Home Kesehatan Kulit Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa

0
260
Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa
Tips Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa

Info Kesehatan Kulit – Drzuhdy.com. Sering kali orang mencari cara mengobati biang keringat pada orang dewasa, dikarenakan fenomena ini tidak hanya dirasakan oleh bayi. Seluruh bagian tubuh bisa mengalami biang keringat, dari wajah sampai kaki.

Hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada kelenjar keringat sehingga membuatnya tidak bisa keluar ke permukaan. Sampai akhirnya memunculkan iritasi yang terdapat di bagian tubuh seperti ruam berwarna kemerahan.

Namun, tidak perlu khawatir dikarenakan terdapat solusi untuk mengatasi biang keringat ini. Bahkan, Anda dapat melakukan pencegahan untuk menghindari pantangannya agar tidak mengalaminya kembali suatu saat nanti.

Ketahui Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa

Sebenarnya fenomena munculnya penyakit biang keringat cukup ringan dan tidak mengakibatkan masalah besar atau berbahaya untuk tubuh. Meski begitu, penderita akan merasa terusik ketika beraktivitas jika mengalami gatal-gatal di tubuh.

Pakai steroid oles

Memakai obat steroid juga dapat menjadi obat biang keringat dewasa paling ampuh. Komponen anti-peradangan di dalamnya membantu meringankan rasa gatal, contohnya obat hidrokortison dapat dipakai dan dioleskan.

Obat antihistamin

Jika Anda tidak ingin memakai obat oles, obat antihestamin dapat dijadikan pilihan yang tepat. Obat ini terkenal akan manfaatnya dalam meringankan gejala alergi dan ternyata juga dipakai pada biang keringat.

Gunakan kompres dingin

Bagi yang menyukai sensasi sejuk, cobalah memakai kompresan dingin untuk meringankan gejalanya. Anda cukup siapkan kain bersih yang sudah direndam es batu atau air dingin, dan kompres maksimal 20 menit.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering dan Hilang

Benarkah Lidah Buaya Bisa Menyembuhkan Biang Keringat?

Ternyata tidak hanya obat salep untuk meredakan gejala gatalnya pada tubuh, tapi bahan dari alam juga bisa dimanfaatkan. Anda dapat menggunakan tanaman lidah buaya untuk menyembuhkannya.

Kandungan antibakteri dan antiseptik yang bisa mengurangi beragam jenis permasalahan pada kulit dimiliki tanaman ini. Cara penggunaannya mudah, Anda cukup mengambil daging lidah buaya dan dioleskan ke bagian yang gatal.

Selain itu, biasanya tanda biang keringat akan sembuh jika Anda sudah merasa gatal-gatalnya mulai menghilang. Kemudian bintik-bintik kemerahannya telah memudar maka Anda sudah tidak mengalami penyakit ini.

Namun, jika sudah merasa parah dan tidak bisa diobati dengan obat dari apotik maupun bahan alam. Hingga terdapat bintik kemerahan membengkak dan sakit, bahkan mengeluarkan nanah, merasakan demam serta menggigil.

Segera Konsultasi Jika Keadaan Semakin Memburuk

Langsung konsultasikan ke dokter sebelum kondisinya semakin memburuk, jika nanti sudah pada proses penyembuhan. Anda harus menghindari pantangannya agar tidak terjadi hal yang buruk ke depannya.

Pantangan biang keringat seperti memakai pakaian yang ketat. Jika penderita menggunakan baju longgar, maka penyumbatan tidak terjadi. Tetap menjaga tubuh dalam kondisi dingin serta jangan pakai sabun berbahan dasar kasar.

Anda juga harus sering menyeka keringat pada saat berolahraga atau berada di luar rumah. Hindari kegiatan intensif di bawah terik matahari, berbagai pantangan ini bisa Anda ikuti untuk mencegah penyakit ringan tersebut.

Jika Anda sudah menjaga pantangannya, penyakit ringan ini juga tidak akan dialami. Begitu pentingnya memerhatikan aktivitas Anda dan apa yang dipakai sehingga biang keringat juga tidak dialami.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here