Kekurangan Vitamin D : Kenali Gejalanya!

kekurangan vitamin D
Sinar matahari penting dalam pembentukan vitamin D

Gejala awal kekurangan vitamin D memang sulit untuk dideteksi. Hal ini disebabkan oleh sifat gejalanya yang tidak spesifik. Padahal, kekurangan vitamin ini adalah suatu masalah kesehatan yang penting.

Mereka yang mengalami defisiensi vitamin ini akan rentan terkena penyakit tulang seperti penyakit rakitis, osteomalasia, ataupun osteoporosis. Selain itu, sistem imunitas pun dapat melemah karena pengaruh vitamin ini.

Kebutuhan vitamin D yang dikonsumsi adalah sejumlah 15 mikrogram (ug) tiap harinya untuk kelompok anak-anak, remaja, dan juga orang dewasa. Sementara itu, untuk kelompok umur lansia (lebih dari 65 tahun) disarankan pemberian 20 ug setiap hari. Ini didasarkan dari rekomendasi kebutuhan gizi oleh Kementrian Kesehatan.

Penyebab Kekurangan Vitamin D

Defisiensi vitamin D terjadi ketika tubuh tidak memperoleh jumlah yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi tubuh dan proses metabolisme. Hal ini bisa terjadi lantaran asupan dari makanan yang memang kurang ataupun jarang terkena paparan sinar matahari.

Selain 2 hal di atas, berbagai keadaan yang dapat menyebabkan seseorang menderita defisiensi vitamin D, antara lain:

• Individu yang mengalami gangguan saluran cerna seperti penyakit infeksi dan peradangan usus serta malabsorpsi. Kondisi ini akan menghambat proses penyerapan vitamin ini di saluran pencernaan.
  • Individu yang menderita intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu.
  • Mereka yang memiliki warna kulit yang lebih gelap.
  • Kelompok usia lanjut (umur lebih dari 65 tahun).
  • Individu dengan berat badan berlebihan atau obesitas.
  • Penggunaan obat medis tertentu seperti obat anti kejang dan anti HIV.
  • Mereka yang menerapkan diet vegetarian yang ketat.

Gejala dan Tanda Kekurangan Vitamin D

Defisiensi vitamin D bisa dikenai oleh siapa pun, baik itu anak-anak atau orang dewasa. Kesulitannya adalah gejala kekurangan vitamin ini tidaklah spesifik atau khas. Namun, ada beberapa keadaan yang berhubungan dengan defisiensi vitamin ini, antara lain:

Gejala Pada Kelompok bayi dan anak

Beberapa gejala dan tanda yang mungkin muncul adalah:

• Sesak nafas,
  • Mudah terkena penyakit,
  • Otot kram atau bahkan kejang,
  • Gangguan atau keterlambatan pertumbuhan, khususnya telat tumbuh gigi,
  • Masalah perkembangan, terutama berjalan,
  • Nyeri tulang, dan
  • Kaki bengkok.

Gejala Pada Kelompok Orang Dewasa

Bermacam tanda dan gejala yang akan diderita ialah:

• Sering merasakan nyeri otot dan tulang,
  • Tulang mudah patah setelah terkena trauma fisik atau cedera yang tidak terlalu berat,
  • Mudah terinfeksi penyakit, misalnya influenza,
  • Badan mudah merasakan keletihan dan kelelahan,
  • Masalah suasana hati yang dapat menunjukkan gejala depresi,
  • Penyembuhan luka melambat, dan
  • Rambut mudah sekali rontok.

Penting diingat bahwasanya gejala dan tanda pada bayi, anak, dan orang dewasa di atas dapat juga menjadi pertanda penyakit lain. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan yang lebih mendalam yang dilakukan oleh dokter.

Tips dan Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Setiap individu harus memenuhi kebutuhan vitamin D nya. Hal ini dilakukan karena begitu banyaknya masalah kesehatan yang terjadi bila mengalami defisiensi vitamin ini. Nah, kami bagikan bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D, yaitu:

• Konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin D, misalnya susu baik sapi ataupun kedelai, yogurt, telur, dan juga minyak ikan. Beberapa makanan dari laut pun ada seperti ikan sarden dan ikan tuna.
  • Beraktivitas di bawah paparan sinar matahari sedikitnya 20 sampai 30 menit, sekurang-kurangnya sebanyak 2 kali dalam seminggu.
  • Konsumsi suplemen vitamin D bila dibutuhkan.

Perlu juga dipahami bahwasanya terlalu banyak mengonsumsi vitamin ini juga tidak baik. Vitamin D ini bersifat larut dalam lemak sehingga mudah disimpan di dalam tubuh manusia. Kelebihan vitamin ini dalam jumlah banyak dan waktu yang lama akan menyebabkan keracunan.

Sumber:

• Kementrian Kesehatan Republik Indonesia : Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia.
  • Harbolic, B.K. MedicineNet (2019). Vitamin D Deficiency.
  • Harding, M., Patient Info UK (2017). Vitamin D Deficiency.

3 KOMENTAR

Komentar ditutup.