Cara Investasi Emas Antam dalam 4 Langkah Mudah

0
81
Tips Cara Investasi Emas Antam
Cara Investasi Emas Antam. Sumber gambar: Erik Stein dari Pixabay Free License

Investasi emas digandrungi semua kalangan karena mudah diperoleh dan likuid. Selain berupa perhiasan, investasi emas yang kini mulai dilirik adalah emas batangan. Berikut ini cara investasi emas Antam batangan.

Produk investasi termasuk variatif dan beragam. Di antara produk investasi adalah saham, reksadana, properti, deposito, dan emas.

Investasi emas dinilai sebagai investasi aman dan defensif. Alasannya, karena emas bersifat melindungi aset uang yang kamu miliki.

Baca Tips Lainnya: Cara Investasi Emas di Bank

Konsep penerapan emas sebagai pelindung aset adalah dengan cara investasi emas Antam hari ini dan menjualnya ketika kamu sedang butuh uang tunai.

Contohnya, kamu memiliki uang tunai senilai Rp 50 juta. Jika disimpan dalam bentuk uang tunai atau tersimpan di bank, nilai Rp 50 juta tersebut akan terdepresiasi dan terinflasi.

Misalnya saja, tahun ini uang Rp 50 juta kamu mampu membeli tanah seluas 100 meter persegi di wilayah desa. Tapi 10 tahun lagi, uang Rp 50 juta tersebut mungkin hanya bisa membeli tanah seluas 50 meter persegi.

Dengan menyimpan uang Rp 50 juta tersebut dalam bentuk emas dan bukan uang tunai, maka emas akan melindungi nilai uang kamu. Dalam waktu 10 tahun lagi, uang tunai hasil penjualan emas tersebut masih bisa membeli tanah seluas 100 meter persegi.

Inilah sebabnya kamu harus memahami tujuan dan fungsi investasi emas untuk perlindungan aset jangka panjang.

Kalau ini pertama kalinya kamu belajar tentang investasi emas, pahami cara investasi emas, baik emas Aneka Tambang, UBS, maupun emas merek lainnya.

Kenapa Harus Investasi dengan Emas Antam?

keuntungan investasi emas antam
keuntungan investasi emas antam

Antam adalah singkatan untuk menyebut PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan ini adalah perusahaan publik yang menambang emas dan nikel di Indonesia. Apa keuntungan investasi emas antam?

Emas Antam berarti emas yang dicetak oleh PT Aneka Tambang. Oleh sebab itu, kamu Cara investasi emas antamungkin pernah mendengar emas UBS, emas PAMP, emas Semar, emas Lotus Archi, hingga emas Galeri24 milik Pegadaian.

Di masyarakat, emas Antam paling laku dan paling mudah dijual. Sebab, banyak orang sudah mengenali Antam sebagai produsen logam mulia emas di Indonesia.

Kalau kamu baru pertama kali terjun ke bidang investasi emas, usahakan untuk pilih emas di Antam.

Sebab, akan lebih mudah untuk menjual emas Antam ke saudara atau tetangga dibandingkan menjuale mas UBS atau emas Lotus Archi ke tetangga.

Selain itu, kamu bisa menjual emas Antam di luar negeri. Sebab, sertifikat keaslian emas Antam sudah diakui secara internasional sedangkan emas merek lain belum memiliki kelebihan ini.

Simak juga tips: Cara investasi emas di pegadaian

Cara Investasi Emas Antam Modal Tipis

Cara investasi emas di antam
Cara investasi emas di antam

Saat ini, sudah beredar emas mini atau minigold yang dijual di pasaran. Emas mini gold ini adalah emas pecahan kecil dengan ukuran di bawah 1 gram.

Kebanyakan, emas ini dijual untuk mereka yang ingin memiliki emas sebagai investasi namun kesulitan memperoleh emas Antam 1 gram.

Alasannya, karena investasi emas Antam 1 gram mahal. Harga 1 gram emas Antam saat ini berkisar di harga Rp 960 ribu sedangkan emas pecahan kecil bisa kamu peroleh dengan harga hanya Rp 100 ribuan.

Kalau budget kamu untuk investasi emas tergolong fleksibel, maka silakan beli emas dalam gram yang lebih besar sekaligus. Sebab, harga emas dalam ukuran gram besar lebih murah daripada emas mini.

Berikut ini cara investasi emas Antam untuk melindungi aset kamu:

1. Pilih Gram Besar

Seperti yang sudah disinggung di atas, emas Antam ukuran gram besar memiliki harga lebih murah sebab harga cetak hanya dihitung satu kali.

Ketika kamu membeli 1 biji emas batangan Antam seberat 10 gram, rupiah yang kamu keluarkan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan membeli 10 biji emas Antam dengan berat masing-masing 1 gram.

Meskipun sama-sama berjumlah 10 gram, harga 1 emas Antam 10 gram akan lebih murah dan menguntungkan dibanding kamu membeli 10 biji emas 1 gram.

Sebab, dalam setiap 1 gram yang kamu beli, kamu dikenai biaya cetak emas tersebut. Kalau kamu beli 10 biji, maka kamu dikenai biaya cetak emas 10 kali.

Bandingkan dengan membeli emas 10 gram dengan biaya cetak 1 kali. Tentu lebih menguntungkan.

2. Beli di Agen Antam

Secara umum, kamu bisa membeli emas di toko emas. Namun untuk emas antam batangan, kamu harus usaha sedikit ekstra.
Alasannya, tidak setiap toko emas menjual emas Antam. Selain itu, toko emas kebanyakan hanya menjual emas batangan pada jam-jam tertentu.

Kebanyakan toko emas menjual emas batangan setelah pukul 12:00. Namun, itu pun tidak menggaransi ketersedian model emas batangan atau koin yang kamu cari.

Oleh sebab itu, lebih baik investasi emas Antam dengan cara membeli langsung dari distributor dan agen resmi PT Aneka Tambang.

Kalau kamu kesulitan menemukan agen emas Antam di wilayah kamu, silakan beli emas Antam dari orang lain. Selama emas tersebut memiliki sertifikat dan bisa diperiksa keasliaan melalui aplikasi CertiEye milik Antam.

3. Gunakan Dana Nganggur

Cara investasi emas Antam yang menguntungkan adalah dengan menggunakan dana simpanan. Tujuan investasi emas adalah untuk menyimpan aset dalam jangka panjang agar tak terdepresiasi dan terkena inflasi.

Oleh sebab itu, investasi emas Antam dengan cara berisiko sebaiknya dihindari. Sebab, bukannya untung, kamu malah akan rugi jika berinvestasi dengan dana darurat atau dana operasional.

Alasannya, emas perlu disimpan dalam jangka waktu tertentu sebelum kamu bisa meraih untung.

Umumnya, kamu perlu menyimpane mas selama 3 tahun sebelum kamu menjual emas tersebut.

Ketika kamu beli emas hari ini dan menjualnya 2 bulan kemudian, kamu malah akan menanggung rugi karena harga buyback yang belum menyentuh harga modal ketika kamu beli.

Jadi, pastikan kamu hanya menggunakan dana simpanan yang tidak akan kamu gunakan setidaknya dalam waktu 5 tahun.

4. Siapkan Dana Darurat

Penyebab kebanyakan orang gagal investasi emas di Antam adalah karena mereka tidak menyiapkan dana darurat, atau menjadikan simpanan emas sebagai dana darurat.

Sebelum investasi apapun, pastikan kamu sudah memiliki dana operasional dan dana darurat yang cukup.

Dengan begitu, investasi kamu tidak akan terganggu karena desakan kebutuhan dana mendadak.

Mulai Investasi Emas Antam Hari Ini

Dalam jangka waktu 3, 5, hingga 10 tahun, harga emas diprediksi akan terus naik. Kalau kamu punya dana simpanan, simpan uang kamu dalam bentuk emas batangan atau koin.

Ingat, jangan simpan aset kamu dalam bentuk perhiasan, sebab, kemurnian emas batangan berbeda dengan emas perhiasan.
Selain itu, emas perhiasan memiliki karatase tertinggi 22 karat sedangkan emas murni memiliki karatase 24 karat.

Secara nilai, emas batangan Antam atau koin lebih menjanjikan untuk investasi. Pilih cara ini kalau kamu ingin investasi emas Antam mulai sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here