Bantal Hamil, Manfaat, Jenis, Ukuran, dan Tips Lain-lainnya

0
137
Manfaat Bantal Hamil

Bantal hamil merupakan perlengkapan penting untuk ibu yang sedang mengandung. Sebab mampu memberikan rasa nyaman sekaligus dukungan selama masa kehamilan.

Selain membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat tidur, bantal tersebut juga memiliki banyak manfaat lainnya. Sepeti membantu jaga posisi tubuh, kurangi nyeri punggung, dan tingkatkan kualitas tidur.

Dalam artikel ini, Kami akan membahas lebih detail mengenai manfaat, jenis-jenis, ukuran, tips memilih, menggunakan secara tepat, dan lain-lainnya. Sehingga pastikan tetap baca sampai akhir.

Manfaat Bantal Hamil

Selain manfaat yang sudah Kami sebutkan, ternyata juga ada manfaat lainnya seperti mengurangi tekanan pada pinggul dan sendi panggul saat kehamilan. Sehingga membuat tidur jadi lebih berkualitas.

Tanpa perlu merasa sakit serta harus mencari posisi tidur yang terbaik. Selain itu, juga dapat membantu untuk mengurangi bahkan mencegah masalah pernafasan seperti sleep apnea plus gejala pembengkakan kaki.

Tidak hanya itu, nyatanya bantal hamil juga dapat digunakan sesudah melahirkan sebagai tempat untuk menyusui. Membantu posisi bayi agar lebih nyaman lalu ibu bisa memberikan ASI secara lebih nyaman.

Banyak pilihan jenis yang bisa Anda dapatkan di pasaran, mulai dari Wedge hingga Full Body, serta berbagai ukuran bahkan merk berbeda. Penting untuk dapat menyesuaikan pemilihan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam pemilihan, pertimbangan ukuran serta pola penggunaan harus disesuaikan dengan tahapan kehamilan. Di mana setiap pilihan pasti memiliki bentuk serta fungsi berbeda satu sama lainnya.

Bersama penggunaan yang tepat, manfaat maksimal darinya selama masa kehamilan bahkan pasca melahirkan tetap dapat dirasakan. Tapi, sebelum itu cari tahu cara tidur berkualitas bagi ibu sedang hamil.

Cara Tidur Berkualitas untuk Ibu Hamil

Cara tidur berkualitas perlu untuk diketahui oleh para ibu yang sedang hamil. Apalagi dengan penggunaan bantal tidur yang dipercaya akan meningkatkan kualitasnya, begini cara tidur berkualitas.

  1. Tidur dengan posisi paling tepat, disarankan oleh tenaga ahli dalam kebidanan. Posisi tidur saat mengandung paling bagus adalah miring ke samping, tujuannya membantu kurangi tekanan pada rahim dan lancarkan sirkulasi darah.
  2. Pergunakan bantal hamil seperti yang sudah disampaikan, tentu saja perlu sesuaikan dengan ukuran tubuh serta tahapan kehamilan yang sedang dialami.
  3. Hindari makan sebelum tidur, bermanfaat guna tetap membuat nyaman saat akan tidur, disarankan makan porsi kecil serta hindari makan saat akan tidur sebisa mungkin.
  4. Minum kafein tidak disarankan, kopi serta teh disarankan untuk dihindari dahulu. Meski memiliki kegemaran akan mengonsumsinya, saran terbaik tidak mengonsumsinya dahulu.
  5. Relaksasi dengan mandi air hangat serta mendengarkan audio terapi khusus guna ibu hamil. Mampu meningkatkan kualitas tidur karena dapat menurunkan tingkat stres.
  6. Gunakan pakaian paling nyaman, sebab pakaian nyaman jelas akan membuat tubuh jadi mudah guna terlelap. Pergunakan pilihan pakaian longgar agar tubuh lebih bebas bergerak.

Ikuti itu semua agar memiliki kualitas tidur lebih baik meski tubuh sedang tidak nyaman. Dilanjutkan pemilihan jenis bantal agar makin memaksimalkan manfaatnya, sebab banyak pilihan di pasaran.

Jenis Bantal Hamil

Bantal untuk ibu hamil memang dirancang khusus untuk memberikan dukungan serta kenyamanan pengguna. Khususnya pada perut serta punggung selama kehamilan.

