Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Laki-Laki dan Penyebabnya

0
18
Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Laki-Laki dan Penyebabnya
Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Laki-Laki dan Penyebabnya

Cara mengobati ruam popok pada bayi laki-laki sangat penting untuk dipahami oleh orang tua. Seringkali ruam ini terjadi secara tiba-tiba tanpa tanda-tanda terlebih dahulu. Penanganan yang tepat sejak awal akan membantu ruam hilang lebih cepat.

Ruam popok merupakan sebuah kondisi dimana bayi mengalami iritasi pada area kulit yang sering ditutupi oleh popok. Tentunya ada banyak sekali hal yang bisa memicu terjadinya ruam ini. Tapi umumnya ruam disebabkan oleh infeksi dan penggunaan popok yang terlalu ketat dan lama.

Baca Juga : Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Bayi

Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

Agar bisa menemukan obat ruam popok pada bayi yang tepat, Anda juga harus memahami apa saja hal hal yang bisa memicu terjadinya ruam tersebut. Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 7 hal utama yang memicu kemunculan ruam popok ini.

  • Popok yang bayi Anda gunakan sudah lembab akibat jarang diganti. Kombinasi urine dengan tinja bisa memunculkan bakteri berbahaya yang membuat bayi mengalami infeksi dan iritasi.
  • Popok yang bayi Anda gunakan terlalu ketat sehingga bergesekan dengan kulit bayi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit bayi yang masih rentan.
  • Ruam juga bisa disebabkan oleh makanan baru pendamping ASI bagi bayi yang masih berusia 4 hingga 6 bulan.
  • Ibu mengkonsumsi makanan dengan kadar keasaman tinggi sehingga mempengaruhi tinja pada bayi. Konsumsi makanan dengan kadar asam tinggi bisa membuat kulit bayi lebih mudah terkena iritasi.
  • Terjadi infeksi oleh jamur dan bakteri pada area bokong dan paha akibat terlalu sering bersentuhan dengan popok.
  • Bayi mengalami iritasi akibat penggunaan produk perawatan kulit bayi yang tidak tepat.
  • Kulit bayi sensitif akibat kondisi dermatitis atopik atau eksim sehingga memiliki kerentanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan bayi lain pada umumnya.
  • Konsumsi antibiotik pada bayi

Tujuh alasan di atas umumnya menjadi penyebab utama ruam popok pada bayi. Jika kondisi ruam pada bayi terlihat parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Simak Juga : Demam Karena Tumbuh Gigi Pada Bayi

Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Laki-Laki

Untuk menangani ruam popok, ternyata ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh orang tua, Tentunya cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan memastikan kalau kulit bayi senantiasa kering dan bersih. Namun selain itu, langkah-langkah berikut ini juga bisa Anda coba :

  • Pastikan untuk mencuci tangan hingga bersih ketika Anda mengganti popok bayi
  • Segera ganti popok bayi apabila sudah terkena tinja atau basah karena urine.
  • Selalu keringkan area yang tertutupi oleh popok dengan kain lembut
  • Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan pelembab khusus dengan kandungan zinc oxide pada area ruam popok. Krim salep ini bisa Anda beli tanpa resep dokter sama sekali.
  • Jangan gosok kulit bayi yang lecet
  • Kenakan popok dengan ukuran lebih besar dari biasanya.

Jika cara di atas tidak memberikan hasil yang maksimal, segera konsultasikan kondisi bayi Anda kepada dokter ahli. Selain langkah yang sudah kami jelaskan di atas, Anda juga bisa memilih cara mengobati ruam popok pada bayi laki laki secara alami jika ada yang merekomendasikannya.

Baca Juga : Vitamin Untuk Anak yang Susah Buang Air Besar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini