Cara Memijat Perut Agar Lancar BAB

3
485
cara memijat perut agar lancar bab
Langkah dan cara memijat perut agar lancar buang air besar.

Tips bagaimana cara memijat perut agar lancar BAB (buang air besar). Bagi Anda yang sering mengalami sembelit atau konstipasi bisa dicoba cara alami seperti ini. Dimana saja titik refleksi biar lancar bab? Yuk disimak penjelasn pijat perut untuk sembelit di bawah ini.

Apa Itu Sembelit?
Sembelit adalah keadaan dimana frekuensi buang air besar menjadi berkurang (yaitu kurang dari 3 kali dalam 1 minggu) atau sulit untuk mengeluarkan tinja atau feses. Sembelit ini bisa dialami selama berminggu-minggu. Kadang kala feses menjadi amat keras dan kering.

Tips Mudah Cara Memijat Perut Agar Lancar BAB

Ada banyak sekali pijatan dengan fungsi nya masing-masing. Dalam hal ini kami akan membahas tentang pijatan pada perut untuk mengobati konstipasi dan sembelit. Namun, ada juga beberapa pijatan selain pada perut yang memiliki manfaat pada proses buang air besar ini. Silahkan dibaca hingga selesai.

Manfaat Pijat Perut Untuk Sembelit

Pijatan pada perut dapat mengurangi sembelit dan membantu pelepasan gas dan sisa-sisa produksi. Selain itu, pijatan juga bisa sebagai obat untuk keadaan yang menjadi dasar penyakit atau kondisi yang menyertai penyakit. Contohnya, pijat dapat mengurangi stress sehingga mengurangi rasa nyeri yang berkaitan dengan penyakit irritable bowel syndrome.

Pijatan perut yang hati-hati dapat memberikan manfaat untuk sembelit. Anda dapat menggunakan kastor, argan, ataupun minyak kelapa untuk melakukan proses pemijatan ini.

Pijatan Perut untuk Meredakan Konstipasi

Ada hasil penelitian yang berjudul “The use of abdominal massage to treat chronic constipation” pada tahun 2011. Riset ini menunjukkan bahwa pijatan pada perut dapat menjadi terapi efektif untuk konstipasi kronis. Studi menemukan bahwa pemijatan ini dapat:

  • Meningkatkan pergerakan dan frekuensi buang air besar.
  • Melancarkan gas, sumbatan, dan sisa isi usus.
  • Mengurangi waktu transit di usus besar.
  • Meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman di perut.

Pijatan pada perut juga menunjukkan kemampuan stimulasi kontraksi otot-otot. Hal ini akan membantu proses pencernaan pada individu yang baru selesai menjalani operasi usus halus (ileus). Biasanya paska operasi ileus akan menimbulkan gangguan pasase usus halus yang dapat menimbulkan sumbatan.

Bagaimana Cara Melakukan Pijatan Perut (Abdomen)?

Sebenarnya ada dua cara pijatan yaitu abdomen massage dan colon massage. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pemijatan pada perut yang kami ringkaskan dari dua jenis pijatan tersebut. Langkahnya antara lain:

  1. Berbaringlah dalam posisi terlentang dengan kedua lutut ditekuk agar perut tidak tegang.
  2. Mulailah dari perut sisi kanan bawah di dekat tulang panggul kanan.
  3. Pijat ringan dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam.
  4. Pijatan dilakukan secara perlahan bergeser ke atas hingga ke bagian tulang rusuk kanan terbawah dalam waktu 1 menit.
  5. Setelah sampai di tulang rusuk kanan bagian bawah lalu lanjutkan pijatan ke arah kiri hingga mencapai tulang rusuk kiri bawah atau area lambung dalam waktu 1 menit.
  6. Kemudian tetap mempertahankan pijatan secara sirkuler ke arah bawah ke tulang panggul kiri dalam waktu 1 menit.
  7. Anda dapat memulai kembali dari tulang panggul kanan.
  8. Lakukan pijatan ini secara berulang selama 10 menit atau 3-5 kali siklus.

