Syarat dan Cara Daftar Bantuan PKH dari Kemensos

4
435
Syarat dan Cara Daftar Bantuan PKH dari Kemensos
Berikut Ini Syarat dan Cara Daftar Bantuan PKH dari Kemensos Sumber gambar: DrZuhdy.com

Banyak yang bertanya di media sosial mengenai apa saja syarat dan cara daftar bantuan PKH dari kemensos. Bantuan langsung tunai program keluarga harapan ini merupakan satu dari banyaknya jenis bantuan sosial di mana sejak tanggal 4 Januari kemarin telah disalurkan ke pihak penerima.

Sebenarnya ada banyak ragam dan macam bantuan pemerintah. Silahkan dipahami dan bila memenuhi syarat maka segera daftar. Baca rincian bantuannya di link ini: Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai

Untuk penerimaannya sendiri juga dibagikan jadi 4 tahap. Di mana diberikan tiap tiga bulan sekali, pada bulan Januari, April, Juli, serta Oktober. Mengenai jumlah bansos yang diberikan sendiri juga beragam, sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Pelajar diberikan sebanyak 900 ribu rupiah setiap tahunnya.

Sedangkan untuk ibu hamil serta anak-anak berusia dini akan diberikan sekitar 3 juta rupiah setiap tahunnya. Sesuai data yang telah didapatkan oleh pihak media, sekitar 86% dana sudah disalurkan hingga minggu ke dua bulan Januari ini. Hal tersebut membuktikan jika bantuan sudah diterima yang bersangkutan.

Cara Daftar BLT PKH

Pihak kemensos membuat tahapan bagaimana cara melakukan proses registrasi agar bisa jadi penerima bansos PKH ini. Seperti misalnya masyarakat tidak mampu daftar ke desa setempat. Tentu saja wajib melengkapi identitas diri seperti KK maupun KTP. Setelah itu pihak kelurahan akan memusyawarahkan kelayakan Anda menerima bantuan.

Nantinya akan ada surat dengan tanda tangan kepala desa serta aparat desa lain yang dipakai untuk data penerimanya yang disebut prelist. Prelist akhir tersebut nantinya dipakai oleh pihak dinas sosial agar dapat memverifikasi data sesuai dalam DTKS. Untuk mengeceknya dilakukan dengan mengunjungi rumah masing-masing penerima.

Jika sudah diverifikasi, maka akan dikirim ke dinsos agar bisa dimasukkan datanya ke apk SIKS secara online dan diteruskan ke walikota. Hasil data verifikasi tersebut disimpan walikota kemudian diteruskan ke gubernur serta kemudian menteri. Untuk menyampaikannya sendiri hanya perlu memasukkan data tersebut ke apk.

Data yang sudah benar diunggah ke apk SIKS-NG serta tidak lupa surat pengesahan juga diupload. Untuk data siapa penerima dana bantuan bisa dilihat dari situs resmi kemensos. Caranya juga hanya perlu memasukkan nomor kependudukan. Untuk syarat dan cara daftar bantuan PKH dari kemensos tidaklah rumit.

Kriteria Penerima Bantuan PKH

Untuk siapa saja yang berhak menerima bantuan ini juga harus sesuai dengan kriteria sebelumnya telah ditentukan. Untuk sisi kesehatannya yang berhak ialah ibu hamil/ menyusui. Selain itu pada anak usia 0-6 tahun belum sekolah juga masuk kriteria, serta jumlahnya sekitar 3 juta setiap tahunnya.

Ada juga variabel pendidikan di mana penerima bantuan ini merupakan anak dengan umur 6 sampai 21 tahun yang wajib belajarnya belum selesai. Baik sedang sekolah di SD, SMP, SMA sederajat. Mengenai jumlah bantuan tersebut sekitar 900 ribu untuk SD, 1.5 juta SMP, serta 2 juta SMA.

Sedangkan untuk kriteria kesejahteraan sosialnya ialah orang tua maupun lansia dengan usia lebih dari 70 tahun dalam satu KK sama. Setiap tahunnya mendapat 2.4 juta. Pastikan Anda tahu syarat dan cara daftar bantuan PKH dari kemensos agar tidak bingung ketika ingin mendaftar. (tim penulis)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here