Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

0
186
Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Cepat dan Mudah
Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Cepat dan Mudah. Sumber gambar: klimkin dari Pixabay Free License

Karang gigi harus dibersihkan agar tidak menumpuk dan merusak gigi. Namun, bisakah karang gigi dibersihkan secara alami? Nah, kami akan berbagi tips bagaimana cara menghilangkan karang gigi secara alami berikut ini.

Karang gigi adalah kotoran yang menempel pada gigi. Keberadaannya dapat merusak struktur gigi. Teksturnya keras dan sangat erat menempel di permukaan gigi. Oleh sebab itu, pola makan dan kebersihan mulut harus dijaga untuk mencegah timbulnya dan mengurangi karang gigi.

Tips Cara Menghilangkan Karang gigi Secara Alami Dengan Mudah

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna membersihkan karang pada gigi Anda. Dengan pelaksanaan yang rutin maka sebagian besar orang mendapati gigi yang bersih dan terhindar dari plak dan karang gigi.

1. Sikat Gigi

Menurut saran Asosiasi Dokter Gigi Amerika (ADA), disarankan untuk menyikat gigi Anda sebanyak dua kali dalam sehari selama minimal dua menit. Selain menyikat gigi, sikat juga lidah Anda dengan penyikat yang halus. Kedua hal ini terbukti efektif menghilangkan sisa makanan, plak gigi, atau debris lainnya yang menjadi cikal bakal karang gigi, infeksi, dan bau mulut.

2. Memakai Pasta Gigi Dengan Kandungan Fluoride

Kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat memberikan perlindungan bagi lapisan email gigi. Selain itu, fluoride juga akan menstabilkan derajat keasaman plak gigi sehingga tidak sesuai dengan habitat untuk tumbuhnya bakteri. Risiko terjadinya karies gigi dapat berkurang bila rajin menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride.

3. Memanfaatkan Mouthwash

Mouthwash berperan dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Kandungan antiseptik di dalamnya dapat mengontrol pertumbuhan kuman jahat di rongga mulut. Namun, penggunaannya jangan terlampau sering. Mengapa? Oleh karena bila terlalu sering dapat juga menggangu pertumbuhan bakteri baik di rongga mulut.

4. Membersihkan Gigi Dengan Teknik Flossing Gigi

Selain menyikat gigi, kebersihan gigi bisa juga diupayakan dengan teknik flossing gigi ini. Ini adalah teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di sini: Flossing Gigi

5. Menjauhi Makanan dan Minuman Yang Manis

Terlalu sering konsumsi makanan atau minuman yang manis, apalagi sehabis makan besar dapat berpengaruh terhadap bakteri di rongga mulut. Hal ini akan menaikkan jumlah bakteri Lactobacillus dan S. Mutans pada plak gigi. Kedua bakteri ini disinyalir berperan dalam proses karies gigi.

6. Tingkatkan Konsumsi Sayur dan Buah

Ternyata ada manfaat konsumsi buah dan sayur untuk kesehatan gigi. Apa itu? Dengan memakan sayur dan buah maka itu berarti juga mengonsumsi serat. Serat akan merangsang produksi air liur dalam proses pencernaan dan penghancurannya. Dengan semakin banyak air liur maka secara otomatis akan lebih membersihkan permukaan gigi. Selain itu, buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan gusi.

7. Sering Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Hampir sama penjelasannya dengan poin nomor 6 bahwasanya dengan mengunyah permen karet maka akan merangsang produksi air liur. Air liur ini akan membantu membersihkan permukaan gigi. Selain itu, dengan sifat permen karet yang agak lengket maka ini juga akan mengurangi sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

8. Jauhi Kebiasaan Merokok

Rokok mengandung nikotin yang bisa masuk ketika dihirup. Nikotin ini akan memberikan pengaruh kepada kelenjar eksokrin. Sebagai dampaknya akan tertumpuklah kalsium fosfat (cikal bakal karang gigi) dari air liur yang keluar terlalu banyak.

9. Rutin Kontrol Pemeriksaan Gigi Ke Dokter Gigi

Perlu dipahami bahwasanya pergi ke dokter gigi bukan hanya untuk mencabut gigi. Kontrol rutin minimal 1 kali dalam enam bulan berguna untuk memantau kesehatan gigi dan mulut Anda.

Simak juga inf terkait: Kenapa Gigi Ngilu?

F. A. Q

1. Apakah karang gigi bisa hilang sendiri?

Tentu saja kemungkinannya sangat kecil untuk dapat hilang sendiri. Bila karang gigi belum atau masih sedikit terbentuk maka bisa mencoba hal-hal yang telah dijelaskan di atas untuk mengurangi dan mencegah perburukannya. Namun, bila udah terlalu tebal maka disarankan untuk mengikut prosedur scaling gigi.

2. Apakah pasta gigi bisa menghilangkan karang gigi?

Seperti dijelaskan di atas bahwasanya pasta gigi yang mengandung fluoride akan mencegah terbentuknya plak dan karang gigi. Untuk karang gigi yang telah terbentuk dan cukup tebal lebih disarankan untuk mendapatkan prosedur scaling gigi.

3. Apa yang terjadi jika karang gigi tidak dibersihkan?

Bilamana karang gigi tidak dihilangkan dan dibiarkan saja maka akan menyebabkan iritasi dan peradangan pada gusi di dekatnya. Bila telah terjadi iritasi dan radang maka akan mudah mengalami infeksi. Infeksi yang tidak ditatalaksana dengan baik akan menyebabkan gigi goyang dan mudah rusak.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here