Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Bayi

0
62
cara mengobati radang tenggorokan pada bayi
Ilustrasi cara mengobati radang tenggorokan pada bayi. Sumber gambar: nguyen nghia dari Pixabay Free License

Mengatasi peradangan tenggorokan pada bayi tidak boleh asal-asalan. Lantas bagaimana cara yang tepat? Yuk baca tips bagaimana cara mengobati radang tenggorokan pada bayi berikut ini.

Seperti pada orang dewasa dan remaja, bayi pun bisa menderita radang tenggorokan. Namun, cara mengatasinya tidaklah sama. Hal ini harus disesuaikan dengan proses pertumbuhan dan perkembangan sang bayi.

Peradangan tenggorokan biasanya diakibatkan oleh infeksi oleh virus dan bakteri. Pada umumnya penyakit ini menimbulkan gejala demam, batuk, pilek, bayi tidak mau makan, bayi sering gumoh (mengeluarkan air liur) lebih banyak dari biasanya, hingga pembengkakan pada kelenjar getah bening leher dan amandel.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Bayi

Kebanyakan bayi akan rewel dan gelisah terutama saat minum atau menelan makanan. Hal ini dipastikan oleh karena rasa yang tidak nyaman yang dirasakan oleh bayi. Lantas bagaimana cara mengatasi penyakit radang tenggorokan pada bayi seperti ini? Silahkan simak tips-tips berikut ini.

Tetap Berikan Air Susu Ibu

Makanan utama bayi yang berumur kurang dari 6 bulan adalah air susu ibu. Segala kebutuhan gizi sang bayi sudah terkandung dalam ASI ini. Namun, tahukah Anda bahwasanya ASI juga memiliki kandungan imunoglobulin? Zat ini akan membantu membentuk sistem kekebalan tubuh bayi. Jadi, tetap memberikan ASI pada bayi yang mengalami radang tenggorokan merupakan suatu langkah yang tepat.

Bilamana bayi menolak untuk diberikan ASI maka jangan dipaksakan. Berikan ASI sesering mungkin dengan jumlah yang sedikit-sedikit. Sang ibu juga harus memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini guna menjaga air susu ibu tetap berkualitas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Telah dijelaskan bahwasanya virus sering menjadi penyebab paling sering munculnya radang tenggorokan pada bayi. Sejatinya penyakit dan gejala yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya bilamana daya tahan tubuh bayi dalam keadaan baik. Hal ini sering dikenal dengan istilah self-limiting disease. Semakin bagus tingkat daya tahan tubuh maka semakin cepat sembuh sang bayi.

Oleh sebab itu, cara berikutnya untuk mengatasi peradangan tenggorokan pada bayi adalah dengan meningkatkan status imunitasnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan ASI saja pada bayi kurang dari 6 bulan dan makanan tambahan yang bergizi dan sehat untuk bayi di atas usia 6 bulan.

Jangan biasakan bayi mengonsumsi makanan buatan pabrik. Selama Anda masih bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi secara alamiah maka disarankan untuk melakukannya secara alamiah. Jangan mudah terbuai iklan produk untuk peningkatan daya tahan tubuh. Silahkan bawa bayi Anda melakukan kegiatan rutin di luar rumah dan kenalkan dengan berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan.

Menjaga Kelembaban

Kelembaban ruangan seringkali tidak menjadi perhatian orangtua padahal hal ini juga memberikan pengaruh terhadap bayi. Ruangan yang lembab akan meningkatkan kemungkinan seorang bayi terkena radang tenggorokan. Mengapa demkian?

Hal ini karena ruangan yang lembab akan menjadi habitan alamiah (cocok) dengan pertumbuhan agen infeksi seperti bakteri, jamur, dan virus. Semakin sering ruangan dalam kondisi lembab maka semakin banyak jumlah agen infeksi yang tumbuh.

Disarankan untuk memiliki ruangan perawatan bayi yang terpapar dengan sinar matahari (tapi tidak secara langsung). Sinar ultraviolet dari matahari akan membantu membunuh agen infeksi yang berbahaya. Jangan terus-terusan menggunakan AC di dalam kamar bayi. Usahakan membuka ventilasi di pagi hari untuk membiarkan cahaya matahari dan udara segar masuk ke ruangan.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan bayi terutama area wajah (hidung dan tenggorokan) adalah cara berikutnya untuk mengatasi peradangan tenggorokan pada bayi. Segala perawatan yang diberikan kepada bayi hendaknya menggunakan tangan yang telah dicuci bersih.

Memberikan Obat Pereda Nyeri

Pada beberapa kasus tertentu, penyakit radang tenggorokan yang dialami bayi menyebabkan bayi tidak mau makan atau minum walaupun setelah dibujuk berkali-kali. Bila dibiarkan maka bayi dapat mengalami dehidrasi dan malnutrisi. Pada keadaan seperti ini Anda dapat memberikan obat penahan nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol dan ibuprofen. Silahkan berikan sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tercantum di label obat. Bila Anda ragu maka silahkan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nah, itu tadi beberapa tips bagaimana cara mengobati radang tenggorokan pada bayi. Bilamana setelah melakukan tips-tips di atas belum juga ada perbaikan maka dianjurkan untuk membawa bayi ke dokter. Dokter akan membantu mengkaji apa yang sebenarnya dialami oleh bayi dan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.

Baca juga: Cara mengatasi demam karena tumbuh gigi pada bayi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here