Banyak jenis berbeda yang dapat memberikan manfaat berbeda tergantung daripada preferensi kebutuhan. Berikut beberapa jenis pilihan bantal umum:

  1. Body Pillow, sudah disebutkan sebelumnya bahwa ini memiliki beberapa pilihan, seperti huruf U atau C. Dirancang dalam memberikan kenyamanan untuk seluruh tubuh ibu.
  2. Wedge, bentuknya seperti segitiga yang biasanya digunakan guna berikan dukungan pada perut atau punggung. Kelebihannya mudah dibawa sehingga sangat membantu saat bepergian.
  3. Full-Length Pregnancy Pillow, memiliki panjang sama seperti tubuh ibu dan memberikan dukungan terutama pada perut, pinggul, punggung, dan lutut, ideal digunakan untuk posisi terlentang.
  4. Bantal Donut, memiliki bentuk seperti donat yang dirancang untuk memberikan kenyamanan pada perut, panggul, punggung bawah, dan tulang belakang daripada ibu.
  5. Serbaguna, dirancang khusus untuk bukan hanya bantal hamil, tetapi juga bisa juga menyusui bahkan tempat tidur bayi. Biasanya bentuknya 2 meter dan bisa diputar-putar sesuai kebutuhan.

Cocokkan sesuai kebutuhan serta tahapan kehamilan dari Bunda. Pastikan juga guna mencari bantal paling nyaman serta memberikan dukungan yang dibutuhkan selama kehamilan.

Anda bisa juga memesan costum dengan preferensi pada jenis-jenis umum. Sebab sekarang sudah banyak tempat penjualan bantal dengan kualitas terbaik di offline maupun online.

Pola dan Ukuran Bantal Hamil

Bantal ibu hamil terdiri dari beberapa jenis pola, seperti bantal Wedge, bantal Tubuh, dan bantal U, yang dapat membantu meningkatkan kenyamanan selama kehamilan.

Detail mengenai pola sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya, jadi Anda bisa menentukan sendiri mana pilihan terbaik. Sementara untuk pola dari cover bisa disesuaikan pada selera pribadi.

Banyak merk yang sudah melakukan pembaharuan terhadap hal itu, Anda bisa selalu update guna mendapatkan pilihan paling terbaik. Hanya saja pilih yang tidak mudah kotor saja.

Sebab ini akan digunakan setiap hari dan kemungkinan tanpa henti. Sebab ibu yang sedang mengandung biasanya aktivitas harian hanya akan sebentar saja. Dilanjutkan dengan tidur seharian di rumah.

Apalagi jika Anda tinggal sendiri jelas tidak mudah bagi ibu hamil. Sebab harus bolak-balik cuci untuk jaga kebersihan dari bantal hamil. Sementara untuk ukuran biasanya pada kisaran 150 dan 40 cm.

Panjang kurang lebih 120 sampai 150 cm, sementara untuk lebar sekitar30 sampai 40 cm. Dengan kepadatan yang cukup untuk berikan dukungan pada tubuh ibu hamil, tapi disarankan untuk berkonsultasi lebih dahulu.

Demi mendapatkan pilihan paling tepat sesuai kebutuhan, hanya saja untuk ukuran biasanya penggunaan umum. Ukuran yang biasa digunakan oleh ibu-ibu berkisar antara 150 cm dan 40 cm.

Perbedaan Bantal Hamil dan Guling

Dari tadi membahas soal bantal ibu hamil, bukannya sama saja dengan guling? Banyak ibu yang masih mengatakan bahwa ada kesamaan antara keduanya. Jelas tidak karena bentuknya saja dibuat sudah berbeda.

Sesuai apa yang disampaikan bahwa bantal kegunaannya guna memberikan rasa nyaman pada perut, pinggul, dan punggung. Sementara guling yang silinder memanjang, digunakan sebagai penopang kepala atau leher.

Sementara untuk ukuran juga akan lebih besar dari guling, sebab desain darinya memang dibuat untuk menopang seluruh tubuh. Sedangkan guling biasanya lebih kecil dan hanya mampu menopang kepala serta leher.

Jika Anda melakukan tes pada tingkat kelembutan, jelas bantal akan lebih unggul sebab dibuat dari busa memory foam. Sementara guling hanya terbuat dari bahan biasa seperti kapas, bulu, atau sintetis lainnya.

Sudah terlihat jelas bahwa bagi ibu yang sedang mengandung, bantal hamil tetap menjadi pilihan terbaik untuk kenyamanan. Sementara guling hanya dapat digunakan sebagai penopang kepala ataupun leher.

