Contoh Makanan Yang Mengandung Vitamin D

2
543
makanan-yang-mengandung-vitamin-d
Kuning telur kaya akan vitamin D

Berbagai jenis dan contoh makanan yang mengandung vitamin D untuk kesehatan tubuh – Makan makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin D dapat mencegah munculnya penyakit osteoporosis. Selain itu, ini juga dapat menurunkan risiko mengalami penyakit hipertensi, kanker, sakit jantung, dan depresi. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan konsumsi makanan kaya vitamin ini.

Vitamin ini mempunyai posisi yang penting dalam pembentukan dan penguatan tulang. Selain itu, vitamin ini juga berguna dalam penjagaan kadar kalium dan fosfor di dalam darah yang didapatkan dari mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D.

Simak lebih lengkap apa saja khasiat vitamin ini bagi tubuh manusia di tautan di bawah ini.
> Manfaat vitamin D

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Sumber vitamin D yang paling penting adalah dari sinar matahari. Kepada setiap individu disarankan untuk mendapatkan paparan sinar matahari selama sedikitnya 10 menit dalam satu hari. Durasi ini dianggap mampu memenuhi kebutuhan kalsiferol bagi mereka yang kurang mengonsumsi makanan kaya vitamin D.

Nah, setelah memahami begitu pentingnya vitamin ini maka ada baiknya mengetahui dari mana saja vitamin D ini didapatkan, selain dari sinar matahari. Yuk simak jenis makanannya di bawah ini:

Kuning Telur
Di dalam satu kuning telur terdapat kira-kira 40 IU vitamin D. Namun, jangan konsumsi telur terlalu berlebihan dengan maksud mendapatkan vitamin D yang dikandungnya. Mengapa? Oleh karena, satu buah telur juga mempunyai kandungan 200 mg kolesterol. Kita tahu kolesterol memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah bila jumlahnya berlebihan.

Dengan demikian, variasikanlah jenis makanan Anda. Konsumsi telur sewajarnya untuk mencegah penyakit jantung. Kombinasikan dengan makanan lain yang juga mengandung vitamin D. Coba dengan jenis makanan di bawah ini.

Jamur
Jamur adalah tanaman yang mengandung vitamin D. Ini sangat cocok bagi mereka yang memilih menu makanan vegetarian, tetapi khawatir akan mengalami kekurangan vitamin D lantaran kurang makan daging. Ada sekitar 400 IU vitamin D dalam 300 mg jamur jenis portobello. Ini sangat baik untuk kesehatan.

Ikan Salmon
Salmon dikenal memiliki kandungan protein, omega-3, dan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Sebanyak 300 mg ikan salmon yang telah dimasak akan memiliki sejumlah 447 IU vitamin D. Beberapa contoh ikan lain yang juga memiliki kandungan kalsiferol hampir sama yaitu ikan sarden, tenggiri, dan ikan tuna.

Ikan tuna saat ini banyak yang sudah dikemas. Di dalam 100 gram ikan tuna yang dikalengkan terdapat 236 IU vitamin D. Namun, hati-hati dalam memilik produk tuna kalengan. Mengapa? Oleh karena beberapa darinya mengandung merkuri. Untuk lebih aman, jangan konsumsi ikan tuna lebih dari 200 gram dalam satu minggu.

Udang
Dalam menu satu porsi udang memiliki 152 IU vitamin D. Udang ini termasuk yang memiliki kadar lemak yang rendah sehingga cukup aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, udang juga mempunyai kandungan tembaga, protein, iodium, fosfor, dan vitamin B2.

Berapa Kebutuhan Vitamin D Harian Kita?

Tentunya kita harus tahu berapa keperluan kalsiferol bagi setiap orang. Ternyata jumlah kebutuhan ini tidak jauh beda untuk kelompo usia pertumbuhan dan masa produktif. Kelompok umur anak dan remaja memerlukan sebanyak 600 IU vitamin D setiap harinya. Begitu pula dengan kelompok orang dewasa juga membutuhkan 600 IU per harinya.

Nah, untuk kelompok lansia akan berbeda. Mereka yang berumur lebih dari 65 tahun membutuhkan kalsiferol sebanyak 800 IU tiap harinya.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi contoh makanan yang mengandung vitamin D yang perlu Anda pertimbangkan. Silahkan masukkan makanan tersebut dalam menu harian Anda. Aturlah jumlah dan porsi nya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Sumber:
Vitamin D, Drugs and Supplements dalam MayoClinic.com
12 Ways to Get Your Daily Vitamin D dalam Health.com

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini