Buah Untuk Obat Asam Lambung Yang Alami dan Herbal

Buah Untuk Obat Asam Lambung Yang Alami dan Herbal
Ilustrasi buah melon. Sumber gambar: Free license Pixabay.com

Apa saja buah untuk obat asam lambung yang alami dan herbal? DrZuhdy.com. Penyakit asam lambung adalah suatu kondisi yang dialami oleh banyak orang. Mulai dari gangguan kecil berupa perasaan kembung hingga pada masalah dada dan tenggorokan yang terasa nyeri seperti terbakar. Tidak jarang ini juga menyebabkan timbulnya kecemasan karena seringkali dianggap sebagai serangan jantung.

Heartburn adalah salah satu dari gejala refluks asam. Hal ini lantaran asam lambung mengalir kembali ke atas ke kerongkongan. Heartburn ini biasanya dikategorikan normal bila frekuensinya masih minimal. Namun, bila terjadi berulang-ulang dan sering maka pertanda adanya penyakit asam lambung naik atau GERD.

Pilihan Buah Untuk Obat Asam Lambung Yang Alami dan Herbal

Banyak obat yang tersedia di pasaran yang bisa didapatkan dengan cara membeli langsung ataupun melalui perantaraan resep dokter. Selain menggunakan obat (bantuan medis), pengobatan secara herbal bisa dilakukan untuk penyakit asam lambung yang masih berderajat ringan. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah-buahan.

Nah, pada artikel ini kami akan membagikan informasi tentang pilihan buah untuk obat asam lambung yang alami dan herbal. Berikut ini adalah 3 buah yang bisa Anda manfaat sebagai terapi gejala asam lambung ringan. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan ini dengan tujuan untuk mencegah kekambuhan GERD yang dialami.

1. Pisang

Buah ini memiliki kandungan asam yang rendah. Buah ini bisa membantu mengatasi gejala refluks asam dengan cara melapisi lapisan esofagus (saluran penghubung antara rongga mulut dan lambung) sehingga terhindar dari iritasi akibat asam lambung. Kandungan asamnya yang rendah juga membantu menetralkan derajat keasaman lambung.

Selain itu, buah pisang juga memiliki banyak serat. Hal ini tentunya akan bermanfaat bagus bagi kelancaran saluran pencernaan. Perlu diketahui bilamana saluran pencernaan tidak lancar maka akan menambah waktu pengosongan lambung. Tentunya hal ini dapat meningkatkan produksi asam lambung yang pada ujungnya akan menambah intensitas dan kualitas gejala GERD.

2. Melon

Melon memiliki kadar basa yang tinggi. Hal ini akan membantu mengurangi derajat keasaman pada rongga lambung pasien-pasien GERD sehingga mengurangi intensitas refluks. Konsumsi buah melon dalam jumlah yang cukup tentunya akan menunjukkan perbaikan kualitas hidup pasien.

Selain itu, buah melon mengandung magnesium. Perlu diketahui bahwasanya magnesium adalah unsur yang banyak ditemukan pada obat-obat medis pereda nyeri perut akibat penyakit maag. Contoh obat-obatan tersebut seperti Promag, Mylanta, Sanmaag, dan sejenisnya. Jadi, konsumsi melon secukupnya akan mengurangi dan mencegah kekambuhan penyakit asam lambung naik.

3. Pepaya

Buah pepaya dapat dipergunakan untuk mengontrol penyakit GERD. Buah ini mengandung enzim yang diketahui bernama papain. Ini adalah suatu enzim protease yang berfungsi untuk membantu pencernaan protein menjadi asam amino. Di rongga lambung, keberadaan enzim ini akan sangat membantu dalam metabolisme protein. Oleh karena itu, peran dan tugas asam lambung akan berkurang karena eksistensi enzim ini.

Nah, itu tadi 3 pilihan jenis buah untuk obat asam lambung yang alami dan herbal yang bisa dimasukkan ke dalam menu makanan harian. Selain dapat mencegah dan mengobati penyaki asam lambung naik, tentunya konsumsi buah-buahan yang rutin akan sangat bermanfaat bagi kualitas hidup dan kesehatan.

Pada akhirnya, silahkan juga berkonsultasi dengan dokter lambung Anda. Oleh karena dokter tersebutlah yang mengetahui bagaimana kondisi lambung saat ini sehingga dapat memutuskan apakah pilihan buah di atas dapat dijadikan obat seperti yang telah dijelaskan. Semoga bermanfaat.