Bisa juga digunakan sebagai tempat pelukan jika terbiasa dengan itu. Sebab posisi miring yang biasanya disarankan agar tetap menjaga sirkulasi darah. Biasanya membutuhkan guling untuk tetap nyaman.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan keduanya dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung. Mau tidak mau harus sediakan keduanya dan usahakan dapatkan dalam kualitas terbaik meski sedikit mahal.

Tips Memilih Bantal untuk untuk Bunda yang Sedang Hamil

Sementara sudah membahas mengenai seluk beluk dari bantal hamil, tidak akan selesai jika hanya mengetahui soal itu. Bunda yang sedang mengandung harus dapat memilih pilihan terbaik dari terbaik.

Sebab itu akan menentukan kenyamanan sepanjang sedang mengalami masa kehamilan. Pemilihan ini dapat dilakukan secara online dan offline, tapi Kami tidak akan membahas soal itu.

Sebab pemilihan online dan offline bukan urusan untuk menentukan kualitas. Semua tergantung daripada tempat Anda membeli, apakah memang mampu menjamin kualitas terbaik.

Khusus pada pembahasan ini, Kami berikan tips memilih bantal secara tepat sesuai kebutuhan bunda. Beberapa ulasan tentu akan lebih mendetail sehingga bisa tepat untuk dipergunakan.

Berikut adalah beberapa tips yang harusnya bisa membantu, coba simak baik-baik:

  1. Full body, sesuai namanya ini bagus untuk bunda yang sedang hamil besar. Sebab dapat memberikan rasa nyaman pada seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Mampu juga untuk memperbaiki posisi tidur.
    • Sehingga membuat tubuh lebih nyaman serta meningkatkan kualitas tidur. Bagi bunda yang tidak bisa tidur, bisa memilih pilihan ini sembari juga berusaha untuk meningkatkan kualitas tidur.
  2. Bantal khusus kehamilan, didesain khusus untuk bunda sedang hamil. Memiliki desain yang mengikuti lekuk tubuh, sehingga mampu mengurangi tekanan pada perut serta tulang belakang.
    • Sehingga mampu membuat tubuh jadi makin nyaman meskipun mengalami banyak tendangan dari jabang bayi. Cocok untuk dipesan meski harganya akan sedikit mahal.
  3. Bantal kapas, pilihan ini bagus untuk dipilih karena memberikan jaminan keamanan lebih tinggi. Tidak akan menimbulkan alergi karena terbuat dari bahan alami yakni kapas.
    • Selain itu juga dapat menyerap keringat lebih banyak, sehingga kesan adem akan dapat bunda rasakan. Meski tidak seempuk dengan pilihan dengan memory foam.
  4. Bantal sesuai gaya tidur, ini cocok dipilih jika bunda sering berganti posisi. Semisal pada posisi tengkurap, lalu berganti ke miring. Memilih pilihan yang cukup tebal akan memberikan dukungan pada perut serta punggung.
    • Sementara jika lebih suka tengkurap, jelas pilih pada pilihan yang tidak terlalu tebal. Namun harus dipastikan empuk karena demi memberikan dukungan pada perut agar lebih nyaman dalam posisi tersebut.

Semua indikator tersebut dapat digunakan untuk memilih bantal untuk ibu hamil yang terbaik. Tinggal sesuaikan saja jika membeli secara online. Pastikan reputasi dari toko penjual sudah dipercaya oleh banyak orang.

Selain itu memberikan garansi pada bantal ikut memastikan keamanan semuanya. Jika membeli offline pilih saja sesuai indikator di atas. Meski jika membeli online akan butuh biaya lebih mahal.

Sebab biasanya penjual online itu merupakan produsen langsung, sementara offline yang ada di Kota Anda. Biasanya hanya penjual kedua dan tidak mengherankan bila biaya biasanya naik dua kali lipat.

Merk Bantal Hamil yang Bagus

Sebenarnya banyak pilihan yang bisa Anda pilih, namun Kami merangkum yang disebut sebagai pilihan bagus untuk bunda sedang hamil bahkan menyusui.

Dengan maksud untuk membantu juga hemat budget pengeluaran. Sebab pengeluaran saat memiliki bayi akan berkali-kali lipat jauh lebih mahal daripada anak sudah di atas lima tahun.

Khususnya bagi keluarga baru yang masih baru merasakan namanya proses kehamilan, butuh setidaknya manajemen budget agar bisa lancar sampai proses persalinan. Berikut merk bantal yang dimaksudkan.

1. Bantal Total Body Pillow dari Leachco

Bantal ini dirancang khusus untuk memberikan dukungan pada seluruh tubuh selama kehamilan, dan juga dapat digunakan setelah melahirkan untuk menyusui. Disamping itu juga memiliki bentuk yang ergonomis dan terbuat dari bahan super lembut dan nyaman.

2. Bantal Khusus Kehamilan dari Boppy

Pilihan bantal sangat populer dan dirancang khusus untuk mengurangi tekanan pada perut, serta memberikan dukungan punggung dan pinggul. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyusui saat bayi sudah lahir.

3. Bantal Kehamilan dan Menyusui dari Queen Rose

Sesuai namanya bisa untuk kehamilan dan menyusui, meski begitu fungsional tapi desain tidak akan melupakan kenyamanan penggunaan juga. Desain ergonomis yang dirancang khusus untuk memberikan dukungan seluruh tubuh, juga diperhatikan.

4. Bantal Khusus Kehamilan dari PharMeDoc

Bantal hamil dengan desain super ergonomis dan terbuat dari bahan berkualitas. Dapat digunakan untuk memberikan dukungan pada perut, punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

5. Bantal Khusus Kehamilan dari U-Shaped

Memiliki desain U-Shaped yang dapat memberikan dukungan pada seluruh tubuh selama kehamilan. Bantal ini terbuat dari bahan super lembut dan nyaman, dan juga dapat digunakan untuk menyusui setelah melahirkan.

Ini hanya sedikit dari banyaknya merk yang beredar di pasaran. Tapi, selalu Anda ingat khususnya pada pembelian online. Jika ada harga jual murah itu menandakan kualitas juga akan mengikuti.

Sebab hukum ada harga ada rupa memang benar adanya, masak iya untuk kenyamanan diri saat mengandung jabang bayi harus menggunakan bantal abal-abal? Jadi, upayakan untuk mengutamakan harga lebih mahal.

Cara Menggunakan Bantal Hamil

Dirancang khusus untuk membantu bunda yang sedang mengandung untuk bantu lebih nyaman saat tidur.

Bentuknya jelas berbeda-beda seperti apa yang disampaikan, tapi itu tidak akan membantu tanpa tahu cara menggunakannya. Terdapat cara menggunakan bantal yang tepat, antara lain:

  1. Letakan pada sekitar tubuh saat tidur atau istirahat, biasanya penggunaan dapat diletakan pada sebelah perut, di antara kedua kaki, dan di belakang punggung, demi mengurangi tekanan yang menyebabkan rasa tidak nyaman.
  2. Gunakan secara tepat saat duduk atau berbaring. Penggunaan ini dapat diletakan pada punggung atau bawah perut, guna membuat nyaman karena biasanya di sana timbul rasa tidak nyaman.
  3. Gunakan saat sedang menyusui, jadi tidak hanya serta merta digunakan pada saat sedang mengalami kehamilan. Bantal tersebut nyatanya dapat digunakan untuk menyusui agar lebih stabil posisinya.
  4. Penggunaan yang tepat akan disesuaikan dengan pemilihan pilihan tepat, jadi pastikan memilih yang tepat sesuai cara sebelumnya. Pastikan juga yang tidak mudah kotor atau mudah dicuci.
  5. Pergunakan sesuai posisi tidur ternyaman, disarankan memilih sesuai kebutuhan bukan tanpa alasan. Itu semua demi dapat membantu bunda cari posisi tidur lebih nyaman sesuai keinginan dari tubuh.

Penggunaan yang tepat dapat menentukan rasa nyaman yang akan dialami. Jadi, jika ingin petunjuk lebih detail mengenai penggunaan. Bisa baca pada panduan yang diberikan pada paket pembelian.

Sebab pada pilihan yang bagus biasanya akan memberikan bungkusan terbaik. Bahkan disertai dengan manual tentang bagaimana cara menggunakannya, cari tahu lebih dalam melalui bantuan itu.

Biasakan juga dengan konsultasi dengan dokter tentang penggunaan. Manfaatkan sesi konsultasi tiap bulan untuk menanyakan juga soal bantal hamil, selain kondisi si jabang bayi itu sendiri. (drzuhdy.com red)