Titik Refleksi Agar BAB Lancar dan Tidak Sembelit

0
84
titik refleksi agar BAB lancar dan cegah sembelit
titik refleksi agar BAB lancar. sumber gambar: https://id.wikihow.com/Melakukan-Akupresur

Apa yang harus dilakukan ketika sembelit ? Banyak hal yang bisa dilakukan. Namun, pada artikel ini kami secara khusus akan membahas tentang titik refleksi agar BAB lancar. Bagi Anda yang sering mengalami gejala susah buang air besar atau sembelit maka sangat cocok membaca artikel ini. Yuk simak di bawah ini.

Sembelit merupakan salah satu hal yang menggangu suasana perasaan, kenyamanan, dan tentunya kesehatan bila keluhan dibiarkan dalam jangka panjang. Sembelit dapat berupa gejala susah untuk buang air besar (BAB) secara total atau perasaan tidak puas setelah BAB. Elizabeth So, DACM, LAc, seorang ahli akupuntur di Yinova Center di Kota New York, mengatakan bahwasanya ada titik refleksi (titik akupresur) tertentu yang dapat mengatasi gejala sembelit dan melancarkan buang air besar.

Mempelajari Titik Saraf Susah Buang Air Besar

“Akupresur dapat membantu mengatasi sembelit dengan menstimulasi gerakan dalam sistem organ pencernaan (usus) untuk bergerak mengeluarkan isinya ke arah saluran pembuangan,” kata Dr. So. “Kadang-kadang tubuh kita hanya memerlukan sedikit dorongan untuk membuat segala sesuatunya bergerak.

Menurut pandangan biomedis, usus kita berkontraksi secara involunter (diluar kesadaran) untuk memindahkan makanan dan sisa metabolisme melalui saluran pencernaan kita. Jika terdapat penyumbatan maka gerakan bisa menjadi lambat atau bahkan berhenti sama sekali. Akupresur dapat memberikan stimulasi secara manual dan terlokalisir pada saluran pencernaan.

Keadaan sembelit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam masalah fisik semisal kekurangan cairan (dehidrasi) dan perubahan pola tidur. Salah satu pendiri WTHN Shari Auth, DACM, LAc, menjelaskan bahwa sembelit juga dapat disebabkan oleh faktor masalah emosional dan energi tubuh.

Dr. Auth menambahkan bahwasanya peningkatan stres dapat mengganggu pergerakan alamiah usus besar melalui aksis atau poros otak-usus. Hal ini membuat sistem saraf simpatis membuat plihan antara “fight or flight”. Akupresur dapat mengurangi stres dan mengalihkan sistem saraf simpatis menjadi para simpatis, atau keadaan istirahat. Ketika tubuh dalam sistem saraf parasimpatis maka darah akan mengalir ke saluran pencernaan kita. Ini akan meningkatkan pergerakan pada usus sehingga terjadi proses pembuangan feses atau tinja yang sehat.

Dr. So dan Dr. Auth sama-sama setuju bahwasanya ada suatu kesalahpahaman yang besar mengenai prosedur akupresur (akupuntur) untuk mengatasi masalah sembelit. Banyak yang beranggapan bahwa terapi pijat refleksi ini harus dilakukan oleh para profesional.

“Meskipun hal itu benar bahwasanya ahli akupunktur Anda akan mengetahui lebih banyak teknik dan teori saluran pencernaan, ternyata ada banyak cara yang sangat sederhana dan efektif untuk melakukan akupuntur oleh siapa saja dan di mana pun. Akupresur mandiri bisa dilakukan siapa saja untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk kesulitan BAB.

Ada beberapa titik akupresur untuk sembelit yang bisa Anda berikan sebagai stimulan di rumah. Dr. Auth menambahkan bahwa sebelum melakukan pijatan akupresur Anda harus merasa nyaman terlebih dahulu. Silahkan redupkan lampu, nyalakan lilin, putar lagu, hirup aromaterapi, dan lain-lain. Silahkan sesuaikan cara memperoleh kenyamanan Anda, apapun itu asal tidak mendatangkan kerugian bagi Anda.

Titik Akupresur Sembelit Terbaik

Untuk setiap titik akupresur berikut, gunakan ibu jari Anda untuk secara bertahap memberikan tekanan yang meningkat pada suatu titik sampai Anda menemukan titik yang tepat di mana tekanan yang cukup untuk merasakan resistensi tanpa rasa nyeri. Lalu, tekan dan tahan secara konstan dan buat gerakan melingkar dengan ibu jari Anda, pijat titik tersebut dengan lembut.”

Usus Besar 4 (LI.4)

  1. Jepitlah secara lembut selaput antara jari telunjuk dan ibu jari tangan kiri Anda dengan menggunakan ibu jari kanan dan jari telunjuk kanan.
  2. Putar ibu jari kanan dalam gerakan melingkar dengan tekanan yang cukup untuk merasakan resistensi tanpa rasa sakit.
  3. Saat resistensi terlepas, berikan lebih banyak tekanan secara bertahap.
  4. Bernapaslah perlahan dan dalam saat Anda melakukan ini dan kemudian ganti sisi tubuh.
  5. Terus gosok sampai Anda merasakan pelepasan di area tersebut setidaknya selama 10 tarikan napas dalam.

Ren 12 (CV 12)

Titik refleksi gangguan pencernaan susah BAB pada CV 12
Titik refleksi gangguan pencernaan susah BAB pada CV 12. Sumber gambar: https://acumeridianpoints.com/ren-mai/cv-12-zhongwan/
  1. Anda harus menghadap ke cermin untuk menemukan titik ini pada bagian perut.
  2. Gambarkan garis imajiner dari bagian bawah tulang dada Anda (bagian dada tempat tulang rusuk Anda mulai melengkung satu sama lain dalam bentuk V terbalik) dan pusar Anda
  3. Tepat di tengah-tengah garis yang ditarik dari kedua titik tadi ini adalah titik yang disebut Ren 12.
  4. Anda bisa memulai pijatan dengan menekan secara kuat titik ini dengan ibu jari atau jari tengah.
  5. Pasien sering merasakan penuh atau lembut saat disentuh.
  6. Tahan selama 30 detik lalu ulangi dengan gerakan memutar searah jarum jam selama 60 detik.

Baca juga: Cara memijat perut agar lancar bab

ST 25

Titik saraf susah bab pada perut di ST 25
Titik saraf susah bab pada perut. Sumber gambar: https://acumeridianpoints.com/stomach/st-25-tianshu/
  1. Titik ini terletak secara bilateral pada kedua sisi pusar Anda (kira-kira dua atau tiga inci dari garis tengah).
  2. Jarak dari pusar Anda akan sedikit berbeda tergantung ukuran masing-masing individu.
  3. Yang paling baik adalah mencari titik tertinggi dari otot perut Anda.
  4. Jika Anda berada di titik tertinggi dari pita otot ini dan sejajar dengan pusar Anda, maka itu merupakan area yang tepat!
  5. Mulailah dengan titik di sisi kanan perut Anda, tekan dengan kuat selama 30 detik dan kemudian ulangi dalam lingkaran kecil searah jarum jam selama 60 detik.
  6. Ulangi teknik yang sama di titik sisi kiri. “

ST 36 dan 37

Titik refleksi kaki untuk sembelit  pada ST 36 dan 37
Titik refleksi kaki untuk sembelit pada ST 36 dan 37. Sumber gambar: https://acumeridianpoints.com/stomach/st-36-zusanli/
  1. Titik refleksi agar BAB lancar selanjutnya adalah perut 36 dan 37
  2. Perut 36 adalah titik terletak di bagian atas tulang kering sekitar satu telapak tangan di bawah lutut.
  3. Lakukan pijatan secara bertahap dengan gerakan memutar, jangan ragu dalam memberikan tekanan yang dalam di sini.
  4. Anda seharusnya tidak merasakan sakit apa pun tetapi harus merasakan sensasinya.
  5. Saat resistansi dilepaskan secara bertahap maka berikan lebih banyak tekanan.
  6. Bernapas dengan perlahan dan dalam saat melakukan pijatan ini dan kemudian ganti pada sisi tubuh yang lain.
  7. Terus gosok sampai Anda merasakan pelepasan/ resistensi pada lokasi tersebut.
  8. Lakukan hal serupa pada ST 37

Hirup Nafas terakhir

  1. Terakhir, akhiri pijatan ini dengan meletakkan kedua tangan di perut bagian bawah tepat di bawah pusar Anda.
  2. Letakkan tangan kanan sampai menyentuh perut dan tangan kiri sehingga bertumpuk di atas tangan kanan Anda.
  3. Ambil lima sampai 10 tarikan napas dalam-dalam, melalui hidung dan keluar melalui mulut.

Nah, itu tadi penjelasan tentang titik refleksi agar BAB lancar beserja prosedur pemijatannya. Silahkan konsultasikan dengan dokter keluarga Anda bila kondisi sembelit yang Anda alami cukup parah. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan informasi ini.

  • Sumber:
    • https://www.wellandgood.com/acupressure-points-for-constipation/
    • https://acumeridianpoints.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here