Obat Omeprazole VS Lansoprazole Bagus Mana?

0
244
omeprazole vs lansoprazole bagus mana
Ilustrasi omeprazole vs lansoprazole

Kali ini kita akan membahas pertanyaan dari pasien penyakit asam lambung (GERD). Yaitu tentang obat omeprazole vs lansoprazole bagus mana untuk dikonsumsi. Yuk kita simak di bawah ini.

Lansoprazole Vs Omeprazole

Salam Dok, perkenalkan nama saya Megi. Saya telah menderita penyakit asam lambung selama 7 tahun. Selama itu saya rutin berobat ke dokter bilamana penyakit saya kambuh. Dari sekian banyak obat tersebut saya pernah diberi salah satu dari obat lansoprazole atau omeprazole.

Kata dokter, obat tersebut sama fungsinya jadi dikonsumsi salah satu saja. Nah yang ingin saya tanyakan, apakah benar antara kedua obat ini sama fungsinya? Obat mana yang lebih bagus dikonsumsi untuk penyakit asam lambung saya?

Terima kasih atas dari Bu Megi tentang obat lansoprazole dan omeprazole. Kami akan coba menjawabnya untuk mudah dimengerti.

Obat omeprazole dan lansoprazole merupakan obat yang berada pada golongan yang sama. Kedua obat ini dikelompokkan ke dalam obat penghambat pompa proton (proton pump inhibitor/ PPI) di dalam lambung. Obat ini memiliki fungsi yang sama.

Di membran sel parietal lambung terdapat transporter H+/K+ ATPase (pompa proton). Golongan obat ini bekerja dengan cara memberikan hambatan pada pompa proton sel parietal lambung tersebut. Sebagai akibatnya produksi asam lambung akan ditekan. Jumlah cairan asam lambung yang dihasilkan pun akan menurun.

Obat lainnya yang digolongkan ke dalam kelompok penghambat pompa proton ini antara lain:

  • Omeprazole
  • Esomeprazole
  • Lansoprazole
  • Pantoprazole
  • Rabeprazole

Nah, pemanfaatan obat ini sudah barang tentu dapat mengobati penyakit asam lambung naik (GERD). Selain GERD, penyakit lain semisal maag, tukak lambung, sindrom Zolinger Elison, dan penyakit sejenis bisa diatasi dengan menggunakan obat ini

Jadi, Obat Omeprazole vs Lansoprazole Bagus Mana?

Sebenarnya kedua obat ini memperlihatkan efek yang baik pada pasien GERD. Namun, memang ada sedikit perbedaan hasil antara keduanya. Mari kita simak pada penelitian di bawah ini.

Terdapat hasil penelitian yang dilakukan oleh I Janczewska dan kawan-kawan. Penelitian tersebut berjudul “Comparison of the effect of lansoprazole and omeprazole on intragastric acidity and gastroesophageal reflux in patients with gastroesophageal reflux disease“. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut.

Dalam penelitian ini lansoprazole dan omeprazole memiliki efek yang sebanding pada keasaman lambung pada pasien dengan GERD dengan esofagitis. Namun, penggunaan lansoprazole 30 mg setiap hari mengurangi keasaman di esofagus dan jumlah refluks lebih efektif dari pemakaian 20 mg omeprazol setiap hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa penghambat pompa proton mempengaruhi pembersihan esofagus dan/ atau mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah secara berbeda.

Ada juga studi lainnya yang dilaksanakan oleh Tantri Kurniawati dan kawan-kawan. Studi ini berjudul “Perbandingan Efektivitas antara Omeprazol dan Lansoprazol terhadap Perbaikan Kualitas Hidup Penderita Rinosinusitis Kronik Akibat Refluks Laringofaring”. Kesimpulan studi adalah sebagai berikut.

Tidak terdapat perbedaan efektivitas antara omeprazol dan lansoprazol terhadap perbaikan derajat berat refluks laringofaring (p>0,05), namun perbaikan kualitas hidup pada kelompok perlakuan lansoprazol lebih baik bila dibandingkan dengan kelompok perlakuan omeprazol (p<0,05). Simpulan, lansoprazol lebih efektif dibandingkan dengan omeprazol dalam memperbaiki kualitas hidup pada penderita rinosinusitis kronik akibat RLF.

Baca informasi terkait: Beda omeprazole dan lansoprazole

Kesimpulan

Nah, dari penjelasan di atas kita bisa menarik kesimpulan dari pertanyaan Bu Megi tentang omeprazole vs lansoprazole bagus mana untuk diminum? Berdasarkan penjelasan di atas maka lansoprazole lebih memiliki kelebihan sedikit dibandingkan omeprazol. Namun, bukan berarti obat omeprazole tidak efektif. Mudah-mudahan penjelasan kami bermanfaat.

  • Sumber:
    • DrZuhdy.com (2020): Penyakit Asam Lambung
    • DrZuhdy.com (2020): Omeprazole
    • I Janczewska, et al. 1998: Comparison of the effect of lansoprazole and omeprazole on intragastric acidity and gastroesophageal reflux in patients with gastroesophageal reflux disease
    • Kurniawati Tantri, et al. 2012: Perbandingan Efektivitas antara Omeprazol dan Lansoprazol terhadap Perbaikan Kualitas Hidup Penderita Rinosinusitis Kronik Akibat Refluks Laringofaring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here