru akan memperparah kondisi biduran tersebut. Maka dari itu kamu harus menjaga suhu yang ada di rumah tetap sejuk dan terasa nyaman. Selain itu minimalkan untuk duduk tidak terlalu lama di bawah sinar matahari langsung.

5. Pakai lotion khusus untuk biduran

Mengatasi biduran pada orang dewasa tidak harus menggunakan obat biduran untuk dewasa tetapi bisa menggunakan krim atau lotion khusus untuk biduran yang bisa ditemukan di apotek maupun toko obat yang ada di sekitar rumahmu. Sebelum mengoleskan lotion ini pastikan lebih dahulu untuk membersihkan area tubuh yang mengalami biduran hingga bersih dan tunggu hingga krim benar-benar kering.

6. Minum obat biduran membandel

Jika nantinya berbagai cara di atas sudah dilakukan tetapi masih belum bisa memberikan hasil yang maksimal, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Nantinya dokter akan membantu dalam melakukan identifikasi terhadap penyebab biduran tersebut.

Mungkin banyak sekali obat biduran di warung yang mudah sekali ditemukan tetapi ketika kamu pergi ke dokter dan sudah dilakukan identifikasi terhadap penyebab biduran, maka kamu akan mendapatkan obat biduran berdasarkan dari penyebab pastinya, tingkat keparahan, dan melihat kondisi kesehatan penderitanya.

Biasanya dokter akan memberikan obat anti alergi yang berjenis antihistamin, antibiotik dan juga kortikosteroid. Penggunaan untuk obat-obatan tersebut memang harus dalam pengawasan dokter.

Mengenal Berbagai Penyebab Biduran

Saat kita mengalami biduran pastinya akan ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain adalah :

1. Makanan

Bisa saja jika kamu mengonsumsi bawang putih obat biduran mengalami reaksi alergi, karena alergi ini memang akan muncul ketika kamu mengonsumsi makan maupun minuman tertentu, misalnya seafood, kacang-kacangan, susu dan boga bahari. Biduran ini akan muncul ketika kamu mengonsumsi makanan tersebut, tetapi juga baru setelah beberapa jam memakannya.

2. Serbuk sari

Pada negara kita bunga akan tumbuh sepanjang tahun sehingga serbuk sari akan menyebar setiap waktu. Pada orang-orang tertentu serbuk sari ini bisa menimbulkan biduran, buka hanya serbuk sari saja tetapi alergen lainnya seperti debu, lateks, bulu hewan, sengatan serangga dan juga tungau pastinya harus diwaspadai.

3. Obat-obatan tertentu

Biduran ini juga menjadi salah satu tanda jika kita mengalami alergi terhadap jenis obat tertentu, terutama untuk obat antiradang dan juga antibiotik. Reaksi alergi yang satu ini dapat muncul baik itu dari obat oles, obat minum, dan juga obat suntik.

4. Stres

Stres juga menjadi salah satu permasalahan kita mengalami biduran yang sering sekali tidak disadari. Bukan hanya akan menjadi sekedar penyebab saja, tetapi justru menjadi penyebab keadaan alergi semakin buruk. Ketika stres tubuh akan lebih banyak mengeluarkan histamin yang akan semakin memperburuk keadaan biduran.

5. Racun yang berasal dari serangga

Ada beberapa orang yang mengalami alergi dari racun yang berasal dari serangga, sehingga bisa mengalami biduran yang cukup parah. Seseorang bisa terpapar racun serangga itu ketika mereka disengat maupun tergigit sehingga menimbulkan biduran pada tubuh.

6. Keringat berlebihan

Keringat ini umumnya tidak akan bisa menimbulkan reaksi terhadap alergi. Namun, berkeringat ini menjadi sebuah tanda jika tubuh memang sedang mengalami kenaikan suhu. Pada orang-orang tertentu kenaikan suhu dalam tubuh ini bisa mengakibatkan biduran.

7. Udara di luar ruangan

Bukan hanya akan diakibatkan dari paparan alergen, biduran bisa diakibatkan berbagai faktor yang berasal dari lingkungan, misalnya suhu dingin, kontak langsung dengan matahari, dan juga suhu yang panas.

Jika penyebab biduran ini sudah diketahui dengan sangat jelas maka kamu bisa menggunakan obat biduran, mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, menghindari obat yang mengakibatkan alergi, mengelola stres dan juga rajin membersihkan rumah. Jika alergi sudah dalam kondisi yang berat seperti adanya pembengkakan pada wajah, sulit bernapas dan pusing, maka segera periksakan diri ke dokter.

Silahkan simak Info Kesehatan Kulit lainnya di blog ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here