5 Obat Biduran Anak Tradisional, Yang Ampuh Mengusir Gatal

0
365
Obat Biduran Anak Tradisional
Obat Biduran Anak Tradisional - Sumber gambar: moho01 dari Pixabay Free License

Ketika anak Anda mengalami biduran, sebaiknya jangan langsung panik pergi ke dokter. Karena ada beberapa obat biduran anak tradisional yang dapat Anda gunakan secara langsung, dan beberapa bahan tersebut, pasti ada di rumah. Adapun obat tradisional yang dimaksud, antara lain :

Es Batu

Ketika muncul gejala biduran, maka salah satu obat biduran anak tradisional yang dapat langsung Anda gunakan dan aplikasikan adalah es batu atau bisa juga menggunakan air dingin.

Jangan mengompres menggunakan air hangat, karena dapat membuat kulit mengalami iritasi. Ambil es batu secukupnya, kemudian bungkus menggunakan handuk bersih. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang terkena biduran selama 10 menit. Lakukan hingga kondisi kulit membaik.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sendiri adalah minyak yang terbuat dari ekstraksi minyak dari sebuah kelapa mentah atau juga biji kelapa kering. Dalam hal ini, kandungan pelembab dan juga kandungan antibakteri yang ada di dalam minyak kelapa, terbukti mampu mengatasi masalah biduran.

Adapun cara mengatasi biduran sendiri adalah dengan mengolesi minyak kelapa, pada bagian kulit anak yang mengalami biduran.

Bawang putih

Seperti diketahui bersama, bawang putih terbukti mampu mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh, salah satunya adalah mengatasi biduran dan mengurangi reaksi alergi. Hal ini berkat adanya kandungan antioksidan dan juga anti bakteri yang ada di dalam bawang putih tersebut, yang nantinya dapat menghentikan sel Mast dalam melepaskan histamin.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan bawang putih secukupnya, dan mengaplikasikannya pada kulit yang mengalami biduran. Bilas ketika kompres bawang putih sudah mulai mengering.

Selada air

Apabila Anda mempunyai selada air di rumah, maka Anda dapat menggunakan sayuran tersebut sebagai obat biduran untuk anak. Sayuran tersebut ternyata mampu meredakan rasa gatal dan juga bentol-bentol pada kulit. Selain itu, sayuran yang satu ini juga kaya akan berbagai kandungan gizi, salah satunya adalah mengandung antihistamin yang baik untuk tubuh. Tepatnya mampu mencegah sekitar 60% histamin dilepaskan oleh sel Mast, ketika terjadi reaksi alergi.

Perlu diketahui bersama, sel Mast sendiri adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia. Sel ini akan bereaksi ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan selada air, dan aplikasikan bubur selada air atau tepatnya air dari daun selada air, ke bagian kulit yang mengalami biduran. Anda dapat membilasnya ketika air kompres sudah mulai mengering.

Oatmeal

Selain dapat dikonsumsi, ternyata oatmeal juga dapat digunakan untuk mengatasi biduran. Hal ini berkat kandungan anti peradangan, dari asam salisilat yang ada dalam bahan oatmeal itu sendiri.

Adapun cara menggunakan oatmeal yang paling praktis adalah dengan menggunakannya sebagai air mandi untuk anak. Campurkan 1 ½ cangkir oatmeal kedalam bak mandi atau ember yang berisi air dengan suhu ruangan. Jika sudah tercampur rata, maka gunakan air tersebut untuk mandi.

Demikianlah beberapa tips obat biduran anak tradisional ampuh yang pastinya dapat langsung Anda lakukan di rumah. Mengingat bahan-bahan yang dimaksud, cukup mudah ditemukan di dalam rumah. (pc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini