Penyebab dan Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi

0
152
Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi
Tutorial Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi

Kesehatan Anak – Kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini bisa menjadi pemicu terjadinya tubuh rentan terserang penyakit, khususnya batuk dan pilek. Tidak hanya menyerang kalangan orang dewasa saja, kondisi ini juga bisa berpotensi menyerang bayi.

Karena itulah, tak jarang para ibu di rumah sering kali mencari informasi seputar cara menghilangkan dahak pada bayi mengingat kondisi bayi sulit mengeluarkan dahak ketika batuk atau pilek.

Bagi Anda yang mungkin juga penasaran mengenai hal ini, maka bisa menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa saja faktor penyebab dahak pada bayi?

Umumnya dahak merupakan lendiri yang dikeluarkan oleh tubuh manusia atas reaksi gangguan yang terjadi di saluran pernapasan atas. Ketika bayi mengalami dahak, hal ini biasanya akan mengakibatkan mereka terganggu dalam pernapasannya dan juga mengganggu saat proses menelan ASI.

Tidak mengherankan jika bayi sering kali rewel saat terjadi rewel akibat kondisi yang membuatnya tidak merasa nyaman lantaran dahak yang belum bisa dikeluarkan. Dalam hal ini, ada beberapa faktor penyebab dahak pada bayi antara lain sebagai berikut :

  • Adanya virus flu dan pilek.
  • Bayi menghirup sesuai seperti asap rokok, udara kotor, bahan kimia ataupun bahan iritan lainnya.
  • Terkena penyakit asma.
  • Terjadi bronkiolitis yang muncul setelah flu biasa.

Baca Juga : Cara Menurunkan Panas Pada Anak Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan dahak pada bayi?

Menghilangkan dahak pada bayi memang terbilang sedikit sulit dilakukan, akan tetapi Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara aman berikut ini.

Menggunakan bantuan nebulizer

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak pada bayi yang paling umum yakni dengan menggunakan bantuan nebulizer (terapi uap) di rumah sakit. Tujuan dilakukan terapi ini agar mengencerkan dahak pada bayi sehingga hidung tidak tersumbat.

Memanfaatkan uap air panas ditambah minyak kayu putih

Menghilangkan dahak bayi juga bisa dilakukan dengan cara mudah yakni dengan memanfaatkan uap air panas ditambah dengan minyak kayu putih. Disini Anda bisa menyiapkan baskom berisi air hangat dicampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan letakkan di dekat si kecil agar dia bisa menghirup uap yang dihasilkan air hangat tersebut.

Simak Juga : Demam Karena Tumbuh Gigi Pada Bayi

Cara menghilangkan dahak pada bayi dengan daun sirih secara alami

Daun sirih ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan dahak pada bayi. Caranya, Anda perlu memanaskan daun sirih tersebut dan ketika kondisinya hangat baru ditempelkan ke dada dan punggung si kecil. Tujuan dilakukan hal ini agar dapat mengencerkan dahak dan membuangnya melalui kotoran.

Menghangatkan tubuh si kecil

Untuk cara menghilangkan dahak pada bayi yang terakhir yakni bisa dilakukan dengan menghangatkan tubuh bayi. Dengan hawa panas yang dihasilkan tubuh bayi ini, maka nantinya bisa membantu dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkannya. Adapun untuk menghangatkan tubuh bayi, Anda bisa memakaikan baju hangat, mengoleskan minyak telon dan lain – lain.

Jadi, itulah tadi informasi penting bagi Anda mengenai beberapa faktor penyebab dahak pada bayi dan juga tips cara mengeluarkan dahak pada bayi yang mudah dilakukan di rumah. (PC – drzuhdy.com)