Home Info Kesehatan Kesehatan Gigi dan Mulut Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

0
36
cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat
cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat

Informasi kesehatan gigi dan mulut kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Apakah Anda sering merasakan hal ini? Dan tidak tahu apa penanganan pertama sebelum minum obat? Yuk kita bahas di bawah ini.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dan Cepat

Berikut ini ada 5 tips penting untuk Anda untuk menyembuhkan nyeri pada gigi yang dialami dikarenakan gigi yang berlubang. Silahkan disimak.

Disclaimer: Tips-tips ini kami sandarkan kepada referensi yang ilmiah. Bilamana rasa sakit yang Anda alami masih juga dirasakan setelah menjalankan tips di bawah ini maka direkomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter.

1. Bilasan Air Garam

Banyak orang yang mengabarkan bahwa bilasan dengan air garam menjadi pengobatan lini pertama yang cukup efektif. Air garam adalah disinfektan alamiah. Ini dapat membantu mengurangi sisa-sisa makana yang tersangkut di sela-sela gigi. Selain itu, air garam ini juga akan mengurangi peradangan dan membantu menyembuhkan luka di rongga mulut.

Seperti penelitian yang berjudul “Rinsing with Saline Promotes Human Gingival Fibroblast Wound Healing In Vitro” oleh Nam Cong-Nhat Huynh dkk. Pada studi ini didapatkan hasil bahwasanya Klorida pada air garam menjadi kunci efek migrasi sel hGFs yang berperan dalam penyembuhan luka. Bisa lihat laporan penelitian pada link di bagian sumber.

Bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi dengan bilasan air garam? Ternyata cukup mudah. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam tercampur merata dengan air. Silahkan berkumur dengan air tersebut selama 3-5 menit.

2. Bilasan Hidrogen Peroksida

Membilas rongga mulut dengan campuran hidrogen peroksida. Bilasan air ini akan membantu meringankan nyeri dan inflamasi (peradangan). Selain itu, bilasan ini akan membunuh bakteri jahat, mengurangi plak gigi, dan menyembuhkan gusi berdarah yang ada di rongga mulut.

Penelitian yang berjudul “Evaluation of the effect of hydrogen peroxide as a mouthwash in comparison with chlorhexidine in chronic periodontitis patients: A clinical study” oleh Hazem Tarek Rashed memperlihatkan bahwasanya bilasan hidrogen peroksida mampu mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Bagaimana cara memanfaatkan hidrogen peroksida ini untuk menghilangkan sakit gigi? Penting untuk diingat bahwa cairan hidrogen peroksida harus diencerkan sebelum digunakan. Campurkan 3 sendok makan hidrogen peroksida 3% dengan segelas air. Berkumurlah dengan campuran air ini. Jangan pernah menelan campuran air ini.

3. Kompres Dingin

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat adalah dengan mengompres dengan air dingin. Kompres air dingin ini akan membantu menyempitkan (kontriksi) pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya perdarahan, rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan.

Langkahnya yaitu siapkan handuk yang tidak terlalu tebal dan es. Bungkus es dengan handuk tersebut. Letakkan bungkusan ini pada area yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Anda dapat mengulangnya setiap jam untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Kantung Teh Peppermint

Kantung teh pepermint bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan nyeri dan menyembuhkan gusi yang sensitif. Bilamana Anda memiliki kantung teh pepermint bekas maka jangan cepat-cepat dibuang. Ini bisa dipergunakan untuk obat alami sakit gigi.

Kantung bekas apalagi yang masih hangat dapat dipakai untuk menghilang nyeri pada gigi dan gusi. Caranya cukup simpel, yaitu dengan meletakkannya secara langsung pada area yang sakit. Anda bisa juga mendinginkan kantung teh bekas ini untuk menambah efek penyembuhan.

5. Bawang Putih

Selama bertahun-tahun, bawang putih telah dikenal memiliki banyak khasiat dalam dunia pengobatan. Tidak hanya mampu untik membunuh bakteri jahat di rongga mulut yang menjadi penyebab plak, itu juga akan mampu mengurangi sakit gigi. Hal ini telah dijelaskan pada penelitian yang berjdul “Garlic: a review of potential therapeutic effects” oleh Leyla Bayan dkk.

Untuk memanfaatkan bawang putih ini yaitu dengan menghancurkan satu siung bawang putih menjadi bentuk pasta. Pasta ini bisa langsung ditempelkan pada gigi yang berlubang yang menyebabkan sakit. Atau Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam pasta bawang putih sebelum ditempelkan.

Nah, itu tadi bahasan mengenai bagaimana cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang bisa kami bagikan. Mudah-mudahan bermanfaat sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter.

  • Sumber:
    • https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache
    • http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0159843
    • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4916793/
    • https://www.healthline.com/health/peppermint-health-potential
    • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4103721/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here