Apa Beda Omeprazole dan Lansoprazole?

0
731
beda omeprazole dan lansoprazole
Perbedaan antara omeprazole dan lansoprazole

Omeprazole dan Lansoprazole adalah obat golongan proton pump inhibitor/ PPI (penghambat pompa proton). Salah satu dari keduanya biasanya dipakai untuk mengobati penyakit refluks asam lambung dan masalah organ lambung lainnya. Yuk kita simak apa saja beda omeprazole dan lansoprazole tersebut.

Info lengkap tentang obat ini baca di : Obat omeprazole

Apa itu Lansoprazole? Dan Apa Pula Omeprazole?

Obat penghambat pompa proton (PPI) seperti lansoprazole dan omeprazole didesain sebagai obat untuk pencegahan terlampau banyaknya produksi asam oleh sel-sel dinding lambung. Hal ini akan membantu proses penetralan borok atau tukak, mengurangi kejadian refluks asam, dan akan mempermudah penyembuhan masalah lambung.

Apa Saja Beda Omeprazole dan Lansoprazole?

Sebenarnya keduanya lebih banyak memiliki kesamaan karena merupakan satu golongan PPI. Obat omeprazole adalah PPI generasi pertama, sementara lansoprazole adalah PPI generasi kedua. Kedua generasi PPI ini masih sering dipergunakan atau diresepkan oleh dokter.

Keduanya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan refluks asam lambung yang cukup efektif dan manjur. Namun, biarpun keduanya merupakan satu golongan yang sama, ada sedikit pembeda yang bisa dipertimbangkan dalam pemilihan antara kedua obat ini. Yuk kita simak di bawah ini.

Obat Lansoprazole

Lansoprazole biasanya memiliki sediaan umum 30 mg. Obat ini telah dikenal luas berperan dalam pengobatan refluks asam yang lebih efektif. Pada kasus tertentu dianggap memiliki daya kerja yang lebih cepat. Penggunaan antasida bisa mengurangi penyerapan obat ini pada saluran pencernaan sehingga akan menurunkan daya efisiensinya. Oleh sebab itu, lansoprazole dianjurkan untuk tidak dikonsumsi dalam waktu satu jam setelah meminum antasida.

Anda juga diharuskan berkonsultasi dengan dokter bilamana Anda menderita anemia terutama yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Mengapa? Hal ini dikarenakan obat lansoprazole bisa mengurangi kadar asam di dalam lambung. Kadar asam yang berkurang akan mengurangi proses penyerapan zat besi dan besi sulfat di dalam lambung. Obat-obat anemia pun akan dirasakan kurang efektif bila dikonsumsi setelah meminum obat lansoprazole.

Obat Omeprazole

Sama seperti obat Lansoprazole, obat Omeprazole memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah asam yang diproduksi di dalam organ lambung. Obat ini pun akan bermanfaat dalam terapi penyakit GERD, maag, dan gangguan lambung sejenis lainnya.

Obat omeprazole bisa meningkatkan efek anti-pembekuan dari obat warfarin (obat jenis antikoagulan). Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan nilai INR (waktu pembekuan darah) sebelum memulai konsumsi obat ini dan setelah selesai nya nanti. Hal ini dilakukan terutama pada pasien-pasien yang berkaitan dengan penyakit gangguan pembekuan darah.

Kesimpulan

Sebenarnya tidak terlalu banyak beda omeprazole dan lansoprazole ini bila ditinjau dari hal-hal yang umum. Untuk perbedaan khusus lainnya akan kami bahas pada artikel yang lain yang disesuaikan untuk pembaca golongan medis. Semoga bermanfaat.

Informasi terkait: cara minum omeprazole

  • Sumber:
    • Expresspharmacy.co.uk (2014): Omeprazole Or Lansoprazole? What Is The Difference?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here