Jenis Pijatan Lainnya Untuk Mengurangi Konstipasi

Seperti telah disebutkan di atas; selain pijatan pada perut ternyata ada jenis pijatan lainnya yang juga berguna untuk menyembuhkan konstipasi. Jenis pijatan ini bisa dikombinasikan dengan pijatan abdomen di atas. Jenis pijatan tersebut adalah:

1. Pijatan Kaki (Refleksologi)

Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Reflexology in the management of encopresis and chronic constipation” pada tahun 2003. Ditemukan bahwasanya anak yang menderita konstipasi kronis dan enkopresis mengalami perbaikan gejala setelah mendapatkan refleksologi. Anak-anak ini mendapatkan 6 sesi refleksologi masing-masing berdurasi 30 menit selama 6 minggu. Terapi ini membantu meredakan gejala encopresis dan sembelit yang kronis.

titik refleksi biar lancar bab
Titik refleksi biar lancar bab (buang air besar)
Bagaimana Cara Melakukannya?
  • Gunakan ibu jari untuk melakukan pijatan pada bagian tengah tumit kanan ke tepi luar.
  • Kemudian pijatan bergerak ke atas menuju bagian tengah kaki.
  • Pijat sepanjang bagian tengah kaki kanan, lalu silang ke kaki kiri. Pijat ke tepi luar.
  • Kemudian pijat ke bawah di sepanjang tepi dan bergerak ke dalam ke tengah tumit kiri.
  • Akhiri dengan memijat ke bagian dalam kaki kiri.

Anda pun bisa mencobanya sendiri. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang tepat disarrankan untuk meminta bantuan ahli terapis refleksologi. Mereka yang mengerti dimana saja titik refleksi biar lancar bab.

2. Pijatan Punggung atau Keseluruhan Tubuh
gerakan memperlancar bab

Pijatan pada bagian punggung dan keseluruhan tubuh membantu relaksasi seluruh badan, memperbaiki proses pencernaan, mengurangi stres, dan mengurangi ketegangan pada otot-otot. Silahkan minta bantuan pasangan Anda atau jasa pijat terapis untuk melakukannya.

3. Pijat Perineal

Riset pada tahun 2015 yang berjudul “Effect of Perineal Self-Acupressure on Constipation: A Randomized Controlled Trial“. Menemukan bahwa pijat perineal akupresur mandiri beriringan dengan perawatan standar lebih efektif dalam terapi konstipasi dibandingkan dengan perawatan standar saja. Riset ini dilakukan dalam waktu 4 minggu. Dalam waktu tersebut, partisipan menunjukkan perbaikan dalam:

  • Kesehatan dan fungsi usus.
  • Konstipasi dengan hidup yang lebih berkualitas.
Bagaimana Cara Melakukannya?
  • Gunakan 2 jari untuk menekan bagian kulit perineal. Ini adalah daerah antara lubang anus dan lubang vagina atau skrotum (testis).
  • Tekan bagian kulit tersebut ke arah anus
  • Lakukan penekanan ini dengan lama waktu 3-5 detik sekali tekan.
  • Untuk menjaga kebersihan, lakukanlah pijatan ini saat Anda mandi atau buang air besar.

Nah, itu tadi tips bagaimana cara memijat perut agar lancar BAB (buang air besar). Tips ini akan mencegah dan menyembuhkan dari kondisi medis sembelit atau konstipasi kronis. Lakukan tips ini secara teratur dengan diiringi dengan konsumsi serat dan air putih yang cukup.

Sebenarnya banyak lagi tips lain seperti bagaimana senam gerakan memperlancar bab. Namun, itu akan kami bahas tertentu di artikel yang lain. Semoga bermanfaat.

  • Sumber:
    • Healthline.com: How to Massage for Constipation Relief
    • Bodyworkmovementtherapies.com (2011): The use of abdominal massage to treat chronic constipation
    • med.umich.edu (2014): Abdominal Self Massage
    • Journals.rcni.com: Reflexology in the management of encopresis and chronic constipation
    • Mayoclinic.org (2018): Massage: Get in touch with its many benefits
    • Link.springer.com (2014): Effect of Perineal Self-Acupressure on Constipation: A Randomized Controlled Trial

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here