5 Cara Menghilangkan Pecah Pecah di Kaki Terbukti Aman

0
191
Cara Menghilangkan Pecah Pecah di Kaki
Tutorial Cara Menghilangkan Pecah Pecah di Kaki

Pernahkah Anda mengalami pecah-pecah di kaki? Kondisi masalah kesehatan kulit tersebut tentu membuat Anda tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika semakin diabaikan, maka akan memberikan rasa sakit. Untuk itu, sebaiknya segera untuk mencari cara menghilangkan pecah pecah di kaki.

Sebelum membahas caranya, Anda perlu tahu penyebab kaki menjadi pecah-pecah. Bagi Anda yang jarang minum, maka bisa menjadi penyebab kaki mudah mengalami pecah-pecah. Kebiasaan berendam di air panas dalam waktu yang lama juga dapat membuat kaki menjadi pecah-pecah.

5 Cara Menghilangkan Pecah Pecah di Kaki Paling Ampuh

Tanda bahwa kaki Anda pecah-pecah dapat dikenali jika pada bagian tumit bersisik atau penebalan, mengelupas, retak-retak, hingga menimbulkan rasa gatal. Sebelum bertambah parah, sebaiknya ketahui cara-cara menghilangkan pecah di kaki berikut ini:

1. Oleskan Pelembab pada Kaki

Cara pertama, oleskanlah pelembab pada bagian kaki yang pecah-pecah. Pilih pelembab yang memiliki kandungan ampuh untuk menyembuhkan pecah pecah di kaki. Kemudian pakailah kaos kaki selama Anda tidur agar kondisi kaki yang sudah diolesi pelembab tetap terjaga kelembabannya.

2. Mandi Air Dingin

Cara kedua, Anda yang terbiasa mandi dengan air hangat, jika kondisi kaki pecah-pecah sebaiknya beralih mandi dengan air dingin. Air dingin adalah cara alami menghilangkan pecah pecah di kaki yang akan membuat kaki tetap lembab. Jika mandi dengan air hangat membuat kaki-kaki Anda menjadi cepat kering.

3. Rendam dengan Garam dan Air Lemon

Cara ketiga, campurkan garam dengan air lemon kemudian rendamlah kaki Anda yang pecah-pecah. Lemon memiliki kandungan yang sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki. Kemudian kandungan pada garam bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi di kaki yang pecah-pecah.

4. Banyak Minum Air Putih

Cara keempat, menjadi cara paling mudah untuk dilakukan karena cukup minum air putih yang banyak. Ini untuk mencegah tubuh Anda mengalami dehidrasi sehingga kaki menjadi kering dan eca-pecah. Penuhi asupan harian Anda dengan banyak minum air putih mulai dari sekarang.

5. Kebersihan Kaki Harus dijaga

Cara kelima, Anda tidak boleh mengabaikan kebersihan kaki. Malas untuk mencuci kaki setiap habis dari luar akan memudahkan timbulnya pecah-pecah pada kaki. Mulai sekarang biasakan untuk jaga kebersihan pada kaki maupun bagian sekitarnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Kutu Air di Sela Jari Kaki

Sebagai tips menghilangkan pecahpecah di kaki, perlu juga untuk memperhatikan jenis alas kaki yang Anda pakai dalam beraktivitas sehari-hari. Ada baiknya pakai sandal atau sepatu yang dapat melindungi bagian tumit dengan baik.

Selain itu, posisi duduk seperti menyilangkan kaki atau berdiri terlalu lama juga sebaiknya dihindari. Sebab itu juga dapat membuat kaki Anda mudah mengalami pecah-pecah. Itulah cara menghilangkan pecah pecah di kaki yang mudah untuk Anda lakukan agar kaki menjadi mulus kembali. (PC – drzuhdy.com)