Home Kode ICD 10 ICD 10 ISPA Kode ICD 10 Faringitis dan Nasofaringitis

Kode ICD 10 Faringitis dan Nasofaringitis

Kode ICD 10 faringitis

Hai para koder semuanya. Pada artikel ini kami akan berbagi nomor kode ICD 10 faringitis dan nasofaringitis. Penyakit ini cukup sering dituliskan sebagai diagnosis oleh para dokter baik di layanan primer atau fasilitas kesehatan rujukan. Semoga list kode ini membantu pada koder sekalian.

Penyakit faringitis ini bisa dikategorikan akut atau kronis. Untuk yang akut, penyakit ini juga termasuk ke dalam kelompok penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut). Untuk melihat kode ICD X penyakit ISPA bisa di lihat di tautan di bawah ini.

Nomer Kode ICD 10 Faringitis dan Nasofaringitis

Seperti pada artikel-artikel sharing kode ICD X sebelumnya, kami akan berbagi informasi singkat tentang penyakit ini. Silahkan disimak. Mudah-mudahan dapat membantu menyegarkan pengetahuan kesehatan para koder sekalian.

Definisi Faringitis

Pengertian faringitis adalah suatu kondisi radang pada selaput lendir pada bagian faring. Faring ini adalah bagian tenggorokan setelah rongga mulut. Faringitis ini bisa diakibatkan oleh penyakit infeksi ataupun non-infeksi.

Faringitis ialah suatu keadaan medis umum yang sering dialami oleh kebanyakan masyarakat. Walaupun dapat berlangsung kronis (lama), akan tetapi jarang berubah menjadi hal yang serius dan sangat berbahaya. Peradangan ini menimbulkan rasa kurang nyaman, susah menelan, dan kering pada area tenggorokan. Pada kebanyakan kasus peradangan dapat sembuh dengan sendirinya dalam masa kurang dari 1 minggu.

Faktor Risiko Faringitis

Berbagai macam faktor dapat mencetuskan timbulnya faringitis pada seorang individu. Beberapa diantaranya adalah cuaca dan udara yang dingin, riwayat konsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan, rendahnya daya imunitas tubuh, dan status gizi yang kurang.

Penyebab Faringitis

Kebanyakan kasus penyakit ini biasanya disebabkan oleh agen penyebab infeksi, yaitu bakteri dan virus. Dari kedua ini, kebanyakan disebabkan oleh virus. Bakteri yang mengakibatkan faringitis adalah bakteri grup streptokokus, korinebakterium, arkanobakterium, neisseria gonorrhea, ataupun chlamydia pneumonia.

Gejala dan Tanda Faringitis

Biasanya faringitis yang disebabkan oleh agen infeksi memiliki masa inkubasi kira-kira 2-5 hari. Gejala yang muncul bisa sangat bervariasi bergantung kepada agen apa yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya gejala yang muncul adalah demam, gatal, kering, dan nyeri pada tenggorokan, batuk, bersin-bersin, hidung berair, nyeri kepala, pegal-pegal dan nyeri otot, dan kelelahan.

Jika faringitis sudah berlangsung dalam beberapa hari maka dapat menyebar ke laring. Oleh karena itu, tidak jarang pasien mengalami suara berubah menjadi serak. Selain itu, bila faringitis menjalar ke saluran eustachius dan telinga bagian tengah maka akan menyebabkan nyeri telinga dan pendengaran terganggu.

Kode ICD 10 Radang Faring

Diagnosis Penyakit   dalam Bahasa InggrisKode ICD 10Diagnosa Penyakit dalam Bahasa Indonesia
Acute nasopharyngitis [common cold]J00Nasofaringitis akut atau common cold
Acute pharyngitisJ02Faringitis akut
Streptococcal pharyngitisJ02.0Faringitis streptokokal
Acute pharyngitis due to other specified   organismsJ02.8Faringitis akut karna organisme spesifik lainnya
Acute pharyngitis, unspecifiedJ02.9Faringitis akut, tidak spesifik
Chronic nasopharyngitisJ31.1Nasofaringitis kronis
Chronic pharyngitisJ31.2Faringitis kronis

Kode Diagnosis Faringitis Tertentu Lainnya

Diagnosa Penyakit   dalam Bahasa InggrisKode ICD XDiagnosis Penyakit dalam Bahasa Indonesia
Early congenital syphilitic pharyngitisA50.03Faringitis sifilis kongenital dini
Gonococcal pharyngitisA54.5Faringitis gonokokal
Chlamydial infection of pharynxA56.4Infeksi klamidia pada faring
Herpesviral gingivostomatitis and   pharyngotonsillitisB00.2Gingivostomatitis dan faringotonsilitis akibat virus herpes
Enteroviral vesicular pharyngitisB08.5Faringitis akibat entervirus vesikular

Nah, itu tadi kode ICD 10 faringitis dan nasofaringitis. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para koder sekalian.

Sumber:
who.int