Cara Mengobati Kutu Air di Sela Jari Kaki dengan Benar

0
119
Cara Mengobati Kutu Air di Sela Jari Kaki
Tips Mudah Cara Mengobati Kutu Air di Sela Jari Kaki

Drzuhdy.com – Cara mengobati kutu air di sela jari kaki sama sekali tidak sulit untuk dilakukan. Penyakit satu ini disebabkan oleh infeksi jamur menular. Biasanya jamur tersebut tumbuh pada bagian kulit kaki. Terlebih lagi pada bagian sela-sela kakinya.

Seringkali keberadaan jamur tersebut memicu terjadinya dermatofitosis. Kondisi ini tentu dipicu oleh tingkat kelembaban tinggi di organ sela kaki yang berkombinasi dengan keringat. Kondisi tersebut bisa memicu terjadinya pertumbuhan jamur.

Kutu air sendiri bisa muncul di sela kaki dalam beberapa bentuk. Namun ada juga yang langsung muncul dalam bentuk kombinasi. Diantaranya adalah Hiperkeratosis, Intertriginosa, Ulseratif akut dan Vesikobulosa.

Baca Juga : Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa

Jenis Jamur Penyebab Kutu Air

Penting untuk diketahui, ada beberapa hal utama yang menjadi pemicu terjadinya kutu air. Penyebab utama dari penyakit satu ini adalah jamur. Umumnya jenis jamur penyebab kutu air berada di tempat yang lembab dan hangat seperti kolam renang ataupun kamar mandi. Berikut ini beberapa jenis jamur yang bisa memicu terjadinya kutu air :

  1. Trichophyton (T.) rubrum.
  2. T. interdigitale.
  3. T. mentagrophytes var. Interdigital.
  4. Epidermophyton floccosum.

Penyebaran jenis jamur satu ini bisa dipicu oleh sentuhan langsung ataupun benda yang terkontaminasi. Ketika kutu air sudah menempel di permukaan kulit, mereka akan masuk ke bagian dalam epidermis dan merusak dari dalam.

Selain itu ada juga beberapa hal lain yang bisa memicu terjadinya penyakit tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Berbagi benda pribadi dengan penderita
  2. Sering masuk ke area publik tanpa alas kaki
  3. Terlalu sering mengenakan alas kaki tertutup
  4. Tidak mengeringkan kaki ketika berkeringat
  5. Mengenakan sepatu yang terlalu tebal dan ketat
  6. Keberadaan luka pada sela jari kaki
  7. Tidak menjaga kebersihan kaki dengan baik sehingga menyebabkan kemunculan kutu air.

Mulai dari sekarang, pastikan untuk menghindari faktor risiko di atas sebagai cara dalam mengobati kutu air di sela jari kaki secara alami. Jika Anda menjaga kebersihan kaki dengan baik, maka penanganan bisa dilakukan sejak dini.

Simak Juga : Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering dan Hilang

Cara Mengobati Kutu Air di Sela Jari Kaki

Cara mengobati kutu air pada sela jari bisa dilakukan sendiri di rumah. Salah satu cara terbaik yang bisa dipilih adalah penggunaan krim antijamur. Jenis krim seperti ini bisa Anda beli dengan bebas pada apotek terdekat di wilayah masing-masing.

Contoh krim yang bisa Anda beli dengan bebas tanpa resep dokter tersebut adalah Miconazole, Clotrimazole dan Econazole. Penggunaan obat satu ini memungkinkan Anda untuk mengobati penyakit jamur dalam jangka waktu 2 hingga 4 minggu saja.

Jika kutu air Anda tidak mengalami perbaikan setelah menggunakan krim, segera konsultasikan ke dokter ahli. Biasanya dokter akan mulai melakukan penanganan dari dalam dengan memberikan krim yang tidak dijual bebas. Contohnya adalah seperti terbinafine, itraconazole dan tolnaftate.

Tidak hanya itu saja, ada juga jenis obat jamur kapsul yang biasa diberikan oleh dokter. Kombinasi antara pengobatan luar dan dalam ini terbukti ampuh untuk memaksimalkan proses penyembuhan dari gangguan kutu air yang Anda alami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini