Kenapa Gigi Ngilu? Ulasan Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan

0
166
Kenapa Gigi Ngilu Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan
Kenapa Gigi Ngilu Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan. Sumber gambar: Engin Akyurt dari Pixabay Free License

Pernahkah Anda merasakan gigi terasa siu? Hal ini tentunya menjadi gangguan dalam menjalankan tugas dan aktivitas Anda. Kenapa gigi ngilu bisa terjadi? Nah, kami akan membahasnya di ulasan penyebab gigi ngilu berkepanjangan ini.

Anda perlu menyimak ulasan di bawah ini. Banyak penderita gigi ngilu mengalami frustasi karena terus-menerus menderita rasa gigi yang ngilu tanpa tahu apa yang menjadi penyebabnya. Nah, berkenaan dengan hal tersebut kami akan mencoba membagikannya.

Penyebab Kenapa Gigi Ngilu

Beberapa kondisi yang menyebabkan gigi menjadi silu dan nyeri, yaitu:

1. Gigi Sensitif

Penyebab gigi ngilu yang paling sering adalah gigi sensitif. Keadaan ini muncul sebagai akibat dari tipisnya lapisan yang melindungi gigi. Bagian ini disebut dengan enamel gigi. Bila enamel gigi menipis maka bagian dentin yang mengandung banyak saraf lebih mudah terpapar dengan rangsangan yang datang dari luar, semisal dingin, gesekan, ataupun panas. Bila saraf-saraf ini terkena rangsangan maka seringkali timbul keluhan ngilu atau nyeri.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang biasanya terjadi sebagai akibat dari tumpukan plak dan karang gigi. Tumpukan ini akan menjadi lokasi yang sangat cocok untuk proses pertumbuhan bakteri. Bila tidak segera ditangani maka gigi akan mengalami kerusakan dan berlobang.

Kondisi gigi yang rusak akan menyebabkan saraf di dalamnya lebih mudah terkena rangsangan. Sama seperti penjelasan di atas, akan muncul keluhan nyeri atau silu pada gigi berlubang yang terkena rangsangan.

Info terkait: Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

3. Gigi Retak

Gigi retak biasanya terjadi karena sering mengunyah makanan yang berkonsistensi keras atau terkena trauma fisik. Trauma fisikal ini seringkali menjadi penyebab gigi ngilu tiba-tiba. Selain itu, gigi yang retak juga diakibatkan oleh proses penuaan. Bilamana gigi retak maka bagian akar gigi akan lebih terpapar dengan lingkungan luar. Keadaan ini akan membuat gigi lebih sering dirasakan silu.

4. Tambalan Gigi Rusak ataupun Longgar

Gigi berlubang dengan lubang yang masih kecil bisa menjadi longgar atau rusak. Bilamana ini terjadi maka tambalan gigi akan terlepas dari tempatnya. Gigi berlubang pun akan terpapar kembali dengan lingkungan luar. Kuman, bakteri, sisa-sisa makanan dapat masuk ke lubang gigi yang bisa memicuk saraf menimbulkan rasa nyeri dan silu.

5. Gangguan Pada Gusi

Gusi dapat mengalami gangguan bilamana tidak mendapatkan perawatan yang baik, sikat gigi dengan keras tanpa kelembuatan, tumpukan karang dan plak, sering merokok, dan konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Selain menimbulkan rasa ngilu dan nyeri, gangguan pada gusi ini bisa menyebabkan gejala yang lain, semisal gusi berdarah, pembengkakan, hingga keluar nanah.

Nah, itu tadi informasi mengenai kenapa gigi ngilu dan rincian penyebab gigi ngilu berkepanjangan dan tiba-tiba. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Baca juga: Cara ampuh mengobati sakit gigi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here