Kode ICD 10 ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

Kode ICD 10 ISPA

Hai para koder semuanya! Kami akan berbagi tentang daftar kode ICD 10 ISPA. Penyakit ISPA adalah penyakit yang sering didiagnosis oleh dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama, misalnya puskesmas, klinik, atau praktek mandiri. Namun, seringkali para koder kebingungan dalam melakukan entri kode Pcare BPJS Kesehatan. Mengapa? Oleh karena penyakit ini dituliskan dengan berbagai nama diagnosis.

Nomer Kode ICD 10 ISPA

Seperti layaknya biasa, sebelum kami berbagi tentang list rincian kode penyakit ini, kami akan berbagi info singkat tentangnya. Selain menambah pengetahuan koder, kami harap dapat bermanfaat dalam sortir dan analisis kode Pcare BPJS. Yuk disimak.

Definisi ISPA

ISPA adalah singatan dari infeksi saluran pernapasan akut. Ini adalah penyakit infeksi yang bersifat akut yang mengenai bagian organ saluran pernafasan bagian atas. Saluran pernafasan bagian atas terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, dan juga sinus.

Faktor Risiko ISPA

Siapa saja dan keadaan apa saja yang membuat seseorang rentan terkena penyakit ini? Adapun faktor risiko yang meningkatkan kerentanan yaitu:

• Anak yang berumur kurang dari 1 tahun.
  • Anak dengan kelahiran prematur dan/ atau mempunyai kelainan bawaan pada jantung dan paru-paru.
  • Anak atau orang dewasa yang memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah, paska transplantasi organ, penyakit leukimia, dan ODHA (orang dengan HIV/AIDS).
  • Bayi dan anak yang sering dalam lingkungan yang ramai dan pengap, apalagi bila orang sekitar menderita penyakit pernafasan.
  • Kelompok usia remaja (usia pertengahan).
  • Orang dewasa dengan penyakit paru-paru yang sudah mengalami obstruksi kronis, penyakit asma, dan/ atau penyakit kegagalan jantung.

Penyebab ISPA

Penyakit ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh beberapa agen penyebab infeksi, yaitu:
Jenis Adenovirus yang menimbulkan penyakit pilek, radang bronkus, hingga pneumonia.
Jenis Rhinovirus yang mengakibatkan penyakit pilek.
Pneumokokus yang mencetuskan penyakit pneumonia.

Tanda dan Gejala ISPA

Gejala dan tanda penyakit ini sangat bervariasi. Namun, dari sekian banyak variasi gejala ada beberapa gejala yang sering muncul, antara lain:

• Demam berderajat ringan.
  • Pilek dan hidung tersumbat.
  • Batuk yang kering dan tidak berdahak.
  • Sakit pada tenggorokan.
  • Sakit kepala.
  • Kadang-kadang susah bernafas yang dalam kasus jarang dapat menimbulkan sianosis (kebiruan pada kulit akibat kekurangan oksigen).