3 Obat Biduran Alami Ampuh Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

0
15
obat biduran alami es batu
obat biduran alami es batu - Sumber gambar: Bruno /Germany dari Pixabay Free License

Biduran sendiri adalah sebuah kondisi dimana tubuh mengalami bentol–bentol kemerahan disertai dengan gatal yang muncul secara tiba-tiba, muncul dalam jumlah yang banyak, dan berukuran besar. Kondisi yang dalam istilah medis disebut dengan Urtikaria ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Yuk kita pahami apa saja pilihan obat biduran alami nya.

3 Contoh Obat Biduran Alami Yang Bisa Dicobakan

Anda dapat mengatasi kondisi tersebut di rumah dengan menggunakan beberapa obat alamiah, seperti :

1. Es batu

Ketika kulit mengalami biduran, salah satu obat biduran alami yang paling mudah, dan pastinya Anda miliki di rumah adalah es batu.

Sebaiknya hindari mengkompres bagian kulit yang mengalami biduran dengan menggunakan kompres panas. Menggunakan kompres panas seperti ini, selain membuat rasa gatal semakin menjadi, juga mampu meningkatkan resiko iritasi pada kulit.

Adapun untuk mengompres menggunakan es batu sangat mudah. Cukup gunakan es batu yang dibalut menggunakan kain, kemudian kompres pada bagian kulit yang mengalami biduran. Teknik seperti ini mampu menurunkan gejala yang tengah dialami. Selain menggunakan es batu, Anda juga dapat menggunakan air dingin untuk mengatasi biduran.

2. Lidah buaya

Adapun obat alami berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah tanaman lidah buaya. Tanaman ini mengandung anti radang, yang mampu meredakan gejala biduran.

Adapun cara menggunakan tanaman tersebut adalah, ambil setengah batang tanaman lidah buaya, kemudian cuci bersih. Berikutnya kupas setengah bagian kulitnya, lalu aplikasikan bagian daging atau dalam hal ini bagian gel-nya pada kulit yang mengalami biduran.

Untuk meredakan biduran, Anda dapat mengoleskan daging lidah buaya yang berisi gel tersebut secara rutin, setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sehari. Jika sudah mengering, Anda dapat mencucinya menggunakan air bersih.

Tapi jika Anda mempunyai produk gel lidah buaya di rumah, maka Anda dapat mengaplikasikan produk tersebut secara langsung, tanpa harus mencucinya kembali.

3. Oatmeal

Tahukah Anda bahwa Oatmeal, tidak hanya dapat dikonsumsi atau digunakan untuk scrubbing. Namun juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala biduran. Jadi ketika Anda Anda mempunyai oatmeal di rumah, maka Anda dapat menggunakan produk tersebut, sebagai obat biduran. Kandungan inflamasi atau anti radang yang ada dalam Oatmeal, terbukti mampu mengurangi rasa gatal akibat biduran tersebut.

Adapun cara untuk mengatasi biduran menggunakan oatmeal tersebut sangat mudah. Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai masker atau scrub pada saat mandi. Sebaiknya oatmeal yang digunakan sudah dihaluskan terlebih dahulu. Campur oatmeal dengan air secukupnya, kemudian gosok pada bagian tubuh yang mengalami biduran.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan 1 ½ cangkir oatmeal ke dalam bak mand yang berisi air dengan suhu normal. Gunakan air campuran oatmeal tersebut untuk mandi, atau bisa juga digunakan untuk berendam selama 15 menit. Ketika mengeringkan tubuh menggunakan handuk, pastikan tidak menggaruk kulit yang mengalami biduran tersebut.

Sedikit informasi tambahan, penggunaan oatmeal ini sendiri, dapat digunakan untuk Anda yang tidak mengalami reaksi alergi terhadap oatmeal.

Demikianlah beberapa tips menarik untuk obat biduran alami yang pastinya mudah anda temukan di rumah. Anda dapat mengunjungi dokter terdekat, apabila gejalanya tidak kunjung reda setelah beberapa hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here