Waktu Berjemur Yang Baik Untuk Mendapatkan Vitamin D

0
638
waktu berjemur yang baik
Berjemur di bawah sinar matahari

Kapan waktu berjemur yang baik untuk memperoleh vitamin D? Pertanyaan seperti ini cukup sering ditanyakan.

Vitamin D adalah suatu hal yang unik di tubuh manusia. Vitamin ini dibuat dari kolesterol yang berada di jaringan kulit ketika kulit terkena paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga intensitas paparan sinar matahari ke kulit agar menjaga kadar vitamin ini di dalam tubuh.

Vitamin ini sebenarnya tidak pas untuk disebut sebagai vitamin. Hal ini lantaran keberadaannya di dalam tubuh karena proses produksi tubuh sendiri. Sementara itu pengertian vitamin adalah sesuatu zat yang tidak bisa dihasilkan tubuh sehingga harus dikonsumsi dari luar tubuh. Apapun itu, kita anggap saja zat ini sebagai vitamin, Vitamin Sinar Matahari.

Waktu Berjemur Bergantung Kepada Sinar Ultraviolet B

Sinar matahari memiliki banyak jenis sinar dengan panjang gelombang yang berbeda. Sinar ultraviolet B (UVB) adalah jenis sinar yang berhubungan dengan pembentukan vitamin D ini.

Sinar ultraviolet B dari matahari akan mengenai kolesterol yang ada di jaringan dan sel kulit. Sinar ini mengandung sejumlah energi yang berguna dalam proses pembentukan vitamin D. Dalam jumlah yang cukup, vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Salah satu peran penting vitamin D adalah memanajemen kerja usus agar menyerap kalsium dan fosfor dari makanan ke dalam darah. Kita ketahui bersama bahwa kedua mineral ini adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Oleh karena itu, bila jumlah vitamin ini cukup maka kebutuhan akan kedua mineral ini pun terpenuhi.

Kadar vitamin yang rendah atau kekurangan vitamin D dihubungkan dengan berbagai komplikasi yang bersifat serius, diantaranya:

  • osteoporosis,
  • Penyakit kanker,
  • Gangguan mental depresi,
  • Kelemahan otot-otot,
  • hingga kematian.

Penting untuk diketahui bahwasanya sinar ultraviolet B ini tidak mampu atau hanya sedikit menembus jendela. Oleh karena itu, mereka yang beraktivitas lebih banyak di dalam gedung lebih cenderung mengalami defisiensi vitamin D.

Jadi, Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur

Di Indonesia, paparan sinar UVB dengan intensitas tinggi terjadi pada pukul 11 sampai 13 siang. Nah, waktu yang baik untuk berjemur adalah sebelum sinar UVB berada dalam intensitas tinggi. Sebagian ahli mengatakan sebelum pukul 10 pagi dan sebagian lain berpendapat sebelum pukul 11 siang.

Lama Waktu Berjemur
Disarankan untuk berjemur selama 15 sampai 25 menit saja. Anda dapat melakukan lebih lama bilamana berjemur dimulai lebih pagi. Begitu sebaliknya, disarankan berjemur lebih cepat bila memulai di waktu mendekati pukul 11 siang. Hal ini untuk menghindari efek samping yang terjadi pada kulit.

Hindari untuk berjemur dari pukul 11 siang sampai 16 sore. Jenis sinar matahari pada waktu-waktu ini bisa menimbulkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker kulit. Bila Anda terpaksa beraktivitas di waktu-waktu ini maka sebaiknya menggunakan pakaian tertutup, payung, topi, atau tabir surya.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan kapan waktu berjemur yang tepat dilakukan untuk mendapatkan manfaat vitamin D dan menghindari efek samping yang mungkin timbul. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:
healthline.com
Benefits of Sunlight: A Bright Spot for Human Health oleh Mead, M. N. NCBI (2008).